Cara Cek Kerusakan Hardware Di Hp Xiaomi

Blogiseng.web.id - Test hardware xiaomi - Bagaimana cara mengecek kerusakan hardware di hp xiaomi ? Pentingnya mengetahui cara test hardware hp xiaomi tidak hanya untuk memastikan keadaan smartphone android tersebut masih dalam keadaan normal atau tidak saja. Melainkan juga berfungsi untuk memeriksa kerusakan ketika kita akan membeli ponsel android xiaomi dengan kondisi bekas atau second. Hal ini bertujuan agar kita tidak tertipu pada suatu smartphone android yang terlihat dari luar bagus namun memiliki kerusakan pada jeroannya.
Jadi tips jika kita akan membeli ponsel android tipe apapun jangan mudah tergiur oleh bentuk casing yang masih terlihat bagus karena casing dapat diganti oleh si penjual dengan yang baru. Untuk itu tidak dipungkiri memastikan kondisi hardware hp xiaomi merupakan salah satu langkah paling bijak sebelum kita membeli sebuah hp android seken. Lantas bagaimana caranya jika kita hendak cek sensor kamera xiaomi pada android yang akan kita beli atau hp xiaomi yang mengalami kerusakan pada bagian kamera tersebut ? Anda tidak perlu cemas lagi karena disini kami akan memberikan solusi jika kita akan mencoba mengecek pada beberapa sensor di hp xiaomi dengan menggunakan kode rahasia yang mungkin tidak semua pengguna hp android mengetahuinya.

Pada kesempatan kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba membagikan beberapa tips untuk mengecek kondisi pada hardware hp xiaomi semua tipe. Jadi jika kita ingin mencoba mengetest ataupun memastikan kerusakan seperti touchscreen hp xiaomi yang error, menguji koneksi bluethoot ataupun layar sentuh hp android yang kurang sensitif dapat kita coba menggunakan kode rahasia dari kami ini. Namun jika anda tidak ingin menggunakan kode rahasia hp xiaomi untuk mengecek kerusakan hardware smartphone tersebut, kita juga dapat menggunakan aplikasi pendeteksi HP Xiaomi rusak. Mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara cek kerusakan pada hp xiaomi redmi di bawah ini.
cara cek hardware xiaomi

Menggunakan Kode Rahasia Hp XiaomiMenggunakan kode rahasia untuk mengecek kerusakan pada hp xiaomi bukanlah suatu hal yang baru lagi. Fitur kode rahasia untuk mengetahui kerusakan hardware hp xiaomi ini memang sudah disediakan oleh perusahaan negri jiran untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna dalam mendeteksi kerusakan yang ada di dalam ponsel android xiaomi tersebut.
Untuk menggunakan kode rahasia atau yang sering disebut dengan "Engineering Mode" ini dapat kita dengan langkah - langkah sebagai berikut ini :


Baca Juga:

3 Cara Agar layar HP Andrid xiaomi tetap terus menyala (khusus mode baca)



  1. Pertama - tama buka menu Phone (dial number) pada hp xiaomi yang kita miliki dengan mengetikan kode *#*#64663#*#* seperti gambar berikut ini. 
    cara cek hardware xiaomi
  2. Kemudian akan muncul pada layar hp xiaomi beberapa kotak menu yang dapat kita jadikan sebagai indikator untuk mengecek keaslian HP Xiaomi setelah kita mengetikan kode rahasia tersebut.
    cara cek hardware xiaomi
  3. Setelah itu untuk menguji kerusakan hp xiaomi secara manual kita pilih saja menu "Single Item Test" dan akan muncul beberapa menu sebagai berikut.
    cara cek hardware xiaomi
  4. Jika sudah muncul beberapa pilihan menu tersebut maka mari kita coba satu per satu untuk menguji apakah HP Xiaomi tersebut masih berada dalam keadaan normal atau tidak.

Berikut akan kami berikan penjelasan dari setiap menu yang muncul pada layar hp xiaomi tersebut sebelum kita melakukan uji kerusakan di hp xiaomi.
KEY
  • Menu yang memiliki fungsi menguji semua tombol yang ada di HP Xiaomi seperti tombol power, volume, back, options, dll. Apabila menu ini ditekan maka akan mengalami perubahan warna pada layar yang artinya tombol itu masih berfungsi dengan semestinya

Back Light 
  • Menu yang digunakan untuk menguji lampu latar  yang memiliki tingkat kecerahan yang berbeda-beda. Klik menu ini dan pilih kecerahan yang sesuai dengan mata kita

SIM Card 
  • Menu untuk mengetes fungsi kuningan pada HP Xiaomi apakah masih bisa membaca kartu memori dan bisa menangkap sinyal atau tidaknya.

Bluetooth 
  • Menu yang digunakan untuk menguji koneksi Bluetooth dalam mengirim berbagai file seperti gambar, dokumen, music, dan file lainnya yang menggunakan teknologi ini. 

Touch Pal 
  • Menu yang digunakan sebagai cara untuk mengecek layar (LCD) / touchscreen HP Xiaomi terutama menguji sensitivitas pada layar smartphone. Jika kita ingin melanjutkan uji pada menu General Test yang lain,  maka kalian wajib menyentuh semua kotak.

LED 
  • Lampu notifikasi yakni lampu yang terletak di bawah atau di atas HP Xiaomi yang akan menyala jika ada pemberitahuan berupa SMS atau email yang masuk ke smartphone xiaomi yang kita miliki

Camera 
  • Menu untuk mengakses kamera utama. Pada menu ini, kita bisa mencoba semua fitur pada kamera utama untuk menguji apakah masih berfungsi normal atau mengalami kerusakan.

Battery 
  • Menu yang digunakan untuk menguji kesehatan baterai HP Xiaomi. Pada menu ini akan menimbulkan informasi yang seakurat mungkin sehingga pengguna bisa mengganti baterai dengan segera jika rusak.

WIFI 
  • Menu untuk menguji fitur WIFI yang ada di HP Xiaomi anda. Jika menu ini diklik maka WIFI akan menyala secara otomatis dan melakukan uji untuk memastikan optimalisasi sinyal ini. 

LCD 
  • Menu yang digunakan untuk cek kerusakan LCD Xiaomi khususnya kontras warna pada LCD. Jadi pastikan keadaan kontras warna LCD sobat baik-baik saja dengan melakukan pengujian menggunakan menu yang satu ini.

Torch 
  • Menu yang menguji lampu LED flash pada kamera belakang. Jika menu ini disentuh maka lampu secara defauld akan menyala yang artinya tidak ada kendala yang berarti pada sektor tersebut.
GPS 
  • Menu yang diapakai untuk menguji keakuratan sinyal GPS yang ada diwilayah kita berada. Banyak hal yang dilakukan dengan sinyal GPS ini salah satunya bisa dipakai untuk Peta jalan. 

Vibration 
  • Getaran yang dihasilkan oleh smartphone kalian. Rasakan getaran itu dengan baik menggunakan tangan kalian. Jika getaran tersendat - sendat pasti HP Xiaomi yang kita miliki kurang sehat.

Speaker
  • Menu yang bertugas untuk menguji kejernihan suara pada smartphone Xiaomi. Amati suara yang muncul dari lubang speaker utama maka akan terdengar jelas apakah HP itu normal atau rusak.

Receiver 
  • Suatu bunyi yang menandakan bahwa ada notifikasi pemberitahuan pada smartphone. Dengar baik-baik bunyi tersebut, jika suaranya enak didengar (tidak ada suara berisik) berarti dalam keadaan baik.

Headset
  • Sebuah menu yang digunakan untuk menguji suara headset apakah suaranya bagus atau tidak. Jika suara yang dihasilkan jernih artinya tidak ada kendala sama sekali pada fitur headset ini.

FM 
  • Pemancar gelombang radio yang digunakan untuk menangkap sinyal radio sehingga bisa mendengarkan suara dari radio. Silahkan sobat cek, apakah gelombang radio masih berfungsi dengan baik atau tidak.

G_Sensor 
  • Sensor yang mendeteksi perubahan pada orientasi. Jika HP Xiaomi dimiringkan maka secara otomatis layar akan menjadi landscape begitu juga jika didirikan maka layar menjadi portrait. Silahkan soba uji dengan cara mengaktifkan fitur rotasi lalu memiringkan HP Xiaomi.

Gyro 
  • Sensor yang cara kerjanya mirip dengan G_Sensor dimana sensor ini mendeteksi perubahan pada orientasi. Jika HP Xiaomi dimiringkan maka secara otomatis layar akan menjadi landscape begitu juga jika didirikan maka layar menjadi portrait. 

Proximity Sensor 
  • Sensor jarak yang berfungsi mendeteksi gerakan jarak dekat seperti saat ada panggilan telepon di HP Xiaomi kemudian diangkat oleh pengguna dan ditempelkan ditelinga maka layar HP akan mati secara otomatis berkat proximity sensor ini.

Demikian beberapa langkah yang dapat kami sampaikan untuk mengecek kerusakan hardware xiaomi yang error pada kesempatan kali ini. Semoga cara kami kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

Post a Comment for "Cara Cek Kerusakan Hardware Di Hp Xiaomi"