Pengertian Malware Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Pengertian Malware Dan Cara Mengatasinya - Apa itu malware? Malware adalah singkatan dari Malicious Software, yaitu terinstalasinya sebuah software tanpa sepengetahuan anda yang bertujuan merusak atau mengintai setiap aktivitas yang dilakukan pada komputer tersebut.


Dengan adanya malware, kita akan merasakan kerusakan pada sistem komputer yang biasanya akan membuat komputer kita menjadi lambat dalam pengoperasian, banyaknya iklan dan akan terasa berat. Untuk itu kita harus bisa mencegahnya dan mengetahui dampak bahaya seperti apa yang diakibatkan dengan adanya malware.

Ada beberapa Contoh Dan Jenis Malware Pada Komputer, Berikut Adalah Jenis-Jenis Malware:



1. Trojan adalah program ‘yang tampaknya’ berguna dan tidak berbahaya tetapi di desain untuk mengeksploitasi sistem dan merusak bagian program yang dijangkitinya. Trojan tidak dapat me-replika dirinya sendiri.


2. Worms adalah program yang dapat ber-reproduksi ulang dan dapat menyebar ke seluruh sistem jaringan secara otomatis.


3. Virus adalah program yang bisa mereplika dirinya sendiri, menulari program-program lain dan menjadikan file-file program yang tertular sebagai infector dan merusak software, hardware, bahkan data yang sedang berproses.

4. Malicious Active Content adalah sebuah tipe malware yang menunggangi script dinamik (Javascript, Java, Active X, atau Visual Basic) dan membawa kode-kode pengganggu program yang menginfeksi komputer melalui jalur download. Digunakan untuk menyebarluaskan virus, worms, junk-email, merekam informasi dari komputer, atau mengalihkan anda dari situs asli ke situs phising.

5. Rogue Programs adalah program yang tidak memiliki legal notice atau keabsahan lain yang biasa tertanam dalam suatu instalasi software/hardware, sebuah program yang tidak jelas dan biasanya terdekteksi oleh anti-spyware protection.

6. Dialers adalah adalah program instalasi modem dial-up internet connection. Sebagian internet provider (blacklists) menggunakan program ini untuk mendongkrak sistem tagihan koneksi internet anda. Beruntunglah bagi anda yang menggunakan jalur internet broadband (seperti DSL atau LAN) karena biasanya komputer yang menggunakan koneksi internet seperti ini tidak membenamkan modem ke dalam sistem operasi komputer.

7. Trackware adalah varian malware terbaru, seperti sebutannya, program ini dapat merekam data-data dan informasi rahasia yang anda lakukan dengan content provider asli (situs) dan mengalihkannya ke situs phising. Varian ini bisa menggabungkan adware, spyware, key loggers, dan sekaligus merekam cookies.


Bagaimana Malware Bisa Masuk Kedalam Sistem Komputer?
Malware dapat mendatangi komputer anda dari jalur email dan internet. Tercatat 31% malware berasal dari situs-situs porno, atau mengunjungi URL/Link yang didapat dari hasil pencarian (search), P2P (peer to peer) seperti instant messaging (chat) dimana anda dapat bertukar file dengan lawan bicara anda.

Efek Dan Akibat Apa Saja Yang Terjadi Jika Malware Memasuki Sistem Komputer Kita?
Gejala terserang malware tampak ketika komputer anda semakin lambat memproses suatu program/software yang biasa anda gunakan, jendela pop-up yang tiba-tiba saja terlihat pada desktop anda, proses booting menjadi lambat, browser anda mengarah (redirect) ke situs yang sama sekali tidak berhubungan dengan situs sebelumnya.

Cara Mengatasi Malware Yang Berada Pada Komputer Kita
Malware biasanya datang dari sebuah file attachment. Jadi sebaiknya jangan pernah membuka file yang dikirimkan dari alamat email yang tak dikenal. Jangan pernah menerima file (terutama yang berekstensi .jpg, .avi, atau .exe) dari pengirim yang tak dikenal. Jika anda mencurigai komputer anda sudah terkena malware, berikut tips singkat yang bisa anda lakukan :

  1. Berhentilah berbelanja online, atau melakukan online banking yang mengharuskan anda mengisi sebuah form pendaftaran.
  2. Pakailah software anti-virus yang update.
  3. Berhentilah melakukan download, apalagi sebuah proses download yang menyertakan pop-up windows berisi sebuah pernyataan bahwa komputer anda telah di scan dan bebas malware.
  4. Scan komputer anda secara rutin dengan anti-virus yang update.
  5. Dan lakukan beberapa tips dibawah setelah komputer anda full-scan :
  6. Aktifkan terus anti-virus anda.
  7. Aktifkan Firewalls ketika anda melakukan koneksi internet.
  8. Sebelum membuka folder atau sebelum membuka sebuah file (terutama dari USB flash disk), biasakanlah untuk melakukan scan anti-virus/anti-spyware.
  9. Jangan mendownload/membuka file attachment dari email yang tak dikenal.
Nah itu dia artikel mengenai pengertian malware dan cara mengatasi malware pada komputer kita. Pemakaian komputer yang terlalu rutin akan memiliki banyak aktivitas tanpa kita sadari, sehingga menyebabkan banyak sekali virus atau serangan dari luar komputer yang datang. Sering-seringlah melkukan scan pada Laptop agar bisa terhindari dari masalah yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini bermanfaat.




Yang Mungkin Kamu Cari:

Post a Comment for "Pengertian Malware Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah"