Saturday, 6 October 2018

7 Tips memperbaiki speaker hp asus tidak bersuara ketika memutar musik

Blogiseng.web.id - Tips memperbaiki hp asus tidak ada suara ketika memutar musik - Salah satu merk hp yang cukup digemari di indonesia adalah asus zenfone, merk hp yang satu ini boleh dikatakan cepat sekali mendapatkan kepercayaan dari konsumen berhubung kita ketahui bahwa brand asus merupakan perusahaan yang sudah cukup lama malang melintang di dunia hardware, dulu yang banyak digarap oleh asus adalah hardware komputer namun seiring dengan berkembangnya teknologi mobile kini asus juga ikut melirik pasar smartphone.HP merk asus boleh dikatakan handal, selain hardware fitur sofwarenya pun cukup lengkap, tapi sayangnya walaupun  memiliki banyak kelebihan, ternyata asus pun tidak lepas dari masalah, ada salah satu permasalahan yang cukup banyak dialami oleh pengguna asus, permasalahannya sederhana yaitu suara atau sound mati tidak ada suaranya ketika digunakan untuk memutar music. namun suara normal ketika digunakan untuk menelepon dan juga ketika menerima sms.
Permasalahan ini tidak jarang bisa membuat bingung para pengguna hp asus, karena mereka banyak yang belum menemukan solusi yang tepat, bahkan tidak tau bagaimana cara memperbaikinya. oleh karena itu di artikel kali ini saya akan coba share tips untuk mengatasi suara hp asus mati tidak keluar suara ketika digunakan untuk memutar music mp3.
Semoga dengan tips ini bisa anda coba untuk memperbaiki suara pada hp asus zenfone anda sehingga bisa berfungsi dengan baik.

Tips memperbaiki hp asus tidak ada suara ketika memutar musik

Jika anda kebetulan pengguna hp asus zenfone dan anda mengalami permasalahan dengan suara atau sound yang tidak keluar dan tidak kedengaran sama sekali ketika hp digunakan untuk memutar music, padahal volume suara sudah full, tips berikut ini bisa anda coba:

Tips ke 1 : Atur pengaturan suara di hp asus zenfone anda.

Pastikan bahwa pengaturan suara di hp asus zenfone anda tidak dalam keadaan bisu atau mute. Untuk memastikannya anda bisa coba masuk ke menu settings/ pengaturan > Sound & Notification / suara & pemberitahuan . lalu pastikan bahwa opsi media volume dalam keadaan aktif seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
memperbaiki hp asus tidak ada suara ketika memutar musik

Tips ke 2 : Gunakan pemutar music lain

Jika tips pertama masih saja gagal dan suara masih tidak kedengaran maka anda bisa coba tips ke 2, yaitu dengan cara memutar music yang sama namun menggunakan aplikasi pemutar music pihak ke 3 yang bisa anda download di google play store, misalnya google play music dan aplikasi serupa lainnya.Silahkan coba putar kembali music yang sama, jika muncul suara kemungkinan masalahnya ada di aplikasi pemutar music bawaan, jika masih sama tidak kedengaran suara, anda bisa mencoba tips ke 3.

Tips ke 3 : Coba Gunakan headset untuk mendengarkan musik.

Jika tips kedua di atas masih saja belum membuahkan hasil, maka anda bisa mencoba mengunakan headset untuk mendengarkan suara music, jika menggunakan headset suara kedengaran dan juga besar kecilnya suara bisa diatur volumenya, kemungkinan besar permasalahannya ada pada speaker hardware di asus zenfone anda.

Tips ke 4 : Putar musik di safe mode

Tips ke 4 yang bisa anda coba adalah memutar music di save mode, untuk masuh ke halaman save mode hp asus zenfone langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Tekan tombol power dan volume up secara bersamaan lalu tahan dalam beberapa detik, setelah keluar logo asus, lepas tombol power dan tetap tahan tombol volume up, hp akan masuk ke save mode.
Atau
  • Tekan dan tahan tombol power sampai muncul menu 
  • Pada menu yang muncul, tekan dan tahan menu Power off / matikan daya, lalu tekan tombol OK, hp akan melakukan restart dan anda akan masuk ke safe mode.
Setelah anda berada di halaman safe mode hp asus zenfone anda, silahkan coba putar kembali file musik, jika ternyata suara muncul, maka kemungkinan besar penyebab suara tidak muncul dikarenakan ada aplikasi yang anda instal di hp android anda yang memblokir / crash speaker hp asus zenfone anda, jika suara masih tidak kedengaran kemungkinan hardware speaker hp asus zenfone anda rusak, atau karena bug sistem rom android.

Tips ke #5 : Lakukan update sistem

Bisa saja permasalahan suara musik tidak keluar karena adanya bug sistem, anda bisa mencoba melakukan update sistem, siapa tau sudah tersedia update dan update biasanya akan memperbaiki bug-bug yang ada.Untuk melakukan update di smartphone asus zenfone cukup mudah, buka saja Settings>About>System update>Check Update, lalu silahkan restart dan coba putar lagi musiknya.

Tips ke #6 : Factory Reset atau reset data pabrik

Jika tips-tips di atas setelah anda coba, masih saja belum menyelesaikan masalah sound di hp asus anda, anda bisa mencoba melakukan faktory reset, namun ingat sebelum melakukan factory reset anda harus membackup data di hp anda.

Tips ke #7: Bawa ke asus service center

Jika setelah melakukan factory reset masih saja belum bisa mengatasi suara di hp android asus senfone anda, kemungkinan permasalahannya adalah ada kerusahan di hardware speaker hp asus anda. anda bisa coba bawa ke tukang service asus untuk diidentifikasi permasalahannya. 
 
Backlink:
 


EmoticonEmoticon