Friday, 19 October 2018

Tips penting sebelum membeli hp xiaomi baru atau bekas agar anda tidak tertipu / dirugikan

Blogiseng.web.id - Tip Sebelum membeli hap xiaomi baru dan bekas - Saya menulis artikel ini karena saya khawatir banyak yang berminat untuk membeli hp xiaomi namun masih belum tau bagaimana memilih hp xiaomi yang berkualitas, dikarenakan xiaomi yang banyak beredar di pasaran indonesia, ternyata tidak semuanya original, ada yang resmi (original / asli, tapi banyak juga yang palsu (abal-abal) karena sudah dimodifikasi, sehingga  terkadang membuat performa xiaomi tidak maksimal.Saya pribadi awalnya tidak tau apa-apa tentang masalah hp xiaomi, saya memutuskan membeli hp xiaomi karena saya tertarik dengan spesifikasinya yang tinggi namun harganya cukup murah, tapi walaupun murah tidak membuat xiaomi di cap sebagai hp murahan, apalagi saat ini xiaomi digadang-gadang sebagai iphone dari negeri tirai bambu, siapa hayo yang tidak tertarik, bahkan di indonesia sendiri penjualannya ada di peringkat ke 2 setelah samsung.
tips membeli hp xiaomi agar tidak tertipu dan tidak dirugikan
Seorang teman memberitahu saya bahwa ketika ingin membeli hp xiaomi harus hati-hati, jika kurang cermat tidak dibekali pengetahuan dasar xiaomi anda bisa jadi akan merasa dirugikan, awalnya tidak mengerti dan setelah dijelaskan panjang lebar, akhirnya saya memiliki kesimpulan sendiri bagaimana cara memilih hp xiaomi baik bekas maupun baru.

Tips penting sebelum membeli hp xiaomi baru atau bekas

Terlepas dari versi yang dipilih, ada 3 point penting yang harus anda ketahui dan anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli perangkat smartphone xiaomi, terutama xiaomi yang beredar di Indonesia, ini berlaku untuk xiaomi bekas maupun xiaomi baru, sebagai berikut:

Tip ke #1 : Kenali Rom Xiaomi

Sebelum anda memutuskan untuk membeli hp xiaomi maka yang pertama yang harus anda lihat adalah jenis ROM xiaomi yang anda beli.
Mengenai masalah rom (system operasi) xiaomi yang beredar di indonesia memiliki 3 jenis rom, yakni sebagai berikut:

a. Rom stable

Rom Stable atau disebut juga sebagai rom official adalah rom resmi dari xiaomi, rom jenis ini ada 2 macam yakni, rom stable cina (cina official) dan rom stable global (global official), perbedaan keduanya adalah target pasar, rom cina sebenarnya untuk wilayah cina saja, sedangkan rom global untuk pasar international, perbedaan keduanya adalah:
  • Xiaomi dengan rom cina official, di dalamnya hanya tersedia pilihan bahasa cina dan inggris, kemudian didalamnya hanya tersedia mi store dan belum terinstal google play store, sehingga mau tidak mau anda yang membeli rom ini harus menginstal sendiri google play store yang cukup merepotkan.
  • Xiaomi dengan rom global official, di dalamnya sudah tersedia pilihan bahasa indonesia serta sudah terinstal aplikasi bawaan google, cocok sekali untuk orang indonesia.
Kedua jenis rom stable tersebut sudah tersebar di indonesia, sebagaian lewat jalur resmi dan sebagian lewat jalur ilega.
b. Rom developer
Rom developer adalah rom resmi yang diperuntukan untuk testing fitur terbaru yang dibuat oleh xiaomi, update aplikasi di room ini mendapatkan prioritas utama sehingga jika anda memiliki xiaomid engan rom ini maka anda akan sering menerima update, tapi sayangnya versi miui akan tetap beta selamanya, bahkan terkadang memiliki bug namun cepat teratasi dengan melakukan update terbaru.

c. Rom distributor.
Rom distributor xiaomi terkadang disebut sebagai rom abal-abal, dan sudah tidak original lagi walaupun sebenarnya asalnya dari rom resmi, namun  dengan beberapa tujuan rom tersebut dimodifikasi oleh distributor, sehingga terkadang performanya kurang maksimal.
Rom jenis ini sudah memiliki bahasa indonesia dan sudah terinstal aplikasi bawaan google seperti google play store dll. namun sayangnya rom jenis ini terkadang suka diinjek iklan atau aplikasi bloatware yang menyebabkan iklan suka muncul tiba-tiba ketika hp digunakan sehingga terkadang bisa boros quota, selain itu terkadang ada banyak aplikasi bawaan (bloatware) yang kurang berguna yang sulit dihapus menggunakan cara-cara biasa.

Rom Xiaomi Jenis Apa yang sebaiknya saya Pilih ?
Tentu saja jika anda bermaksud ingin membeli hp xiaomi maka sangat disarankan anda memprioritaskan untuk memilih xiaomi dengan rom stable global (global official) karena selain resmi diiindonesia sendiri ini yang paling cocok, anda juga bisa memilih rom cina official (stable cina), namun anda harus siap dengan resikonya, anda harus instal sendiri aplikasi google play store dan google-google lainnya.
Bagaimana dengan rom Developer? boleh juga jika anda mau, karena rom developer juga merupakan rom resmi namun beda peruntukan, jika anda memilih rom developer, berarti anda sudah siap hp xiaomi anda dijadikan kelinci percobaan (tester) pengembangan aplikasi xiaomi. bagus juga karena anda akan mendapatkan update lebih cepat.
Yang harus dihindari adalah membeli xiaomi dengan rom distributor, jika anda tidak mau direpotkan dengan masalah-masalah yang akan bermunculan, lebih baik hindari membeli xiaomi dengan rom distributor.

Baca Juga:

Cara Sederhana atasi Keyboard hp android tidak muncul keluar / hilang


 

Lantas Bagaimana cara membedakan rom stable (Resmi) dan distributor (paslu)?
Oh ya setelah anda mengetahui jenis-jenis rom yang dimiliki oleh xiaomi yang beredar dipasaran indonesia, anda juga harus tau bagaimana cara membedakan rom asli atau palsu?
Memang bisa saja anda langsung bertanya pada sipenjual mengenai rom xiaomi yang dijualnya, namun alangkah baiknya anda juga mengetahui ciri-ciri rom resmi atau distributor, agar anda dapat memastikan 100% bahwa rom xiaomi yang anda ingin beli sesuai dengan yang anda minati.
Sebenarnya ada ciri-ciri khusus dan mudah sekali untuk membedakan rom xiaomi stable (resmi) atau distributor (palsu), silahkan baca saja di artikel sebelumnya:

 

Tips ke #2 : Kenali Garansi xiaomi

Ini khusus untuk hp xiaomi yang baru, pastikan anda memprioritaskan untuk membeli hp xiaomi dengan garansi resmi jika memang ada, walaupun harganya terkadang sedikit mahal dari xiaomi dengan garansi distributor, namun xiaomi dengan garansi resmi qualitasnya sangat terjamin.
Kelebihan utama produk garansi resmi adalah, produk tersebut memang sudah dibuat oleh pabrik dengan spesifikasi dan fitur yang komplet dan sesuai dengan jaringan seluler di Indonesia. Serta mendapat sokongan software MI sepenuhnya dari Xiaomi.

Apa bedanya garansi resmi vs distributor ?
Garansi resmi 
Produk yang bergaransi resmi asli dari Xiaomi ini bisa dibeli secara online melalui “mi.com/id” yang kemudian pembayaranya via indo*mare*, atau ada juga yang tersedia di market place seperti bukalapak.com atau tokopedia.com.
Garansi resmi untuk xiaomi diindonesia dipegang oleh TAM (sangat recomended karena langsung kerjasama resmi dengan xiaomi) 

Garansi distributor
Sedangkan produk xiaomi dengan garansi distributor adalah Produk-produk xiaomi yang masuk ke Indonesia dengan status importir umum, atas izin resmi dari kementrian terkait.
Barangnya tetap asli produksi Xiaomi, bukan replika ataupun kingcopy. Hanya saja, Xiaomi garansi Distributor dibuat oleh pabrik untuk dipasarkan di China. Lalu ketika masuk Indonesia tidak ada penyesuaian fitur sehingga ada beberapa fitur yang tidak bisa berjalan/berfungsi seperti 4G lte. tapi tidak semua garansi distributor jelek ada juga yang komplete, tergantung pintar-pintar kita memilih distributor terpercaya.
Garansi distributor diindonesia dipegang oleh :

  • WII atau Wisma Inkopad Indonesia / WIN (GMT / Bcell / Smile), cukup bagus.
  • PT. GMT atau Global Media Teknologi (B-Cell atau City Cell atau Smile, Piramid Cell / Piramid Shop) not recomended

Garansi apa yang sebaiknya dipilih ?
Tentu saja jika anda memutuskan untuk membeli xiaomi pilih garansi resmi dari TAM itu juga jika ada, karena sangat sulit sekali menemukan xiaomi dengan versi tertentu dengan garansi TAM.
Jika tidak ada, anda juga bisa memilih garansi distributor tapi utamakan untuk memilih garansi dari WII atau WIN agar kualitas barangnya ok.

Tips ke #3 : Kenali kelebihan dan kekurangan produk xiaomi

Yang ke 3 sebelum membeli hp xiaomi adalah anda setidaknya harus mencari testimoni pengguna untuk versi xiaomi yang dimaksud, untuk cara ini tidak akan saya uraikan namun setidaknya anda bisa mencari berbagai referensi xiaomi yang ingin anda beli, terutama mengenai kelebihan dan kelemahannya.
Jika ada kelemahan, apakah kelemahannya sudah terdapat solusinya atau tidak, so jangan buru-buru ya, jika belum terlalu kenal dengan versi xiaomi yang dimaksud lebih baik pelajari dulu sebelum membelinya, agar anda mendapatkan xiaomu yang benar-benar performanya maksimal.

Tips ke #4 : Lihat kondisi Fisik HP

Yang ke 4 ini khusus untuk membeli hp xiaomi bekas, selain- mengenali hal-hal yang telah diuraikan di atas anda harus mengamati kondisi barang sebelum membelinya, jika masih bagus anda bisa membelinya, jika sudah rusak cari lagi yang lain.

 

 Membeli Online vs Offline mana yang lebih terjamin ?

Sayangnya tidak semua toko hp menyediakan xiaomi, jika memang ada setelah anda mengenali xiaomi yang ingin anda beli anda bisa membelinya di toko terdekat dikota anda.Tapi untuk saya pribadi menyarankan lebih baik secara online agar kita mampu membandingkan harga, serta deskripsi produk dengan jelas, jika produk sesuai maka kita bisa langsung membelinya.
Disarankan membelinya di tokopedia.com atau bukalapak, karena kedua marketplace tersebut memberlakukan rekening bersama, ketika anda membeli anda menyetorkan uangnya bukan ke penjualnya langsung tapi ke rekening pengelola market place tersebut, ketika barang anda terima baru uang akan dikirim dari rekening pengelola marketplace ke si penjuan, transaksi cukup aman.
Jika memilih online, pastikan reputasi penjual baik, lihat kapan dia terakhir login, semakin sering penjual login berarti dia serius mengelola toko onlinenya, lihat rate bintangnya pilih yang memiliki rate bintang 4 ke atas, kemudian lihat testimoni dari pembeli, jika baik anda bisa pilih toko online tersebut.
Demikian artikel sederhana tentang  4 Tips penting sebelum membeli hp xiaomi baru atau bekas agar anda tidak tertipu / dirugikan, semoga artikel di atas membantu.


EmoticonEmoticon