Saturday, 6 October 2018

2 cara praktis screen shoot layar hp xiaomi untuk semua versi

Blogiseng.web.id - Oh ya di xiaomi memang tersedia beberapa fitur unik xiaomi yang sangat bermanfaat yang bisa anda gunakan secara gratis dan mudah, salah satunya adalah screen shoot.
Untuk beberapa merk ponsel pada umumnya selalu difsilitasi fitur untuk pengambilan gambar layar hp atau istilah lainnya screen shoot / screen capture,  dengan adanya fitur ini maka si pengguna bisa mengambil gambar layar perangkat yang akan tersimpan di penyimpanan hp.
Gambar dari screen shoot layar hp biasanya diperlukan ketika pengguna ingin share layar yang sedang dibuka di media sosial, atau bisa juga digunakan untuk membuat artikel tutorial dan keperluan lainnya.
Tapi di beberapa merk hp walaupun sudah terdapat fitur screen capture, fitur ini ada juga yag disajikan sedikit tersembunyi sehingga banyak pengguna hp android yang masih bingung cara mengambil screen shoot layar hp android miliknya ketika diperlukan.
Cara screen shoot layar hp xiaomi
Sama seperti merk hp lainnya, salah satu merk hp yang sudah difasilitasi dengan fasilitas screen capture adalah merk hp xiaomi, fasilitas screen capture ini sudah tersedia hampir di semua seri hp xiaomi, namun sayangnya memang fitur ini sedikit tersembunyi, sehingga masih banyak pengguna yang kebingungan cara menggunakannya.
Untuk hp xiaomi ada 2 cara yang bisa anda gunakan untuk pengambilan screen shoot, melalui artikel ini saya akan coba sajikan sebuah artikel sederhana tentang cara menggunakan fasilitas screen capture di hp xiaomi tersebut untuk mengambil screen shoot layar hp xiaomi yang anda miliki ketika diperlukan.

2 cara praktis screen shoot hp xiaomi untuk semua versi

Berikut ini adalah cara mengambil screen shoot layar hp xiaomi

Cara #1 - Screen shoot xiaomi Menggunakan toggle button

Cara pertama yang dapat anda gunakan untuk mengambil screen shoot layar hp xiaomi anda adalahd engan menggunakan toggle button yang letaknya di area notifikasi bar.Untuk mengambil screen shoot dengan toggle button, maka tombol toggle button di hp xiaomi anda harus ada di urutan 5 besar, agar tombol tersebut muncul ketika notifikasi bar anda tarik kebawah.
Untuk menggunakan toggle button screen shoot di layar hp xiaomi langkah-langahnya adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan Tombol screen shoot
Caranya : Buka setelan / settings > Notifications & Statusbar > Toggle Positions, pada halaman toggle postions cari screen shoots lalu tahan dan geser ke atas agar posisinya ada di 5 besar atau 10 besar.
2. Ambil screen shoot
Tampilkan layar di hp android anda yang ingin anda ambil gambarnya, lalu tarik statusbar kemudian pilih dan klik toggle button screen shoot. terlihat seperti gambar di bawah ini:
screen shoot xiaomi dengan toggle button
Tampilan layarpun akan terambil dan akan tersimpan secara otomatis anda bisa melihatnya di halaman galery di hp anda.
Sayangnya kelemahan cara ini anda tidak akan bisa mengambil tampilan area statusbar ketika diperlukan, karena ketika tombol toggle button di klik, maka statusbar akan menutup kembali dan hanya layar dibelakangnya saja yang terambil screen shootnya.

Cara ke 2 -  Menggunakan kombinasi tombol hp xiaomi

Cara kedua yang cukup praktis untuk mengambil screen shoot xiaomi adalah dengan menggunakan kombinasi tombol xiaomi, cara ini menurut saya paling bagus karena selain gambar layar anda juga bisa mengambil gambar area status bar, seperti gambar di atas.Cara ini adalah cara standar di hp xiaomi untuk mengambil gambar screen shoot untuk semua seri xiaomi.
Langkah-langkah mengambil gambar screen shoot menggunakan kombinasi tombol hp xiaomi adalah sebagai berikut:
1. Tampilkan layar yang ingin diambil gambarnya.
2. Lalu tekan tombol Volume down (-) & tombol Power secara bersamaan, tampilan layar hp xiaomi pun secara otomatis akan terambil dan akan tersimpan di penyimpanan hp xiaomi anda, anda bisa melihatnya di galery.
Di hp xiaomi Layar yang terambil sesaat cuplikan hasil screen shoot akan muncul di pojok kanan atas, anda bisa klik cuplikan thumbnail screen shoot tersebut untuk dimodifikasi.
Bahkan di hp xiaomi terutama yang menggunakan miui 7 dan 8, anda juga bisa mengambil screen shoot layar yang discroll seluruhnya penuh secara vertical.
Screen shoot adalah salah satu dari  beberapa fitur tersembunyi di hp xiaomi yang bisa anda manfaatkan untuk keperluan-keperluan tertentu.
Itulah tentang 2 cara praktis screen shoot hp xiaomi untuk semua versi, bagaimana mudah bukan, silahkan dicoba, semoga berhasil yah!


Backlink:


EmoticonEmoticon