Saturday, 6 October 2018

4 hal yang harus anda waspadai ketika ingin membeli hp xiaomi

Blogiseng.web.id - Hp xiaomi saat ini menjadi salah satu hape yang cukup banyak diminati, terutama di Indonesia, penyebabnya adalah hp yang satu ini cukup inovatif baik dari sisi desain hardware maupun software, karena walaupun menggunakan system operasi android, system android hp xiaomi sedikit berbeda dengan system android di merk hp kebanyakan, karena sistem operasi android di hp xiaomi sudah banyak mengalami modifikasi.
Salah satu yang cukup memiliki daya tarik dari hp xiaomi adalah hp xiaomi dijual cukup murah, padahal spesifikasinya lumayan tinggi, bahkan karena desainnya mirip iphone dan se inofatif iphone,  banyak yang memberi julukan hp xiaomi sebagai iphone dari negeri tirai bamboo, selain itu hp xiaomi sempat menjadi hp paling laris di negerinya bahkan sampai mengalahkan tingkat penjualan Samsung.
tips sebelum membeli hp xiaomi
Alasan tersebut bisa jadi yang menjadi anda memutuskan ingin membeli hp xiaomi, tapi anda harus tahu dan waspada ketika ingin membeli hp xiaomi, walaupun sepesifikasinya bagus, jangan sampai anda salah memilih hp xiaomi palsu atau abal-abal, karena jika tidak maka anda kemungkinan akan dirugikan.
Untuk membeli hp xiaomi menurut sepengatahuan saya, ada beberapa point penting yang harus anda perhatikan, yaitu jenis rom dan garansi, karena biasanya jenis rom dan garansi tidak dijelaskan secara terperinci di spesifikasi hp yang bersangkutan, jika anda salah memilih rom atau garansi maka kemungkinan besar anda akan merasa dirugikan.

Ini yang harus anda waspadai ketika ingin membeli hp xiaomi

Untuk anda yang tertarik dengan hp xiaomi dan ingin memilikinya, apapun versi xiaomi yang ingin anda miliki, maka artikel ini bisa anda jadikan salah satu referensi untuk menambah wawasan anda tentang produk xiaomi sebelum anda membelinya agar anda tidak salah memilih.Berikut beberapa point penting yang harus anda waspadai ketika ingin membeli hp xiaomi

1. Jenis Rom / Frimware

Jika anda ingin membeli hp xiaomi maka salah satu yang harus anda perhatikan adalah jenis rom (firmware) yang dimilikinya. Hp xiaomi memang tidak seperti hp android kebanyakan, hp xiaomi yang berbedar di pasaran Indonesia memiliki beberapa jenis rom, sebagai berikut:
 
a. Rom Stable
Rom stable merupakan rom resmi dari xiaomi, rom jenis ini dikenal juga sebagai rom official, terdiri dari 2 kategori, stable cina atau disebut juga official cina dan stable global atau disebut juga global official.
Rom jenis ini sangat recommended untuk orang Indonesia  karena di dalamnya sudah tersedia setelan bahasa Indonesia dan sudah memiliki aplikasi standar android seperti google play store, google play game da aplikasi standar android lainnya.

b. Rom Developer,
Rom developer juga merupakan rom resmi dari xiaomi, cuma beda peruntukan, rom ini dikenal juga sebagai rom beta, sama dengan stable rom, rom jenis ini juga terdiri dari 2 kategori, yakni developer cina dan developer global, salah satu perbedaannya ada di pilihan bahasa.
Jika developer cina hanya terdapat bahasa cina dan inggris, sedangkan untuk developer global ada pilihan bahasa dunia termasuk Indonesia. Rom jenis ini updatenya paling sering karena memang diperuntukan untuk tester atau rom yang sudah bersedia untuk ujicoba fitur-fitur terbaru xiaomi yang belum di release.

c. Rom distributor
Rom jenis ini disebut juga rom palsu atau rom abal-abal, bahkan ada juga yang menyebutnya sebagai rom kutukan, karena smartphone xiaomi dengan rom jenis ini terkadang cukup menjengkelkan dikarenakan kekurangan xiaomi rom distributor cukup banyak jika dibandingkan dengan kelebihannya, seperti banyak bermunculan iklan, loading yang lambat, tidak bisa update dan kekurangan lainnya.
Sebenarnya rom ini asalnya adalah rom resmi, biasanya awalnya rom official cina, namun karena sudah dimodifikasi oleh distributor menyebabkan rom ini tidak lagi original, sehingga terkadang jika anda tidak beruntung, hp xiaomi dengan rom ini terkadang sengaja ditanam iklan, sehingga hp xiaomi anda akan banyak bermunculan iklan secara tiba-tiba, bahkan terkadang banyak terinstal aplikasi bawaan yang keberadaanya tidak terlalu penting (bloatware).

Rom xiaomi jenis apa yang sebaiknya dipilih ?

Tentu saja jika anda memutuskan ingin membeli hp xiaomi, maka usahakan anda memilih xiaomi dengan rom stable (resmi), prioritaskan untuk memilih rom stable global (global official), rom jenis ini selain sudah dilengkapi standar fitur-fitur android skala global, jadi anda tinggal pake saja.Jadi sebelum membeli, silahkan tanyakan kepada penjual mengenai jenis rom yang dimiliki oleh perangkat xiaomi yang ingin anda miliki, jika hp xiaomi yang anda beli sudah dipastikan memiliki rom stable global atau global official, maka hp xiaomi tersebut layak untuk anda miliki.
Untuk memudahkan anda memastikan jenis rom, maka anda bisa cek rom xiaomi (asli) atau palasu, jika romnya resmi atau asli, maka itu bisa menjadi salah satu syarat bahwa perangkat tersebut layak untuk dibeli.

2. Jenis garansi

Yang kedua yang harus anda perhatikan terlepas dari spesifikasi yang dimilikinya agalah Janis garansi,  hp yang beredar di pasaran biasanya memiliki 2 jenis garansi yakni garansi resmi dan garansi distributor biasanya, garansi resmi biasanya dikeluarkan oleh distributor yang memang sudah ditunjuk langsung oleh perusahaan xiaomi untuk memasarkan produknya, sedangkan garansi distributor adalah hp xiaomi yang dijual oleh distributor yang mengimpor xiaomi dari luar secara mandiri.Jika anda tertarik ingin membeli hp xiaomi maka produk xiaomi yang harus anda pilih adalah produk xiaomi yang memiliki garansi resmi, saat ini garansi resmi xiaomi dipengang oleh TAM. Jadi sebelum membelinya silahkan tanyakan jenis garansinya, jika garansinya tam anda bisa memilikinya.
Garansi distributor juga bisa anda miliki jika memang reputasinya sudah sangat bagus, garansi biasanya akan menentukan kualitas produk dan layanan purna jual.

3. Layanan 4G

Selanjutnya yang juga harus anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli hp xiaomi adalah mengenai layanan 4G, pastikan bahwa layanan 4G di hp xiaomi yang akan anda beli berfungsi dengan baik.
Karena tidak jarang walaupun versi xiaomi yang anda beli sudah mendukung layanan 4G LTE, namun ternyata dengan beberapa alasan banyak juga yang jaringan 4G nya dikunci dengan sengaja, sehingga hp tersebut tidak bisa digunakan untuk mengakses layanan 4G.
Biasanya alasanya agar hp tersebut bisa dipasarkan di Indonesia mengingat saat ini adalah undang-undang TKDN yang mengatur bahwa setiap produk hp yang diimport dari luar, setidaknya harus  sudah memiliki tingkat kandungan dalam negeri, jika tidak maka hp tersebut tidak berhak atas layanan 4G, agar tetap bisa dipasarkan di indonesia akhirnya jaringan 4G dalam keadaan dikunci.
Walaupun membuka 4G yang terkunci di hp xiaomi sebenarnya sangat mudah, sebaiknya  pilih hp xiaomi dengan layanan 4G nya yang aktif. Jadi sebelum membelinya jangan lupa tanyakan tentang layanan 4G, apakah berfungsi dengan baik atau tidak, jaringan 4G biasanya berjalan dengan baik di hp cina, stable cina maupun developer cina, sedangkan untuk rom stable global dan rom distributor ada yang berjalan da nada juga yang terkunci.

4. Jenis chipset

Beberapa hp xiaomi keluaran terbaru kabarnya  menggunakan 2 jenis chipset, yaitu chipset mediatek dan chipset qualcomm snap dragon, menurut saya kedua chipset (Procesor) tersebut pantas untuk dipilih, namun sampai saat ini banyak yang merekomendasikan untuk memilih hp xiaomi dengan chipset qualcomm, kabarnya sih hp xiaomi dengan chipset ini tidak mudah membuat perangkat mudah panas.
Perbandingan antara chipset heluo mediatek dengan chipset qualcomm memang memiliki sedikit perbedaan, untuk lebih jelasnya silahkan baca perbedaan xiaomi dengan chipset qualcomm vs mediatek, semoga dengan membacanya bisa menambah wawasan anda tentang xiaomi.


Backlink:


EmoticonEmoticon