Thursday, 22 November 2018

Mengenal Jailbreak pada iphone dan ciri iPhone yang sudah di-jailbreak

Blogiseng.web.id - Di artikel kali ini saya ingin menjelaskan mengenai istilah jailbreak pada iphone, dan juga menjelaskan mengenai ciri-ciri iphone yang sudah di jailbrek, perlu diketahui bahwa IPhone dikenal sebagai merk perangkat ponsel yang diproduksi oleh apple. Yang spesial dari merk ponsel yang satu ini adalah pembuatan nya benar-benar sangat memperhatikan kualitas dan keamanan, sehingga tidak heran jika saat ini iPhone menjadi raja smartphone paling elegan didunia dengan desain sangat mengagumkan, bahkan  iphone menjadi salah satu merk ponsel yang paling dikagumi dan digemari di seluruh dunia oleh masyarakat kelas atas.
Untuk mempertahankan kualitas dan keamanan sistemnya, iphone memproteksi sistemnya dengan sangat ketat, sehingga tidak sembarangan aplikasi dapat dipasang di iPhone, hanya aplikasi-aplikasi dan media yang bersumber dari i-tones dan app store saja yang dapat diinstal di iPhone, sedangkan aplikasi-aplikasi iphone di luar app store akan sulit untuk diinstal, padahal aplikasi di itones dan appstore kebanyakan tidak gratisan alias harus bayar.

Karena alasan tersebut, banyak pengguna iphone menggunakan cara-cara ilegal agar hpnya bisa melakukan instalasi aplikasi dan media dari luar, salah satu cara yang sering digunakan adalah meretas sistem  iphone dengan software atau tool khusus sehingga Iphone bisa diinstal aplikasi apa saja yang bersumber bukan dari luar appstore atau itunes. Peretasan tersebut dikenal dengan istilah jailbreak. kalo di dunia android dikenal sebagai root-android. Berdasarkan uraian diatas setidaknya kita sudah mengetahui gambaran apa itu jail break, Jadi jika harus diterjemahkan kembali, jailbreak adalah proses peretasan / meng-hack produk apple seperti misalnya iPhone dengan tujuan agar perangkat bisa diisi aplikasi apa saja dan dapet darimana saja secara bebas.
Walaupun tindakan jailbreak tidak merugikan pihak manapun, banyak yang menganggap jailbreak sebagai proses ilegal,  padahal sebenarnya tidak, karena di amerika sendiri tindakan jailbreak tidak pernah ditentang oleh perusahaan apple, pihak apple hanya menegaskan bahwa setiap produk apple dengan iOS yang dijailbreak, maka secara otomatis garansinya akan hilang.
Walaupun jailbreak penuh resiko, tetap saja banyak pengguna iphone yang memilih jailbreak karena mereka menganggap iphone tanpa jailbreak merugikan, karena setiap kali instal aplikasi harus dari app store yang tidak semuanya gratis, apalagi sekarang banyak tool khusus yang juga bisa digunakan untuk unjailbreak iphone,

Apakah jailbreak berbahaya untuk iPhone?

Resiko jailbreak yang secara resmi diumumkan apple adalah hilangnya garansi produk, karena ketika jailbreak seri iphone anda langsung banned oleh apple dan tidak akan dapat garansi, selain itu tindakan jailbreak tidak memiliki dampak apa-apa pada iphone. dengan melakukan jailbreak tidak akan menyebabkan feature berkurang atau hilang, seperti beli dan update di app store, icloud, imessage semua bisa, tidak ada yang berubah, ya barangkali yang berubah cuma sekarang iPhone bisa ditambah tweak dan bisa add software dari luar appstore dengan gratisan.Tapi jika jail break gagal, maka resikonya adalah iphone anda akan banyak sekali mengalami error, jadi jika iphone anda banyak ditemukan masalah salah satu kemungkinannya adalah iphone anda bisa jadi gagal jailbreak.


Baca Juga:

Apa itu MiFi ? : Jenis, kelebihan dan kekurangan, harga serta cara penggunaannya




Mengenal ciri IPhone yang sudah di-jailbreak

Setelah menganal apa itu jail break dan kerugian atau resikonya, sekarang bagaimana cara mengenali  iphone yang sudah dijailbreak, mungkin salah satu cirinya adalah iphone bisa menginstal aplikasi yang bersumber dari luar appstore atau itones, tapi selain itu ciri lain iPhone yang sudah dijail break adalah sebagai berikut:

1. Adanya aplikasi Cydia

Aplikasi ini adalah salah satu aplikasii yang akan terinstal secara otomatis ketika iPhone di-jailbreak, jika anda menemukan aplikasi Cydia pada iPhone yang anda gunakan maka itu sudah dipastikan iphone tersebut sudah dijailbreak.

2. Logo Apple berubah ketika direstart.

Ciri yang kedua iphone yang sudah dijailbreak adalah Logo apple ketika proses startup setelah ponsel direstart berubah, biasanya logo nanas atau logo kelapa tengkorak, pokoknya yang muncul bukan logo apple. untuk memastikan bahwa iphone anda belum dijailbreak, maka silahkan anda coba restart dan amati logo yang muncul, jika logonya logo resmi apple, dapat dipastikan iphone masih original.

3. Hilangnya aplikasi bawaan iPhone

Ciri yang ketiga adalah hilangnya beberapa aplikasi bawaan iphone, sebenarnya aplikasi bawaan iPhone tidak bisa di uninstal, kecuali perangkat iPhone sudah di-jailbreak, jadi untuk memastikan perangkat iPhone yang anda gunakan sudah dijailbreak apa belum, amati saja aplikasi bawaan iPhone seperti (safari, itnones, appstore mail). jika ada yang hilang maka kemungkinan besar iphone tersebut sudah dijailbreak.

4. Banyak terdapat aplikasi asing 

Satu lagi untuk mengenal iphone sudah dijailbreak adalah, silahkan cari aplikasi yang aneh pada iphone anda, lalu ketikan di appstore, jika aplikasi tersebut tidak ada di daftar aplikasi app setore, maka dapat dipastikan iphone sudah di jailbreak.



EmoticonEmoticon