Cara Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh Di Hp Xiaomi

Blogiseng.web.id - Memori internal xiaomi penuh - Bagaimana cara mengatasi memori internal penuh di hp android ? Pernahkah anda mengalami kejadian dimana kita tidak dapat menginstal suatu aplikasi atau muncul notifikasi "can't install app : insufficient storage available" pada layar hp karena kapasitas memori internal xiaomi redmi note penuh ? Akan muncul suatu pertanyaan kenapa memori internal penuh padahal aplikasi sedikit ketika masalah tersebut terjadi pada diri kita. Dan setelah kita melihat pada pengaturan penyimpanan xiaomi, kita merasa ada suatu kejanggalan karena memori internal xiaomi tidak sesuai tersebut.
Pada pengaturan penyimpanan hp android xiaomi redmi yang besar namun tidak dapat menginstall aplikasi ini dikarenakan memori internal 8gb terbaca 4gb atau lebih padahal sebelumnya kita belum pernah memasang aplikasi pada ponsel xiaomi yang kita miliki. Jika sudah terjadi masalah MIUI tidak mengijinkan pemasangan aplikasi tersebut tentu kita akan mencari tahu mengenai sebuah cara mengosongkan memori internal android tanpa root. Namun sebenarnya kita tidak perlu untuk cepat - cepat mencari tahu akan cara mengubah penyimpanan xiaomi redmi tersebut karena kita merasa kapasitas penyimpanan memori internal xiaomi tidak sesuai tersebut. Menjadi suatu hal yang wajar jika memori internal 8gb terbaca 4gb terjadi pada smartphone asal negri jiran tersebut, karena pada dasarnya setengah dari isi memori internal tersebut merupakan sistem yang terpasang pada hp android xiaomi yang kita miliki.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba memberikan tips mengenai cara agar memori internal hp android tidak penuh. Kita harus memastikan terlebih dahulu penyebab dari internal memori hp xiaomi cepat penuh tersebut berasal dari suatu permasalahan pada software smartphone yang kita miliki atau tidak. Terkadang kita jarang menyadari kapasitas penyimpanan memori internal hp android xiaomi cepat penuh tersebut berasal dari duplikat file seperti file foto maupun video yang tersimpan pada internal memori xiaomi. Oleh karena itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi memori internal penuh di hp android xiaomi yang kita miliki di bawah ini.
cara mengatasi memori internal penuh di hp android

Jika kita mengalami masalah penyimpanan internal memori yang sangat terbatas pada hp android xiaomi yang notabene memiliki ruang penyimpanan memori internal yang besar sehingga aplikasi selalu gagal di install, maka tidak ada salahnya jika kita mencoba beberapa cara memperbaiki masalah memori internal hp android selalu penuh sebagai berikut :

 

 

 

Baca Juga:

Mengatasi Hamparan layar terdeteksi (screen overlay detected) di android

 

 

Cara agar memori internal hp android xiaomi tidak cepat penuh


1. Gunakan Cleaner di Security App
cara mengatasi memori internal penuh di hp android


Salah satu kelebihan dari MiUi yang banyak digemari oleh penggunanya adalah aplikasi "Security App". Pengguna MiUi benar - benar terbantu dengan adanya aplikasi ini, terlebih lagi dengan aplikasi Cleaner ini kita tidak perlu menginstall aplikasi pihak ketiga seperti Clean Master. Kelebihan dari aplikasi Cleaner bawaan dari hp xiaomi ini mampu membersihkan :
  • Data - data sampah (junk data)
  • Meminimalisir penggunaan space pada internal storage Xiaomi
  • Serta data yang sebenarnya sudah tidak kita butuhkan lagi 

Untuk melakukan pembersihan file atau beberapa data yang ada pada hp xiaomi yang kita miliki supaya memori internal hp android tidak penuh, dapat kita lakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut :
  1. Pertama - tama ketuk Cleaner, maka aplikasi ini akan melakukan scanning data - data sampah dan cache yang tidak dibutuhkan lagi.
  2. Setelah proses scanning selesai, akan muncul pada layar hp xiaomi mengenai beberapa daftar yang akan kita hapus secara manual.
  3. Kemudian pilih semua, agar ruang penyimpanan hp xiaomi yang kita miliki menjadi lebih lega.
  4. Ketuk Clean Up untuk memulai proses pembersihan hingga muncul notifikasi "No trash" yang menandakan smartphone kita sudah bersih dari data sampah.
  5. Setelah proses Clean Up di atas, smartphone xiaomi yang kita miliki sekarang sudah mulai sedikit lega karena biasanya space yang berhasil dibersihkan tidak tanggung - tanggung, bisa sampai 1 GB. Tergantung dari berapa lama kita tidak pernah membersihkan smartphone tersebut.

2. Manfaatkan fitur Deep Cleaner
cara mengatasi memori internal penuh di hp android
Apabila kita merasa menggunakan Cleaner di Security App kurang maksimal dalam mengosongkan memori internal hp xiaomi yang kita miliki, kita dapat memanfaatkan fitur Deep Cleaner untuk mengatasi memori internal penuh di hp android. Dengan melakukan Deep Cleaner kita akan diberikan beberapa pilihan untuk melakukan scanning untuk menghapus file agar dapat membuat memori internal smartphone menjadi lebih lega, kita dapat menghapus beberapa file seperti :
Foto Duplikat
cara mengatasi memori internal penuh di hp android

  • Dengan kita melakukan "Clean now" untuk membersihkan secara otomatis pada foto, maka secara otomatis aplikasi Deep clean akan menghapus file foto yang kembar dan menyisakan satu buah foto yang dianggap paling baik dari sisi kecerahan dan ketajaman. Bagi kita yang hobi mengambil beberapa gambar namun malas untuk menghapus foto dan memilih mana yang terbaik maka fitur yang satu ini akan sangat cocok untuk kita coba. Apabila kita ragu, kita juga masih dapat untuk memilih dengan memilih masing - masing item dan menghapusnya secara manual.

Konten Video
  • Sama halnya pada konten video, Deep clean akan mendeteksi file video dari yang berukuran paling besar hingga yang paling kecil. Pilih file video yang menurut kita sudah tidak dibutuhkan lagi, kemudian pilih Delete selected videos untuk menghapus.

Apps
  • Pada Apps, Deep clean secara otomatis mengidentifikasi aplikasi apa saja yang jarang atau tidak pernah kamu gunakan. Pilih aplikasi yang kamu rasa tidak dibutuhkan lagi, kemudian Uninstall untuk menghapusnya.

Big Files
  • Pada Big Files, Deep clean akan mengidentifikasi file apa saja yang berukuran sangat besar. Misalnya saja kita menyimpan file firmware Xiaomi.EU sebesar 0.99GB, kemudian dilanjut dengan file - file video berukuran besar lainnnya. Pilih file yang sudah kita anggap tidak berguna lagi, kemudian ketuk Delete selected files untuk menghapus.

3. Gunakan Memori Eksternal Untuk Menyimpan Foto, Video dan File Media lainnya Bagi kita yang hobi dengan fotografi, biasanya yang menjadi penyebab memori internal hp android penuh adalah terlalu banyaknnya file foto dan video pada memori internal hp xiaomi yang kita miliki. Oleh karena itu bagi kita yang memiliki ponsel android xiaomi yang memiliki fitur memori eksternal alangkah lebih baiknya jika kita memindahkan penyimpanan file foto dan video pada memori eksternal.
Selain itu lakukan perubahan pada pengaturan penyimpanan file foto dan video dari memori internal ke memori eksternal di hp xiaomi yang kita miliki. Untuk merubah setingan penyimpanan internal memori ke eksternal memori pada hp android xiaomi, dapat kita lakukan dengan langkah - langkah sebagai berikut :

cara mengatasi memori internal penuh di hp android

  • Masuk ke System apps >> Camera >> Settings, pilih Save to SD Card

4. Bersihkan Cache Di Hp XiaomiTentu kita sudah mengetahui fungsi dari cache ini merupakan tempat penyimpanan data sementara yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut. Meskipun memiliki manfaat namun jika kita memiliki kebiasaan untuk menumpuk cache terlalu lama akan berakibat menumpuk di storage smartphone yang kita miliki sehingga memakan banyak memori internal.
Untuk membersihkan cache pada hp android xiaomi tersebut, dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Pertama masuk pada pengaturan atau Setting 
  2. Kemudian cari dan pilih "Storage"
  3. Setelah itu ketuk Cached data, pada saat muncul notifikasi Clear cached data >> pilih OK

5. Pengaturan Media Pada Instant MessengerTidak dipungkiri sekarang ini pengguna smartphone android lebih senang untuk melakukan aktifitas chatting menggunakan aplikasi chatting. Selain mudah dan murah, aplikasi chating dapat mempermudah kita untuk mengirim file berupa foto dan video. Perlu untuk kita ketahui jika perangkat android yang kita miliki selalu secara otomatis menyimpan dan mengunduh file yang dikirim melalui aplikasi chatting seperti whatsapp tersebut, maka tidak dipungkiri lagi akan membuat memori internal smartphone android menjadi cepat penuh tanpa kita sadari.
Oleh karena itu atur agar aplikasi WhatsApp tidak otomatis mengunduh foto atau video yang diterima. Hal ini bertujuan agar memori xiamo yang kita miliki tidak kepenuhan karena terlalu banyak menerima foto dan video yang sebenarnya tidak kita inginkan. Untuk menonaktifkan aplikasi whatsapp agar tidak mengunduh file foto dan video secara otomatis, dapat kita lakukan dengan langkah sebagai berikut :

cara mengatasi memori internal penuh di hp android

  1. Masuk ke pengaturan WhatsApp dengan mengetuk titik tiga pada pojok kiri atas aplikasi, kemudian pilih Data usage.
  2. Selanjutnya pada pilihan "When using mobile data, When connected on Wi-Fi dan When roaming"
  3. Hilangkan semua centang
  4. Dengan cara ini, foto dan video tidak akan otomatis terunduh jika ada seseorang yang mengirimkan file media tersebut ke hp xiaomi yang kita miliki sehingga tidak memenuhi memori internal yang kita miliki. Jika ingin melihatnya, kita harus mengunduhnya secara manual.
Demikian ulasan mengenai cara mengatasi memori internal penuh di hp android xiaomi yang dapat kami sampaikan pada pertemuan kita kali ini. Semoga dengan postingan kami kali ini dapat membantu mengosongkan internal memori hp android yang kita miliki serta membuat anda tidak lagi berpikiran memori internal xiaomi tidak sesuai, sekian dan terima kasih ..

Post a Comment for "Cara Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh Di Hp Xiaomi"