Cara Mengunci Dokumen di Microsoft Word 2010

Microsoft Word menyediakan tingkat keamanan yang tinggi untuk dokumen yang dihasilkan kata Anda. Anda dapat mengatur kata sandi agar dokumen menghentikan pembacaan dan pengeditan yang tidak sah dari dokumen atau jika Anda menginginkan seseorang hanya untuk membaca dokumen, Anda dapat mengatur batasan pengeditan pada dokumen kata Anda. Bab ini akan mengajarkan cara membuat dokumen Anda terlindungi dan dilarang diedit dan dipformat.

Set Dokumen Sandi

Setelah Anda menetapkan kata sandi untuk sebuah dokumen maka Anda dapat membuka dokumen hanya jika Anda mengetahui kata sandinya. Jika Anda lupa kata sandi Anda, maka tidak ada cara untuk memulihkannya dan untuk membuka dokumen. Jadi Anda harus berhati-hati saat menyetel kata sandi untuk dokumen penting Anda.
Langkah-langkah berikut akan membantu Anda mengatur kata sandi untuk dokumen Word.
Langkah 1 - Buka dokumen Word yang ingin Anda tetapkan kata sandi.
Langkah 2 - Klik tab File dan kemudian klik pilihan Info dan akhirnya tombol Protect Document yang akan menampilkan daftar pilihan yang akan dipilih.
 
Langkah 3 - Pilih opsi Encrypt with Password hanya dengan mengkliknya. Ini akan menampilkan kotak dialog Encrypt Document yang meminta kata sandi untuk mengenkripsi dokumen. Kotak dialog yang sama akan muncul dua kali untuk memasukkan password yang sama. Setelah memasukkan kata sandi setiap kali, klik tombol OK .
 
Langkah 4 - Menyimpan perubahan, dan akhirnya Anda akan memiliki dokumen Anda dilindungi kata sandi. Lain kali ketika seseorang mencoba membuka dokumen ini, ia akan meminta kata sandi sebelum menampilkan konten dokumen, yang mengkonfirmasikan bahwa sekarang dokumen Anda dilindungi kata sandi dan Anda memerlukan kata sandi untuk membuka dokumen.
 

Hapus Dokumen Password

Anda dapat menghapus kata sandi dokumen hanya setelah membukanya dengan sukses. Langkah-langkah berikut akan membantu Anda menghapus proteksi password dari dokumen Word Anda.
Langkah 1 - Buka dokumen Word kata sandi yang perlu dihapus. Anda memerlukan kata sandi yang benar untuk membuka dokumen.
Langkah 2 - Klik tab File diikuti oleh opsi Info dan akhirnya tombol Protect Document yang akan menampilkan daftar pilihan yang akan dipilih.
Lindungi Dokumen
Langkah 3 - Pilih opsi Encrypt with Password hanya dengan mengkliknya. Ini akan menampilkan kotak dialog Encrypt Document dan password yang akan berada dalam pola bertitik. Anda perlu menghapus pola titik-titik ini dari kotak dan memperjelas untuk menghapus kata sandi dari dokumen.
Clear Password Dialog
Sekarang ketika Anda akan membuka dokumen Anda nanti, Word tidak akan meminta password Anda karena Anda telah menghapus proteksi password dari dokumen.

 

Tetapkan Pembatasan Pengeditan & Pemformatan

Langkah-langkah berikut akan membantu Anda mengatur batasan pengeditan dalam dokumen Word.
Langkah 1 - Buka dokumen Word yang ingin Anda atur batasan pengeditan.
Langkah 2 - Klik tab File dan kemudian klik pilihan Info dan akhirnya tombol Protect Document yang akan menampilkan daftar pilihan yang akan dipilih.
Lindungi Dokumen
Langkah 3 - Pilih opsi Restrict Editing hanya dengan mengkliknya. Ini akan membuka dokumen yang sebenarnya dan ini juga akan memberi Anda pilihan untuk mengatur batasan pengeditan di area Restricted Formatting and Editing . Di sini Anda bisa mengatur format serta mengedit batasan pada dokumen.
Batasi Pengeditan
Langkah 4 - Yang Anda lakukan dengan setting Anda, klik tombol Yes, Start Enforcing Protection yang akan menampilkan kotak dialog Start Enforcing Protection yang meminta kata sandi agar tidak ada orang lain yang dapat mengubah settingnya . Anda bisa memasukkan kata sandi atau Anda bisa membiarkannya kosong sehingga berarti tidak ada pengaturan kata sandi untuk perlindungan ini.
Dialog Kata Sandi
Langkah 5 - Terakhir klik tombol OK dan Anda akan mendapati bahwa dokumen Anda sedang diedit (atau format jika Anda terapkan) dilindungi.

 

Hapus Pembatasan Pengeditan & Pemformatan

Anda dapat menghapus batasan pengeditan dari dokumen Anda dengan menggunakan langkah-langkah sederhana ini.
Langkah 1 - Buka dokumen Word yang ingin Anda hapus batasan pengeditannya.
Langkah 2 - Klik tab File dan kemudian klik pilihan Info dan akhirnya tombol Protect Document ; Ini akan menampilkan daftar pilihan yang akan dipilih.
Lindungi Dokumen
Langkah 3 - Pilih opsi Restrict Editing hanya dengan mengkliknya. Ini akan menampilkan area Restrict Formatting and Editing sebagai berikut.
Hentikan perlindungan
Langkah 4 - Sekarang klik tombol Stop Protection . Jika Anda telah menyiapkan kata sandi pada saat menyetel pembatasan pengeditan atau pemformatan, Anda memerlukan kata sandi yang sama untuk menghapus batasan pengeditan atau pemformatan. Word sekarang akan meminta yang sama menggunakan kotak dialog Unprotect Document Dialog , jika tidak maka akan menghapus batasannya.
Unprotect Document

Post a Comment for "Cara Mengunci Dokumen di Microsoft Word 2010"