Cara Mengatur Layar Sentuh Hp Xiaomi Yang Kurang Sensitif

Blogiseng.web.id - Layar sentuh xiaomi - Bagaimana cara mengatasi layar xiaomi kurang sensitif ? Sekarang ini tidak sedikit para pengguna hp android xiaomi yang mengeluhkan akan layar sentuh yang kurang merespon
  ketika touchscreen sedang dioperasikan. Sebenarnya masalah touchscreen tidak merespon di ponsel android xiaomi juga banyak terjadi pada hape android lainnya, hal ini disebabkan karena layar sentuh merupakan bagian dari smartphone android yang paling sering digunakan. Jadi sangat wajar jika suatu hp android xiaomi redmi 3 mengalami masalah layar sentuh error seperti touchscreen tidak merespon, layar sentuh terlalu sensitif, bahkan sampai terjadi masalah layar sentuh yang bergerak sendiri (loncat - loncat).
Masalah layar sentuh xiaomi yang terlalu sensitif ataupun kurang sensitif terkadang muncul setelah kita memasangkan Screen Guard / Screen Protector / Anti Glare pada layar hp android xiaomi yang kita miliki namun kita kurang menyadarinya. Sering kali kita hanya terlalu fokus ketika Xiaomi Redmi 1S mengalami pada beberapa fitur seperti Pocket Protector, screen mati pada saat melakukan panggilan (menelpon), dan masalah layar sentuh error hp xiaomi kemungkinan lainnya. Selain itu terlalu sering mencari cara mengatur sensitivitas layar xiaomi tanpa mencari tahu apa yang menjadi penyebab layar sentuh yang tidak berfungsi pada hp xiaomi tersebut. Padahal touchscreen xiaomi yang kurang sensitif setelah dipasang screen guard tersebut hanyalah karena sensitivitas sensor proximiti yang ada didekat speaker depan hp android xiaomi yang tertutup oleh Screen Guard yang dipasang.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami smartphone solution akan mencoba berbagi tips ketika kita sedang mengalami masalah pada layar sentuh hp xiaomi baik itu kurang sensitif ataupun terlalu sensitif. Meskipun artikel kami kali ini membahas tentang cara memperbaiki touchscreen hp xiaomi yang error, namun tidak ada salahnya jika bagi anda yang memiliki ponsel android seperti asus, lenovo, smartfreen maupun samsung mencoba tips dari kami ini. Untuk itu mari langsung saja kita bahas tips mengenai cara setting sensitif layar sentuh / touchscreen xiaomi secara lengkap dibawah ini.

Baca Juga:

Solusi atasi hilangnya shortcut icon applikasi di hp android lenovo tanpa factory reset


Layar Sentuh Hp Xiaomi Yang Kurang Sensitif

cara setting sensitif touchscreen xiaomi
Hilangnya sensitivitas layar merupakan masalah yang kerap terjadi pada pengguna smartphone android khususnya ponsel dengan layar sentuh. Layar sentuh yang rusak seperti dead pixel, hang, error atau hingga retak akan mungkin terjadi pada hp android xiaomi. Untuk itu sebelum masalah layar sentuh tidak merespon terjadi pada hp xiaomi yang kita miliki, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu faktor - faktor yang menyebabkannya. Contohnya saja seperti :
  • Layar sentuh hp xiaomi yang kurang sensitif karena arus listrik berlebih dari charger yang bukan bawaan.
  • Layar sentuh hp xiaomi yang terlalu sensitif karena terlalu banyak animasi diaktifkan.
  • Layar sentuh hp xiaomi yang error karena pernah terbentur.

Jadi tidak semua masalah layar sentuh hp android tidak berfungsi sebagian ini harus dilakukan penggantian lcd dan touchscreen sebagai langkah memperbaiki masalah tersebut. Untuk itu mari kita simak cara meningkatkan sensitif layar sentuh hp android xiaomi tanpa harus mengganti touchscreen secara lengkap dibawah ini.

Cara memperbaiki sensitivitas layar hp xiaomi


1. Gunakan charger sesuai bawaan ponselAgar dapat terhindar dari masalah layar sentuh hp android tidak merespon maka kita harus mulai merubah kebiasaan kita ketika sedang melakukan pengisian daya baterai hp android yang tidak mempergunakan charger bawaan ponsel. Walaupun memiliki ukuran socket yang sama namun arus yang dihasilkan setiap charger akan berbeda - beda. 
Arus listrik yang terlalu tinggi akan menimbulkan lonjakan arus pada layar. Nah, arus listrik pada permukaan layar inilah yang dapat menyebabkan layar smartphone Android bergerak sendiri. Dan apabila kita biarkan terus menerus maka yang akan terjadi adalah layar sentuh hp android yang kurang sensitif.

2. Kurangi Skala Animasi di Layar
Sebenarnya sensitivitas layar sentuh tidak dipengaruhi oleh kecepatan skala animasi pada hp android, namun semua itu berdasarkan software merespon perintah yang ada. Semakin tinggi skala animasi maka akan semakin lama tingkat responnya sehingga kita merasa layar sentuh hp android kurang merespon.
Kita dapat menonaktifkan skala animasi layar dengan cara masuk ke menu " Settings >> Developer Option ". Cari Windows Animation Scale, Transition Animation Scale dan Animator Duration Scale, kemudian ubah angkanya pada .5x .

3. Periksa kondisi layar sentuh
Sebelum kita mulai mencoba mengatur sensitif layar xiaomi redmi 3 alangkah baiknya jika kita memperhatikan kondisi layar pada ponsel android milik kita tersebut. Pastikan kondisi layar di hp android tersebut tidak mengalami masalah seperti retak ataupun pecah.

4. Kalibrasi layar xiaomi
Jika setelah kita melakukan pemeriksaan dan kondisi layar sentuh baik - baik saja akan tetapi kita masih mengalami masalah layar sentuh yang terlalu sensitif atau touchscreen tidak merespon maka kita dapat melakukan setting sensitif touchscreen xiaomi melalui menu pengaturan. Untuk meningkatkan sensitif layar sentuh hp xiaomi kita dapat melakukannya dengan cara kalibrasi layar sentuh, yakni dengan langkah - langkah sebagai berikut :
  1. Masuk pada menu pengaturan
  2. Pilih menu kalibrasi 
  3. Setelah itu layar akan menjadi blank putih
  4. Tunggu hingga beberapa saat sampai muncul pesan "klik salah satu layar untuk melakukan kalibirasi"
  5. Kemudian klik pada titik kalibrasi dan selanjutnya akan tampil petunjuk untuk menyentuh layarnya dan kita tinggal ikuti saja petunjuk tersebut sampai proses kalibrasi tersebut selesai.

5. Lepas Tempered GlassDemi untuk melindungi layar sentuh hp android kita dari bahayanya retak ataupun pecah pada lcd smartphone tersebut biasanya kita memasangkan pelindung yang sering kita kenal dengan nama tempered glass. Akan tetapi sebenarnya tempered glass itu sendiri memiliki keburukan yakni dapat mengurangi sensitivitas layar sentuh. Maka dari itu jika touchscreen hp android mulai tidak merespon terjadi pada xiaomi yang kita miliki, ada baiknya jika kita mencoba untuk melepas anti gores yang kita pasangkan tersebut.

Akan tetapi jika dari kelima cara diatas belum dapat mengatasi beberapa masalah layar sentuh terlalu sensitif di hp xiaomi seperti layar mati ketika sedang melakukan panggilan, maka anda dapat mencoba cara lain yang akan kami bagikan pada ulasan dibawah ini. Pada tutorial dibawah ini kami mencoba cara mengatur sensitif layar / touchscreen pada hp xiaomi tipe redmi 1s dan berhasil memperbaiki touchscreen yang tidak merespon tersebut. Yang perlu untuk kita ketahui disini versi terakhir yang kami gunakan adalah MUI-JHCMIBH43.0, berikut langkah - langkahnya :
cara mengatur sensitif layar xiaomi
1. Pertama - tama mari kita mulai masuk ke menu Hardware Tests
2. Kemudian ketik kode di menu Dial, *#*#6484#*#*

cara mengatur sensitif layar xiaomi

3. Langkah selanjutnya pada sub menu Proximity sensor, tap tombol Calibrate kemudian tutup bagian atas Smartphone (lokasi sensornya), tahan beberapa saat (kurang lebih 4 detik) kemudian lepaskan, beri jeda waktu sekitar 4 detik lagi tutup kembali. Lakukan hal tersebut hingga beberapa kali (2 - 3 kali) hingga dirasa sudah cukup setelah itu tap tombol Pass.

4. Untuk mengujinya, kita dapat mencobanya untuk mengaktifkan fitur Pocket Protector sebagaimana mestinya, atau dengan mencoba melakukan panggilan. Apabila layar lcd tidak mati itu artinya sudah berhasil.Demikian artikel yang membahas tentang cara mengatasi masalah layar sentuh error pada hp android xiaomi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga cara - cara diatas dapat menjadi solusi dari masalah layar sentuh yang ngehang pada smartphone yang kita miliki. Sekian dan terima kasih ..

Post a Comment for "Cara Mengatur Layar Sentuh Hp Xiaomi Yang Kurang Sensitif"