Saturday, 6 October 2018

3 Cara ampuh mengatasi loading "Tunggu Sebenatar" di hp xiaomi setiap kembali ke home screen

Blogiseng.web.id - 3 Cara ampuh mengatasi loading "Tunggu Sebenatar" di hp xiaomi setiap kembali ke home screen - Satu permasalahan kecil yang sering muncul di beberapa hp xiaomi ketika digunakan adalah terjadinya loading tampilan sistem xiaomi (peluncur) dengan sering munculnya tulisan "tunggu sebentar", di beberapa versi xiaomi dengan bahasa inggris muncul tulisan "just a sec..." atau wait a second  selama beberapa detik.Masalah ini sering muncul setiap kali pengguna ingin kembali ke halaman utama atau halaman home screen hp xiaomi miliknya, memang masalah ini jika dilihat sebenarnya bukan masalah serius, karena hanya sebuah tulisan saja yang memberikan informasi kepada pengguna bahwa sistem xiaomi sedang melakukan loading untuk membuka tampilan halaman utama.
mengatasi loading tunggu sebentar di hp xiaomi
Namun untuk beberapa pengguna hp xiaomi masalah ini terkadang tidak jarang malah membuat jengkel, termasuk saya pribadi walaupun loading dengan tulisan tunggu sebentar tidak terlalu lama, namun tetap dirasa hp xiaomi menjadi kurang sempurna yang menandakan ada sesuatu yang membuat terjadinya loading, karena kita tau jika kinerja hp berjalan  dengan baik tulisan tersebut seharusnya tidak muncul.
Oleh karena itu di artikel kali ini saya akan coba uraikan tips bagaimana cara mengatasi loading tunggu sebentar atau wait a second yang sering muncul di hp xiaomi ketika kembali ke halaman home screen.


Cara Mengatasi loading "Tunggu Sebenatar" yang sering muncul di hp xiaomi

Permasalahan ini sebenarnya pernah saya uraikan di artikel sebelumnya tentang mengatasi lag just a sec..., untuk mengatasi permasalahan tersebut sebenarnya sangat mudah, tapi sayangnya masih banyak pengguna yang belum mengetahuinya, oleh karena itu di artikel kali ini saya akan coba uraikan beberapa cara bagaimana mengatasi xiaomi lag just a sec setiap kali kembali ke layah home xiaomi.
Jika anda pengguna xiaomi dan anda mengalami permasalahan di atas untuk mengatasi masalah ini anda bisa coba beberapa solusi di bawah ini:

Cara ke #1 : Atur Opsi pengembang

1. Aktifkan opsi pengembang pada hp xiaomi anda, caranya:
  • Masuk ke halaman setelan atau pengaturan atau settings,
  • Scroll ke bawah pilih menu tentang ponsel /  about phone
  • Pada halaman tentang ponsel, cari dan tap sebanyak 7 kali pada menu versi miui / miui version sampai muncul notifikasi anda sudah menjadi pengembang.
  • Kembali ke halaman pengaturan, pilih menu  additional settings / setelan tambahan
  • Scroll ke bawah kemudian cari menu developer option / opsi pengembang, jika anda menemukannya berarti anda sudah mengaktifkan opsi pengembang pada perangkat xiaomi anda. lanjut...

2, Silahkan masuk ke halaman opsi pengembang3. Di halaman opsi pengembang / developer option, silahkan scroll ke bawah cari menu Jangan simpan kegiatan / Don't keep activities, pastikan menu ini dalam keaddan mati.
4. Masih di halaman opsi pengembang/developer option, sekarang cari menu pengoptimalan memori / memory optimization, pastikan pilih Off atau High, kalo saya sih memilih High.
Setingan ini dulu saya gunakan untuk mengatasi lag pada kamera xiaomi. ternyata sekaligus bisa mengatasi  masalah lag just a sec... atau tunggu sebentar pada layar home.

Cara ke 2 : Hapus data & Cache peluncur sistem

Jika cara pertama gagal, anda bisa mencoba cara kedua yaitu dengan menghapus cache & data dari aplikasi peluncur sistem xiaomi, untuk membersihkan data  dan menghentikan oprasional pada aplikasi peluncur.Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke setelan / pengaturan/ setting.;
  • Kemudian gulirkan / geser tampilan kebawah, lalu cari dan klik menu aplikasi terinstal (instaled apps)
  • Pada halaman aplikasi terinstal, silahkan gulirkan /geser ke bawah kemudian cari dan klik pada peluncur system (sistem launcher);
  • Kemudian pada halaman berikutnya klik tombol " hapus data " atau clear data;
  • Kemudian klik tombol " PAKSA BERHENTI"
  • jika sudah, restart / nyalakan ulang handphone anda.

Cara ke #3: Ganti Aplikasi peluncur sistem ke default (bawaan)

Cara ke tiga bisa anda lakukan jika anda mengalami masalah lag atau loading tunggu sebentar ketika mengganti peluncur sistem, bisa jadi masalah ini muncul karena peluncur sistem atau sistem louncher yang anda gunakan tidak cocok dengan spesifikasi hp xiaomi anda.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke menu setelan / settings
  • Di halaman setelan cari dan klik menu Home Screen
  • Klik pada opsi Default Louncher
  • Lalu Pilih system luncher
Sistem peluncur di hp xiaomi anda akan kembali ke sistem peluncur bawaan xiaomi.
Itulah tentang cara mengatasi lag atau loading Tunggu sebentar yang sering muncul di hp xiaomi anda, semoga salah satu cara di atas bisa mengatasi permasalahan tersebut.

Backlink:


EmoticonEmoticon