Tuesday, 9 October 2018

Penyebab Baterai HP Dicharge (dicas) lama tapi Malah berkurang

Sebenarnya saya pribadi bukan tukang service hp, namun karena sering berkecimpung dengan tukang service yang kebetulan saudara sendiri, jadi untuk beberapa masalah pada hp terutama masalah hardware sedikit tau.
Masalah  yang ada sangkut pautnya dengan perangkat keras hp yang sering dialami oleh pengguna adalah masalah pada baterai hp, salah satunya seperti baterai hp ketika di charge bukannya nambah, justru malah berkurang.
Untuk anda pengguna android yang tidak tau mengenai masalah perbaikan hardware saya yakin akan dibuat jengkel, ketika anda melakukan charge pada hp anda, namun batarainya malah berkurang.
Sudah di charge lama baterai malah berkurang
Anda mungkin akan bertanya-tanya apa sebenarnya yang terjadi, dan mungkin anda akan menyangka kerusakan terjadi pada baterai hp yang digunakan, padahal anggapan anda belum tentu sepenuhnya benar.
Perlu diketahui bahwa permasalahan yang bisa terjadi pada daya baterai itu bukan hanya disebabkan oleh kerusakan baterai, bisa jadi karena ada kerusahakan perangkat keras hp yang sangat erat kaitannya dengan baterai seperti kerusakan pada IC Power,  IC Charger atau kerusahakan pada jalur baterai menyuplai daya.

Penyebab Baterai HP Dicharge (dicas) tapi Malah berkurang

Untuk memastikan jenis kerusakan dan mengetahui penyebabnya maka langkah utama yang harus anda lakukan adalah melakukan pengecekan ringan seperti:
1. Mengganti Caharger hp dengan charger berbeda, lalu coba, kemudian amati apakah setelah diganti chargernya pengisian daya menjadi normal.
2. Mengganti baterai  dengan baterai sejenis dari hp lainnya, lalu amati apakah pengisian daya menjadi normal.
3. Coba lakukan charging dengan kondisi hp dalam keadaan mati, lalu amati apakah daya masuk dan berjalan normal.
Jika ketiga pemeriksaan ringan diatas tidak membuahkan hasil dan baterai hp anda tetap berkurang ketika di charge, maka penyebabnya kemungkinan besar ada kerusakan pada perangkat keras hp  anda terutama pada IC Power atau IC Charger hp anda.

Kenali Jenis Kerusakan Pada Baterai HP


Untuk mengenali jenis kerusakan pada baterai HP karena masalah perangkat keras seperti IC (Integrated Circuit), maka anda bisa indentifikasi akibat kerusahakan yang ditimbulkan Oleh Hardware terebut.
Mengenali perangkat dalam hp

a. Akibat Kerusahakan IC Charging

Akibat yang ditimbulkan ketika kondisi IC Charging HP rusak umumnya akan menimbulkan gejala berikut:
  1. Tidak bisa charge; 
  2. Charge otomatis Pengisian ulang ( reconnect charging );  
  3. Daya terisi namun stuk atau berhenti di x% ketika dicharger
  4. Drop baterai, jika terjadi koslet pada IC Charging, maka Charge sangat lama tapi tidak mengisi pada baterai.
  5. HP Ketika di charge baterai malah berkurang

b. Akibat kerusakan pada IC Power

Jika iC Power baterai rusak, maka beberapa akibat yang bisa ditimbulkan adalah sebagai berikut:
  1. HP Sering mati sendiri padahal daya batarai masih x% dan ketika dihidupkan baterai menjadi 100% ketika dihidupkan ulang setelah mati sendiri
  2. Hp Hidup ketika di charge dan ketika dicabut langsung Mati
  3. HP Bisa dicas, namun ketika charger di lepas hp tidak mau menyala

c. Akibat kerusahakan pada jalur charger


Selain ic charger dan ic power kerusakan yang bisa menyebabkan status baterai juga bisa disebabkan oleh Jalur charger yang rusak, beberapa akibat ketika jalur charger rusak diantaranya:
  1. HP ketika dicas bertambah namun sulit untuk mencapai 100%
  2. Stuck atau mentok di x% ketika dicharge tidak mau bertambah lagi.
  3. Batarai terisi normal namun sangat Lama melakukan charging, padahal charger ori dan hp fast charging
  4. Ketika dicharge indikator petir muncul namun baterai tidak mau bertambah, (tapi ini bisa juga kerusakan pada ic chargernya)
  5. Ketika di cas kadang bertambah dan sangat lama sekali kadang berkurang
Berdasarkan Identifikasi kerusahakan di atas maka kita bisa menyimpulkan bahwa ketika baterai HP dicharge namun daya malah berkurang, penyebabnya bisa jadi adanya kerusahakan atau masalah pada IC Charger hp anda atau bisa saja pada jalur charger, ya  kemungkinan besar karena kerusahakan IC Charger.

Bagaimana Cara untuk memperbaikinya ?

Untuk memperbaiki baterai hp dicharger tapi malah berkurang karena kerusahakan IC Charger, maka anda harus mengganti IC Chargernya.

ic charger hp untuk menyimpan daya


Tentu saja untuk menggantinya harus oleh orang yang paham mengenai hardware hp, bawa saja ke tungka service, kecuali anda bisa sendiri.


Berapa harga IC Charger ?
Harga IC Charger tergantung dari merk hpnya, harganya ada yang di bawah 50.000 ada juga sekitar 50.000 - 100.000.

Dengan uraian di atas setidaknya anda bisa mengidentifikasi penyebab kerusahakan pada baterai hp anda, sehingga anda bisa mengupayakan perbaiknya dan mengestimasi biaya yang harus anda keluarkan untuk memperbaikinya.

Demikian artikel mengenai Penyebab Baterai HP Dicharge (dicas) tapi Malah berkurang, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon