Saturday, 6 October 2018

Solusi mengatasi koneksi wifi error (obtaining ip address) di hp android

Blogiseng.web.id - Wifi adalah jaringan near kabel yang biasanya sering digunakan sebagai alternatif agar hp android bisa terhubung ke internet, banyak pengguna memilih jaringan wifi agar hemat quota, namun tentu saja tidak semua jaringan wifi yang ada bisa kita gunakan dan sambungkan, setidaknya anda harus tau passwordnya, karena kebanyakan wifi biasanya selalu diproteksi password dan hanya yang tau passwordnya saja yang bisa menggunakan wifi tersebut.
Tapi perlu diketahui walaupun anda terkoneksi ke wifi anda belum tentu bisa menggunakan layanan internet, jika wifi yang anda gunakan memang tidak terhubung ke internet, jadi jangan heran jika hp android anda sudah terhubung ke wifi namun tidak bisa browsing, boleh jadi salah satu permasalahannya adalah router wifi nya memang tidak dihubungkan ke internet.
wifi error tidak konek obtaining ip address pada android
Ketika perangkat menggunakan koneksi wifi, sebenarnya perangkat akan mendapatkan ip address otomatis dari pengaturan DHCP wifi (dhcp = fitur jaringan untuk memberi ip address otomatis pada setiap perangkat yang terhubung, jadi pengguna tidak perlu memasukan ip address secara manual, kalo anda orang jaringan pasti tau).
Seharusnya perangkat akan otomatis bisa menggunakan wifi tersebut tanpa kendala, Tapi Sayangnya untuk beberapa kasus koneksi ke wifi terkadang bisa muncul trouble, permasalahan yang cukup sering dialami oleh pengguna hp android adalah obtaining ip address (mendapatkan alamat ip).
Ini penyebabnya adalah karena rentang IP address otomatis yang dikasih oleh DHCP dari router wifi tidak bisa diterima oleh perangkat hp android anda (kabarnya ini merupakan bug android), sehingga perangkat berusaha untuk memperoleh ip address berbeda yang dapat diterima dengna munculnya pesan obtaining ip address.

Solusi koneksi wifi error obtaining ip address

Mungkin banyak pengguna android yang mendapatkan saran untuk mengganti password wifi yang digunakan atau memasukan ulang password wifi yang digunakan, namun sayangnya cara tersebut terkadang tidak berhasil mengatasi obtaining ip address.Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah memasukan ip address secara manual (ip address statis) melalui fasilitas yang sudah disediakan di perangkat android anda.
Cara memasukan IP address Otomatis adalah sebagai berikut:

1. Pengaturan IP Address Manual di HP ASUS Zenfone


a. Masuk ke pengaturan / settings
b. Pada halaman pengaturan silahkan cari dan klik pada opsi WIFI, untuk measuk ke halaman pengaturan wifi
c. Pada halaman pengaturan Wi-fi klik tombol titik 3 di sudut kanan atas, lalu pilih menu Tambahkan jaringan / add network
d. Centang pada opsi lanjutan / advanced option, anda akan melihat form isian sebagai berikut:

  • Nama jaringan : masukan apa saja, 
  • Keamanan  pilih salah satu,
  •  proxy biarkan tidak ada, 
  • Setelan IP pilih statis, lalu silahkan masukan IP address dan juga Gateway, dan mungkin juga DNS (ip address, dns dan gateway yang harus anda masukan bisa dilihat di uraian di bawah)

Sayangnya di beberapa merk hp fasilitas untuk pengaturan ip address statis (manual) mungkin berbeda-beda tergantung merk hpnya, anda bisa cari di seting pada bagian wifi, ubek-ubek saja, atau cari tutorialnya, sory saya gak sajikan semua takut kepanjangan nantinya.Lalu Berapa ip address DNS dan gateway yang harus dimasukan ?
Yang menjadi masalah adalah berapa ip address yang harus dimasukan. saya tau, banyak yang share cara ini namun kebanyakan informasi yang ditawarkan adalah dengan memasukan ip address asal, akhirnya ada yang berhasil ada yang tidak.
IP address yang harus dimasukan tentu saja tidak ngasal, seharusnya IP address yang dimasukan harus sejenis dengan ip address yang digunakan oleh router Wifi tersebut.
Bagaimana cara mengetahuinya ?
Salah satu cara mengetahui ip address yang digunakan oleh router wifi, anda harus menggunakan Komputer, langkah-langkanya adalah sebagai berikut:
1. Buka komputer anda.
2. Pastikan komputer sudah terhubung ke wifi yang ingin anda gunakan juga di hp android.
3. Jalankan command prompt lalu ketikan perintah ipconfig, akan muncul informasi seperti terlihat di gambar di bawah ini:

Jangan salah, Silahkan cari dan lihat informasi di bawah tulisan Wireless LAN adapter wireless network connection, untuk mengetahui ip address wifi, seperti gambar di atas, anda akan melihat data yang bertuliskan:
  • IPv4 Address :192.168.43.61
  • Subnetmask :255.255.255.0
  • Default Gateway :192.168.43.1 =DNS
IP address yang digunakan wifi bisa anda lihat pada pada text  IPv4 Address yaitu 192.168.43.61 ,  di komputer anda bisa saja berbeda.
Dengan referensi data di atas anda bisa menggunakan ip address sejenis agar perangkat bisa terhubung, yaitu dengan mengganti angka 61 di ujung saja, dengan angka lainnya dari 2 s/d 254.
Misal jadi 192.168.43.10...atau 192.168.43.21
Sedangkan informasi data subnet mask atau default gateway jika diminta, masukan saja dengan data yang sama seperti di data di atas.
Itulah  Solusi mengatasi koneksi wifi error (obtaining ip address) di hp android, semoga membatu dan bisa mengatasi permasalahan pada koneksi wifi di hp android anda.
Backlink:


EmoticonEmoticon