Monday, 8 October 2018

Cara Sederhana atasi Keyboard hp android tidak muncul keluar / hilang

Blogiseng.web.id - Cara Sederhana atasi Keyboard hp android yang hilang error tidak muncul - Saat ini hampir semua smartphone sudah menggunakan teknologi touch screen untuk layarnya, dengan adanya teknologi ini desain hp pun ikut berubah sangat jauh berbeda dengan desain hp lawas.
Desain hp saat ini umumnya tidak lagi dilengkap dengan perangkat keyboard atau papan ketik, sehingga ukuran layar hp pun menjadi sangat lebar, bahkan hampir menutupi seluruh permukaan hp.
Walaupun perangkat keyboard atau papan tombol seolah tidak ada , bukan berarti tidak ada keyboard, keyboard tetap ada namun bentuknya bukan lagi berupa perangkat keras tapi dalam bentuk keyboard virutal.
Keyboard virtual akan tampil secara otomatis dari bagian bawah lanyar muncul ke atas ketika si penguna melakukan aktivitas yang memerlukan keyboard, seperti ketika si pengguna hendak menulis atau mengetikan pesan dan aktivitas serupa lainnya, dan keyboard akan menghilang ketika si pengguna tidak ingin menggunakannya.
Mengatasi keyboard error tidak mau muncul / keluar di hp android
Keberadaan keyboard virtual memang cukup menguntungkan dan lebih praktis bagi pengguna, layar hp pun menjadi lebih lebar, tapi selain memiliki dampak positif, penggunaan keyboar virtual juga bisa memiliki dampak buruk ketika keyboar virtual mengalami error dan tidak bisa digunakan, seperti munculnya error Sayangnya Keyboard Android (AOSP) Telah Berhenti dan error lainnya, sehingga si pengguna akan kesulitan untuk melakukan pengetikan, lha bagaimana mau mengetikan teks jika keyboardnya bermasalah, iya kan...!
Permasalahan keyboard virtual memang sering dialami oleh pengguna perangkat mobile terutama yang menggunakan sistem android, bahkan masalah ini bisa dialami hampir oleh seluruh merk hp dengan sistem operasi android, seperti samsung, lenovo asus, oppo, vivo, xiaomi, andromax dan merk hp android lannya.
Masalah keyboard atau papan ketik hp yang kerap dialami oleh pengguna salah satunya adalah keyboard tidak mau muncul atau tidak mau keluar ketika ingin digunakan, bahkan terkadang keluar pesan error, tentu saja error tersebut tidak bisa dibiarkan dan harus segera diperbaiki, jika tidak maka hp tidak akan bisa digunakan untuk kebutuhan komunikasi dan lain sebagainya.

Cara Sederhana mengatasi Keyboard hp android hilang tidak muncul

Umumnya permasalahan yang terjadi pada keyboard virtual disebabkan oleh masalah perangkat lunak atau software, baik itu sistem androidnya yang rusak atau karena aplikasi sistem keyboardnya yang bermasalah.Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita coba untuk memperbaikinya beberapa diataranya adalah sebagai berikut:


Cara ke #1 :

Hapus data dan Cache Aplikasi sistem Keyboard

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan keyboard hp adroid anda seperti semula adalah dengan cara menghapus cache dan data untuk aplikasi keyboard yang digunakan oleh perangkat anda.Cara ini cukup sederhana dan  sangat ampuh mengatasi keyboard yang bermasalah, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
a. Aktifkan hp android anda, lalu masuk ke menu Settings / setelan  / pengaturan
b. Di halaman pengaturan, cari menu App/apl / instaled app / Applcations, lalu Tap All app / semua Aplikasi
Menu tersebut dibeberapa merk hp memang sedikit berbeda, silahkan di cari saja di halaman settings / setelan. pasti ada.
c. Pada Halaman App/instaled app, cari aplikasi keyboard,
Nama aplikasi keyboard terkadang berbeda antara merk hp satu dengan yang lainnya, di asus misalnya namanya Keyboard Asus, di samsung namanya Samsung Keyboard, di bebarap merk hp lainnya namanya bisa Keyboard android (AOSP), cari saja dengan kata kunci Keyboard
d. Tap pada aplikasi keyboard, maka anda akan masuk ke halaman app info untuk keyboard
Pada halaman app info, silahkan anda tekan tombol Clear Cache dan Tekan juga tombol Clear Data.



Keyboard hp android tidak keluar


Setelah itu silahkan restart hp android anda dan coba untuk mengetik, jika berhasil maka aplikasi keyboard akan muncul dan berfungsi secara normal seperti sedia kala.Cara Ke #2:

Instald aplikasi keyboard alternatif dari google play store

Cara pertama sebetulnya secara umum mampu mengatasi permasalahan error pada aplikasi keyboard yang tidak mau muncul. namun bisa saja dengan cara 1 di atas keyboard masih tetap tidak mau keluar.Alternatif jika cara ke #1 di atas tidak bisa memperbaiki keyboard di hp android anda, maka anda bisa menempuh cara ke #2, yaitu dengan menginstal aplikasi keyboard pihak ke 3 yang dapat diperoleh dari google play store.
Ada banyak aplikasi keyboard buatan pihak ke 3 yang bisa anda gunakan, silahkan cari saja di google play store dan cari keyboard yang memiliki testimoni yang baik dan ringan.
Itulah 2 cara untuk mengatasi keyboard hp android anda error tidak mau muncul, semoga dengan salah satu cara di atas keyboard di hp android anda menjadi normal kembali seperti sedia kala. selamat mencoba.


EmoticonEmoticon