Sunday, 18 November 2018

Tips mempercepat Koneksi Internet di HP Android

Blogiseng.web.id - Tips mempercepat Koneksi Internet Android - Kecepatan koneksi internet pada perangkat selular atau HP sangat tergantung sekali pada performa jaringan internet yang disuplai oleh ISP (INternet service provider) dan juga jenis jaringan internet yang dipilih, sedangkan perfoma dan jenis jaringan internet sangat tergantung sekali dengan kartu celular yang digunakan.
Biasanya jaringan internet di pelosok-pelosok tidak lah sama dan sangat tergantung dengan kartu yang digunakan, jika jaringan bagus serta jenis jaringan yang digunakan merupakan jenis jaringan yang memiliki kecepatan baik seperti 4G, maka secara normal seharusnya koneksi internet di hp anda cepat.
Cara mempercepat koneksi internet android
Jika jaringan di lokasi anda bagus kemudian jenis jaringan adalah 4G sementara anda masih merasa akses internet di hp android anda sangat lemot atau lambat, kemungkinan besar ada sesuatu yang salah, bisa karena jaringannya memang bermasalah atau bisa karena ada sesuatu yang salah dengan hp android anda biasanya ada faktor-faktor penghambat yang menyebabkan internet lambat,  karena jika jenis jaringan 4G dan koneksi jaringan bagus seharusnya koneksi internet juga akan bagus dan cepat.
Di artikel kali ini saya akan coba berikan tips mengenai cara untuk mempercepat koneksi internet silahkan dicoba dan buktikan sendiri, semoga dengan cara ini koneksi internet di perangkat android anda bisa lebih baik.

Tips mempercepat Koneksi Internet di HP Android

Ada banyak sekali permasalahan yang bisa membuat koneksi internet di hp android anda menjadi sangat lemot walaupun sinyal bagus dan perangkat serta kartu hp yang anda gunakan sudah support 4G, penyebabnya bisa jadi karena ada sesuatu pada perangkat andaroid yang anda gunakan, biasanya ada faktor-faktor tertentu yang dapat memperlambat internet anda.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda coba untuk mempercepat koneksi internt di hp android anda:
 
 
 

1. Gunakan Opera max Browser.

Salah satu penyebabnya bisa jadi anda mengakses internet menggunakan browser yang memiliki kualitas buruk, seperti browser bawaan android, untuk lebih mempercepat koneksi internet maka salah satu caranya adalah menggunakan browser yang dirancang dapat memaksimalkan  koneksi internet pada hp android anda.

Mempercepat internet dengan operamax browser


Salah satu browser yang sangat direkomendasikan untuk digunakan ketika mengakses internet adalah Opera max browser., silahkan download dan instal pada perangkat android anda.

Browser opera max ini kabarnya dapat mempercepat streaming, juga download walaupun menggunakan jaringan 3G, bahkan opera sendiri sebagai pengembang pernah mengeluarkan pernyataan bahwa aplikasi opera max telah ditingkatkan hingga 23%, sehingga jelas aplikasi ini benar-benar akan sangat cepat jika dibandingkan dengan aplikasi browser lainnya.
 

2.  Pastikan Hp Android anda menggunakan Jaringan 4G /WCDMA

Saat ini perkembangan jaringan internet semakin baik saja, dari mulai GPRS, Edge, 3G, WCDMA atau HSPA dan yang terakhir adalah 4G, untuk saat ini jaringan yang paling lambat adalah GPRS, sedangkan jaringan yang paling cepat adalah 4G.

Untuk mempercepat koneksi internet maka sebaiknya anda memilih layanan 4G untuk hp android anda, tapi ini khusus untuk hp android yang sudah support 4G, jika belum maka anda bisa menggunakan layanan CDMA atau 3G, layanan ini masih terbilah optimal untuk mengakses internet dan jaringannya pun sudah sangat baik.

Untuk hp android anda silahkan setting hp anda agar bisa mengakses jaringan 4G/WCDMA, jika 4G lemah biasanya akan dialihkan ke WCDMA (HSPA), agar hp kamu dapat menggunakan layanan 4G LTE atau HSPA, Jika anda memiliki hp xiaomi untuk mengatur agar hp anda selslu terkoneksi ke jaringan 4G atau WCDMA maka anda bisa atur setingan di dalamnya. silahkan baca:
 

3. Gunakan Internet Booster for Android

Cara lainnya yang dapat anda pilih untuk mempercepat internet di hp android anda adalah dengan menonaktifkan faktor penghambat yang dapat memperlambat jaringan, salah satu caranya anda bisa menggunakan internet boster yang dapat mempercepat internet di hp android anda.

Aplikasi ini sebenarnya bukan mempercepat koneksi internet, namun menonaktifkan faktor yang dapat menghambat kecepatan internet, karena sekali lagi kecepatan koneksi internet sangat dipengaruhi oleh layanan Internet service provider(ISP) yang digunakan.



Silahkan anda cari Internet Booster di google play store dengan kata kunci "internet booster", cari yang memiliki pengguna paling banyak dan rating paling baik. kemudian download dan instal di hp android anda lalu aktifkan sebelum anda menggunakan koneksi internet.

Salah satu yang saya rekomendasikan adalah  Internet Booster & Optimizer yang bisa anda download di google play store, setelah anda instal pastikan internet booster berjalan sebelum anda browseing menggunakan hp android anda.

4. Matikan Auto sync dan data latar belakang.

Saat ini ada banyak sekali aplikasi populer yang menggunakan teknologi autosync,  seperti facebook, bbm, email dan aplikasi android lainnya, aplikasi auto sync ini akan terus terhubung ke internet di latar belakang. sehingga ketika ada update maka biasanya akan langsung ada notifikasi untuk pengguna.

Aplikasi-aplikasi yang menjalankan autosync ini akan berbagi koneksi dengan aplikasi lainnya, sehingga untuk mempercepat koneksi internet pada android anda maka salah satu caranya adalah mematikan auto sync dan data latar belakang yang aktif di hp android anda.

Untuk Mematikan autosync dan data larat belakang langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Mematkan data latar belakang
Untuk mematikan data latar belakang, silahkan masuk ke setelan/settings, kemudian pilih jaringan data, kemudian pilih batasi data latar belakang. seperti terlihat pada gambar di bawah ini


Sayangnya pengaturan di setiap android berbeda, jadi sesuaikan dengan ponsel android anda, silahkan cari caranya di internet.

Mematikan autosync android
Sedangkan untuk mematikan autosync di hp andaroia anda maka silahkan anda masuk ke halaman setelan/settings > Akun lalu  pastikan auto sync dalam ke adaan nonaktif. 



di setiap hp android bisa jadi caranya berbeda, anda juga bisa mematikan autosync secara cepat dan mudah melalui tarik bagian atas layar android anda kemudian cari icon sync, pastikan dalam keadaan mati, 
Untuk anda yang memiliki hp xiaomi untuk mematikan autosync anda bisa masuk ke halaman setelan/settings > sync, di halaman sync pastikan sync dalam ke adaan nonaktif.

Dengan menonaktifkan data latar belakang dan juga autosync ini akan mempercepat koneksi internet android anda, karena jaringan internet yang digunakan oleh perangkat tidak banyak terbebani oleh aplikasi lainnya.

Itulah beberapa tips cara mempercepat koneksi internet di perangkat android anda, selamat mencoba.


EmoticonEmoticon