Tuesday, 9 October 2018

Cara Menghapus aplikasi bawaan (bloatware) di hp android xiaomi tanpa root

Blogiseng.web.id - Di artikel kali ini saya akan menguraikan tentang Cara Menghapus aplikasi bawaan (bloatware) di hp android xiaomi tanpa root dan tanpa bantuan aplikasi pihak ke 3.
HP xiomi yang beredar di indonesia memang sedikit berbeda dengan merk hp kebanyakan, fasalnya xiaomi belum bisa memenuhi syarat tkdn (tingkat kandungan dalam negri) yang diberlakukan di indonesia, sehingga untuk celah masuk ke indonesia jalan satu-satunya yaitu melalui perantara distributor.
Sayangnya xiaomi yang lewat jalur distributor terkadang untuk tujuan-tujuan tertentu rom nya suka dimodifikasi, sehingga romnya tidak original lagi alias abal-abal,  bahkan pihak distributor  terkadang sengaja menginjek rom xiaomi dengan code iklan yang cukup menganggu dan memasang aplikasi tambahan atau bloatware yang keberadaanya terkadang tidak terlalu diperlukan oleh pengguna.
Oleh karena itu jangan heran ketika anda membeli hp xiaomi dan anda mendapati hp anda tiba-tiba sering muncul iklan, serta banyak aplikasi yang tidak anda kenal terpasang, boleh jadi hp xiaomi anda merupakan hp xiaomi dengan rom abal-abal alias palsu.
Cara menghapus dan menghilangkan aplikasi bawaan (bloatware) di hp xiaomit anpa root dan PC
Untuk masalah aplikasi bawaan, memang bukan hanya terdapat pada xiaomi dengan rom abal-abal saja, tetapi juga bisa terjadi pada hp xiaomi dengan rom resmi. Bedanya aplikasi bawaan di rom resmi umumnya aplikasi yang cukup berguna, sedangkan di rom abal-abal terkadang aplikasi yang tidak ada gunanya sama sekali.
Untuk yang peduli terhadap performa hp, adanya aplikasi bawaan yang tidak terlalu berguna jelas akan sedikit menganggu, karena memang beberapa aplikasi bawaan umumnya bisa menguras sumber daya perangkat, seperti daya baterai bahkan quota internet, oleh karena itu banyak pengguna yang berusaha untuk menghapusnya.
Tapi sayangnya yang namanya aplikasi bawaan (bloatware), umumnya tidak bisa dihapus secara mudah, sehingga untuk menghapusnya diperlukan cara-cara khusus, bahkan ada yang harus perangkat hp nya di root terlebih dahulu.
Walaupun aplikasi bawaan sulit dihapus, bukan berarti aplikasi tersebut tidak bisa dihapus sama sekali, untuk melakukan penghapusan aplikasi bawaan di xiaomi ada beberapa cara yang bisa digunakan, baik dengan root maupun tanpa root.
Untuk anda yang merasa terganggu dan ingin menghapus atau menghilangkan aplikasi bawaan atau bloatware yang terinstal di perangkat xiaomi anda, maka melalui artikel kali ini saya akan jelaskan langkah-langkah menghapus aplikasi bawaan xiaomi tanpa harus melakukan root, tanpa aplikasi pihak ke 3 dan tidak menggunakan koputer pc atau laptop.
Langkah-langkah untuk menghapus aplikasi bawaan di hp android xiaomi tanpa harus melakukan root adalah sebagai berikut:

1. Ubah bahasa hp Xiaomi anda ke bahasa inggris

Langkah pertama anda harus mengubah hp anda ke dalam bahasa inggris, karena jika bukan bahasa inggris tidak akan bekerja. Langkah-langkah untuk mengubah bahasa di hp xiaomi ke bahasa inggris adalah sebagai berikut:
Masuk menu Settings/ Setelan >  Additional Settings / Setelan Tambahan > Language & Input / Bahasa dan Masukan.
Pada opsi language / bahasa pilih English (United States)

2. Buka Aplikasi Google play Store

a. Pada halaman utama aplikasi google play store, klik menu garis 3 di pojok kiri atas, lalu pilih menu Feedback &  Help
Menghilangkan aplikasi bawaan xiaomi


b. Pada halaman Fedback & Help, Klik tulisan Browser All Articles,
Menghapus aplikasi bawaan hp xiaomi
Kemudian di halaman selanjutnya cari dan klik tulisan Delete Or disable Apps On Android

meghapus bloatware di xiaomi tanpa aplikasi



c. Kemudian di halaman berikutnya, klik tulisan Tap to Go To Application Settings,
Delete aplikasi bawaan android xiaomi tanpa root

Maka anda akan masuk ke Daftar aplikasi terinstal. seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
Aplikasi bloatware yang ingin dihapus tanpa root dan tanpa aplikasi
Silahkan cari klik pada salah satu aplikasi bawaan hp xiaomi anda yang ingin anda hilangkan atau hapus, maka anda akan dibawa ke app info aplikasi yang bersangkutan.
Silahkan lakukan force stop kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol Disable, tunggu beberapa saat, jika berhasil aplikasi pun akan terhapus atau hilang dari desktop atau halaman home hp xiaomi anda.

Kesimpulan

Cara di atas memang tidak sepenuhnya dapat menghapus aplikasi ke akar-akarnya, namun setidaknya aplilasi bawaan tidak akan lagi memiliki kesempatan berjalan dilatar belakang dan mengunakan sumber daya perangkat tanpa sepengatahuan, selain itu nama aplikasi pun akan hilang dari halaman home screen ponsel android xiaomi anda.
Sebenarnya ada banyak cara untuk menghapus bloatware di perangkat android, ada yang harus melakukan root terlebih dahulu, bahkan banyak yang harus menggunakan bantuan aplikasi pihak ke 3. Cara penghapusan pun bisa dilakukan melalui perangkat hp android yang bersangkutan maupun melalui perangkat komputer atau PC.
Cara di atas merupakan salah satu alternatif untuk menghilangkan aplikasi bloatware atau aplikasi bawaan yang tidak berguna di hp xiaomi anda, dengan cara di atas anda tidak perlu melakukan root dan tidak menggunakan bantuan aplikasi pihak ke 3.
Demikian mengena cara menghapus aplikasi bawaan (bloatware) di hp android xiaomi tanpa root dan tanpa bantuan aplikasi pihak ke 3, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon