Cara Mengunci Hp Xiaomi Di Jaringan 4G LTE

Blogiseng.web.id - Lock / Fix Setting Jaringan 4G - Bagaimana cara mengunci jaringan 4G di Hp Android Xiaomi ? Tidak sedikit pengguna smartphone android khususnya Xiaomi ingin mengetahui cara mengaktifkan 4g di hp Xiaomi agar perangkat android tersebut selalu berada dalam jaringan LTE. Hal ini memang suatu hal yang wajar karena tidak dipungkiri sekarang ini koneksi internet yang paling cepat di Indonesia adalah sinyal 4G LTE. Sehingga membuat pengguna ponsel android yang ingin menggunakan koneksi internet cepat selalu mengatur atau setting hp Xiaomi redmi mereka agar terkunci pada mode 4G saja.
Akan tetapi masalah setting jaringan 4G LTE seperti pilihan jaringan 4g tidak muncul, sinyal 4g tidak bisa diaktifkan ataupun jaringan 4g sering hilang kerap terjadi pada ponsel Xiaomi bergaransi distributor. Mengubah sinyal 3G menjadi 4G secara manual ataupun mengunci jaringan 4G di hp xiaomi adalah langkah yang sering dilakukan untuk mengatasi masalah koneksi internet di hp xiaomi oleh para penggunanya. Lalu pertanyaan disini adalah apakah cara lock sinyal 4g lte di xiaomi redmi ataupun redmi note all series tersebut dapat dilakukan tanpa PC ? Kita tidak perlu menggunakan bantuan laptop ataupun PC hanya untuk mengganti jaringan 3G ke 4G di ponsel Xiaomi karena pada ROM MIUI 7 dan MIUI 8 sudah memberikan fasilitas kemudahan bagi kita untuk setting hp xiaomi berada di jaringan 4g saja.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba memberikan tutorial mengenai cara kunci / nge-lock sinyal 4G di smartphone android xiaomi. Pada pertemuan kali ini kami tidak hanya membahas cara mengunci jaringan 4g lte di hp xiaomi ROM MIUI 7 saja melainkan juga pada ponsel Xiaomi ROM MIUI 8. Hal ini dikarenakan, terkadang saat kita melakukan update dari MIUI 7 ke MIUI 8 justru malah membuat sinyal 4G tidak bisa dilock di hape xiaomi tersebut. Oleh karena itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi sinyal 4G tidak muncul di hp Xiaomi MIUI 8 di bawah ini.
Cara mengunci jaringan 4G di hp xiaomi

Mungkin diantara kita pernah mengalami masalah pada jaringan 4g setelah kita mengupdate ROM MIUI 7 menjadi ROM MIUI 8. Dimana sebelumnya kita masih bisa mengganti sinyal 3g ke 4g dan mengunci secara manual ketika masih menggunakan ROM MIUI 7. Akan tetapi ketika kita mengganti pada MIUI 8 malah membuat kita tidak bisa lock sinyal 4G  di hp android Xiaomi, parahnya kita malah tidak bisa mengaktifkan jaringan 4G tersebut karena pilihan jaringan 4G LTE tidak muncul atau hilang pada menu setting jaringan hp Xiaomi tersebut.Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi cara mengaktifkan sinyal 4g yang hilang di hp xiaomi. Dan percobaan kali ini berhasil kami lakukan pada hp Xiaomi Redmi 3, namun sebelum kita melakukan langkah - langkah berikut ini ada beberapa syarat yang perlu kita siapkan untuk mengubah jaringan 3g menjadi 4g tersebut. Diantaranya :
  • Perangkat hp atau smartphone android yang sudah mendukung dan support 4G LTE
  • Kartu SIM Operator yang sudah support 4G 
  • Dan lokasi yang menjangkau adanya jaringan 4G LTE, untuk mengetahui apakah daerah kita sudah terjangkau oleh jaringan 4G maka kita dapat menggunakan aplikasi bantuan yang bisa kita unduh melalu playstore dengan nama "Open Signal"

Cara mengubah sinyal 3g menjadi 4g pada hp xiaomi miui 7 dan miui 8


Bagi para pengguna Hp Xiaomi MIUI 7 yang ingin selalu merasakan koneksi internet 4g, kita dapat mengunci hp xiaomi pada jaringan 4G saja dengan langkah - langkah sebagai berikut :
  1. Untuk mengunci jaringan 4G di hp xiaomi langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan membuka menu dial phone >> ketik *#*#4636#*#* pada menu telepon tersebut.
    Cara mengunci jaringan 4G di hp xiaomi
  2. Setelah itu secara otomatis akan tampil menu "Menguji" yang di dalamnya terdapat dua kartu SIM yaitu "Informasi telepon 1" dan "Informasi telepon 2". Pilih salah satu dari 2 sim card tersebut yang ingin kita lock jaringan 4G LTEnya.
    Cara mengunci jaringan 4G di hp xiaomi
  3. Pada langkah ini kartu sim yang ingin kami kunci di jaringan 4G pada hp Xiaomi yang kami miliki adalah SIM 2 maka kami memilih "Informasi telepon 2". Lalu cari pilihan Set Preferred Network Type pada tampilan menu tersebut.
    Cara mengunci jaringan 4G di hp xiaomi
  4. Apabila kita sudah membuka menu "set preferred network type" tersebut maka akan muncul banyak sekali pilihan jaringan yang dapat kita gunakan. Supaya kita dapat membuat sinyal 4G terus aktif di SIM 2 pada Hp Xiaomi Redmi 3, kita pilih saja "LTE Only".
    Cara mengunci jaringan 4G di hp xiaomi
  5. Dan sekarang hp Xiaomi yang kita miliki tersebut sudah berhasil kita rubah jaringan 3G ke 4G. Namun saran kami apabila jaringan 4G di lokasi kita berada kurang stabil sebaiknya kita pilih "LTE/WCDMA" saja.

NOTE !!!

Apabila kita melakukan setting jaringan 4g menggunakan menu dial phone *#*#4636#*#*, biasanya masalah yang sering terjadi adalah pengaturan 4g tersebut akan kembali ke settingan awal apabila smartphone android Xiaomi tersebut kita restart. Jadi kita tidak perlu cemas apabila jaringan 4G hilang timbul atau sinyal 4G tidak muncul setelah hp xiaomi kita restart karena dengan melakukan pengaturan ulang untuk setting jaringan 4g di hp Xiaomi, kita sudah bisa membuat ponsel Xiaomi tersebut kembali lock di jaringan 4G LTE.Berbeda jika kita sudah mengupdate MIUI 7 tersebut untuk berubah ke ROM MIUI 8, pengaturan jaringan di MIUI 8 Hp Xiaomi justru malah semakin tidak karuan. Pada Hp Xiaomi MIUI 8, kita tidak bisa memilih jaringan meskipun menggunakan cara yang sama seperti di atas. Hal ini dikarenakan pada pilihan "set preferred network type" di *#*#4636#*#* tidak terdapat pilihan menu "LTE Only" jadi dengan kata lain kita tidak bisa lock sinyal 4G di hp Xiaomi MIUI 8 karena pada ROM tersebut jaringan sudah otomatis di lock di 3G.

Cara Mengatasi Jaringan 4G Yang Hilang Di Hp Xiaomi ROM MIUI 8 Akan tetapi masih ada cara untuk memunculkan kembali sinyal 4G pada pengaturan Xiaomi tersebut, mari ikuti langkah - langkahnya sebagai berikut ini :
  1. Untuk mengaktifkan sinyal 4G pada ponsel Xiaomi MIUI 8 langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan menempatkan kartu 4G yang kita gunakan pada slot 1 dan untuk sementara nonaktifkan dahulu slot sim 2.
  2. Setelah itu lepas sim card tersebut dan kemudian masuk pada menu dial phone >> tekan *#*#4636#*#* >> pilih "Phone Information 1".
  3. Perlu untuk kita ketahui bahwa "set preferred network type" justru malah bisa dipilih ketika hp Xiaomi tanpa menggunakan kartu sim.
    Cara mengunci jaringan 4G di hp xiaomi
  4. Setelah itu pilih "set preferred network type" namun jangan memilih jaringan terlebih dahulu.
    Cara mengunci jaringan 4G di hp xiaomi
  5. Kemudian masukkan kartu sim 4G yang akan kita gunakan tersebut dan tunggu hingga sinyalnya muncul.
    Cara mengunci jaringan 4G di hp xiaomi
  6. Lalu masih pada tampilan "set preferred network type" kita pilih mode jaringan di "LTE Only" untuk ngelock sinyal 4G di hp android Xiaomi MIUI 8 tersebut.
  7. Langkah terakhir, keluar dari menu tersebut dan lakukan pengecekan apakah sinyal 4G sudah berhasil dikunci di hp Xiaomi yang kita miliki atau belum.

Catatan untuk xiaomi ROM MIUI 8 ini tidak jauh berbeda dengan MIUI 7, jadi apabila kita merestart smartphone android xiaomi tersebut maka pengaturan sinyal 4g di hp xiaomi tersebut akan kembali ke settingan awal. Hal ini memang dikarenakan pihak xiaomi belum mengeluarkan fix preferred 4G di hp xiaomi dengan ROM MIUI 8 jadi apabila kita tidak ingin repot alangkah lebih baiknya jika kita kembalikan ke ROM MIUI 7 agar dapat mengunci sinyal 4G melalui pengaturan bawaan smartphone.Namun dari beberapa sumber yang kami peroleh, ternyata kini sudah ada cara mengunci jaringan 4G di hp Xiaomi MIUI 8 terbaru. Jika anda ingin mencoba update fix 4g lte pada ponsel xiaomi, mari ikuti langkah - langkah sebagai berikut :

Cara otomatis Fix LTE di hp Xiaomi
Syarat yang harus dipenuhi :
1. Hp Xiaomi sudah terpasang custom recovery TWRP
2. Unduh flash file patch_LTE melalui :

  • https://drive.google.com/file/d/0B6u8ynybJKIiTkpwYlF0YXc5dmc/view
  • atau bisa juga pada https://drive.google.com/file/d/0B6u8ynybJKIiNllIQ2RYb0pWU2s/view ( Untuk ROM MIUI 8 Global versi 8.1.3.0 Xiaomi Redmi 3 )

Langkah yang perlu dilakaukan agar hp xiaomi bisa otomatis mengunci sinyal 4G, diantaranya :
  1. Pertama salin file yang kita unduh tersebut ke internal memori ataupun eksternal memori
  2. Setelah itu masuk pada recovery TWRP
  3. Kemudian lakukan flash file patch_LTE
  4. Restart ponsel android Xiaomi
  5. Dan pengaturan Preferred LTE secara otomatis akan muncul kembali

Demikian pertemuan kita kali yang baru saja kita bahas mengenai cara lock sinyal 4G di hp xiaomi. Semoga langkah - langkah di atas dapat membantu kita untuk tetap menggunakan koneksi internet di jaringan 4G LTE secara terus menerus, sekian dan terima kasih..

Post a Comment for "Cara Mengunci Hp Xiaomi Di Jaringan 4G LTE"