Saturday, 6 October 2018

Apa itu MiFi ? : Jenis, kelebihan dan kekurangan, harga serta cara penggunaannya

Blogiseng.web.id - Apa itu MiFi Jenis kelebihan dan kekurangan, harga serta cara penggunaannya - Barangkali bisa jadi anda saat ini sering mendengar kata Mifi namun anda tidak tau apa itu mifi, atau mungkin saja anda ingin membeli perangkat mifi yang direkomendasikan oleh teman anda bahwa agar bisa internetan maka pakailah mifi, namun anda masih belum tau apa sebenarnya mifi itu.
Belakangan ini memang teknologi MiFi ini sedang cukup populer, namun jika anda masih bingung tentang apa itu mifi, saya akan coba sedikit uraikan, Mifi sebenarnya singkatan dari mobile Wi-Fi, yaitu sebuah perangkat portable (bisa dibawa kemana-mana ) dengan menggunakan teknologi wireless (jaringan tanpa kabel) yang umumnya digunakan untuk mendapatkan koneksi internet.
apa itu mifi jenis kelebihan kekurangan dan cara menggunakannya
Koneksi internet dari mifi diperoleh dari paket internet jarinngan kartu seluler baik itu kartu telkomsel, smartfren dan provider kartu lainnya yang menyediakan layanan data selular untuk internet.
Jika anda masih bingung tentang Mifi anggap saja Mifi itu sebagai hotspot wireless dimana anda bisa mendapatkan koneksi internet layaknya perangkat wireless tanpa harus memasang jaringan internet rumahan, cukup menggunakan Mifi anda dan keluarga anda sudah bisa menikmati jaringan internet di rumah secara bersama-sama.

Mengenal Jenis-Jenis Merk Mifi

Saat ini di indonesia sendiri ada banyak perangkat Mifi yang yang dijual dipasaran dengan menawarkan berbagai layanan dan juga kelebihan masing-masing. beberapa merk Mifi yang banyak dijual dan digunakan di indonesia sendiri diantaranya adalah:
  • Mifi Andromax dari smartfren yang bekerja sama deng ZTE, tentunya kartu yang digunakan adalah kartu smartfren
  • Mifi Bolt
  • Mifi XL
  • Mifi telkomesl dan lain sebagainya.

Apapun merk mifi fungsinya tidak jauh berbeda, yang membedakan adalah kecepatan, karena menggunakan kartu seluler untuk mendapatkan koneksi internet, kecepatan data dari setiap mifi jelas akan berbeda tergantung sekali dengan jaringan internet di lokasi mifi digunakan dan juga jenis paket data yang dipilih.Jadi jika anda ingin membeli Mifi, perhatikan Kartu yang bisa digunakan, hendaknya memilih Mifi dengan kartu seluler dimana di lokasi anda jaringannya sangat baik.

Apa kelebihan dan kekurangan mifi, kenapa harus menggunakan Mifi?

Sebagai sebuah perangkat digital tentu saja tidak lepas dari kelebihdan dan kekurangan, begitu juga untuk perangkat Mifi.

Kelebihan Mifi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dengan menggunakan Mifi anda bisa share koneksi internet layaknya Wifi, jadi anda dan juga teman atau keluarga anda bisa menggunakan jaringan Mifi secara bersama-sama, seperti layaknya Tethering hotspot di smartphone andaroid.Kelebihan lainnya adalah, Mifi merupakan perangkat portable tanpa kabel, artinya anda bisa membawanya kemana-mana, memindahkannya sesuai dengan yang anda inginkan dan tidak perlu kabel serta tidak ribet.
Mifi merupakan perangkat khusus untuk koneksi internet tanpa kabel, dengan menggunakan Mifi jaringan internet anda tidak akan memakan reseouce dan sumber daya yang banyak, walaupun saat ini semua perangkat hp dilengkapi dengan gfitur tethering hotspot sama layaknya bisa kita gunakan layaknya Mifi namun tetering hotspot di hp akan cepat menguras baterai dan membuat hp cepat panas, lain halnya dengan Mifi karena perangka khusus ketika hp menggunakan jaringan dari MiFi perangkat hp pun tidak akan cepat panas dan tidak akan cepat menguras baterai.

Kekurangan MiFi

Selain kelebihan Mifi juga memiliki kekurangan yaitu jaringan internet dari Mifi sangat dipengaruhi oleh kartu provider yang digunakan, artinya sangat tergantung sekali dengan jaringan seluler di lokasi digunakan, jika jaringan kuat maka signal dan kecepatannya pun akan baik, namun sebaliknya koneksi pun akan lemot.
 

Berapa Harga MiFi ?

MiFi mempunyai harga yang beragam tergantung fitur dan spesifikasinya . Beberapa merek MiFi yang dikenal oleh sebagian masyarakat di Indonesia seperti Andromax dari Smartfren , Advan , Huawei dan ZTE menjual produk MiFi unggulannya mulai dari yang termurah Rp . 200 ribuan hingga yang paling mahal Rp . 1 Jutaan. 
 

Cara Menggunakan Mifi

Sebenarnya antara merk Mifi yang satu dengan yang lainnya tidaklah jauh berbeda cara penggunaannya, untuk dapat menggunakan Mifi agar berfungsi sebagai Wifi hotspot anda harus mengisi data internet di kartu selular yang anda gunakan dan perangat Mifi harus dalam keadaan aktif atau hidup.
Jika perangkat mifi sudah aktif, perangkat secara otomatis sudah bisa digunakan untuk koneksi internet, anda bisa mengghubungkan perangkat anda Hp atau komputer yang sudah ada fitur wireless dengan perangkat Mifi, sama layaknya ketika anda menggunakan jaringan wireless dengan Hp atau komputer.
Untuk pengaturan setingan Mifi lebih lanjut anda bisa menggunakan komputer atau HP. Komputer atau HP harus sudah dapat terhubung ke jaringan Mifi dan sudah bisa mengakses internet.
Untuk mengatur perangkat Mifi seperti memberi password agar tidak bisa diakses oleh orang yang tidak dikehendaki, melihat informasi pemakaian data dll dan juga pengaturan lainnya. , anda bisa menggunakan browser dengan mengakses alamat-alamat khusus sesuai dengan arahan dari dokumentasi perangkat mifi itus sendiri.
Cara umum yang bisa digunakan untuk melakukan pengaturan mifi adalah
  • Buka browser, google chrome, mozila atau browser lainnya di perangkat hp atau komputer anda.
  • Lalu ketikan alamat 192.168.1.1

Biasanya akan keluar halaman pengaturan Mifi dan informasi lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengatur lebih jauh layanan wifi.Itulah artikel tentang Apa itu MiFi Jenis kelebihan dan kekurangan serta cara penggunaannya, semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda, dan anda sekarang sudah lebih mengenal tentang mifi.

Backlink:


EmoticonEmoticon