Saturday, 6 October 2018

Mengenal Apa itu USB OTG android dan apa fungsinya ?

Blogiseng.web.id - Mengenal Apa itu USB OTG android dan apa fungsinya ?- Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa semakin hari teknologi android terus mengalami perkembangan dengan cepat, selain sistem android hardware pendukung sistem juga terus ikut berkembang, sehingga perangkat android mampu menjadi salah satu smartphone yang benar-benar mampu menjadi perangkat portable dengan banyak fungsi dan bisa diintegrasikan dengan hardware lainnya secara mudah.
Baru-baru ini saya dikenalkan dengan teknologi smartphone yang boleh dibilang belum terlalu lama populer, teknologi tersebut adalah USB OTG, setidaknya mungkin anda pernah mendengar istilah tersebut, kalo saya sih benar-benar baru mengenalnya, jadi untuk bahan referensi saya pribadi dan juga para pengunjung blog ini saya sajikan dalam sebuah artikel sederhana.
usb otg logo di android

Memang awalnya sempat bingung mengenai USB OTG, setelah mencari tau lewat beberapa referensi online akhirnya saya tau apa itu USB OTG dan apa fungsinya!. USB OTG (On the go)  merupakan teknologi USB dengan standar khusus yang memungkinkan perangkat smartphone dapat diintegrasikan atau dihubungkan ke perangkat digital lainnya tanpa harus menggunakan media PC.
Seperti misalnya pengguna android yang ingin menyimpan file ke hardisk atau membaca file dari hardisk ekternal atau flashdisk, tidak lagi perlu bantuan komputer pc atau laptop, cukup dengan menghubungkan kedua perangat tersebut melalui usb otg, maka anda bisa melakukannya transfer file secara langsung tanpa perlu bantuan komputer lainnya.
Contoh di atas hanyalah salah satu contoh sederhana dari fungsi usb otg, pada kenyataannya banyak sekali fungsi usb otg yang cukup bermanfaat serta memudahkan para pengguna smartphone.

Cara Menggunakan USB OTG ?

Tidak semua smartphone support teknologi usb otg, smartphone yang bisa menggunakan USB otg adalah smartphone yang memang sudah dirancang secara khsusu yang di dalamnya sudah memiliki fitur USB otg.
Jika semartphone anda sudah dilengkapi dengan fitur USB OTG, maka smartphone anda bisa menggunakan teknologi USB OTg untuk berbegai keperluan.
Syarat yang harus dipenuhi agar smartphone bisa memanfaatkan teknologi USB OTG adalah sebagai berikut:
1. Smartphone harus sudah mendukung fitur USB OTG
Smartphone yang bisa memanfaatkan teknologi usb otg hanyalah smartphone yang didalamnya sudah dilengkapi dengan fitur USB OTG.
perangkat android yang sudah support usb otg biasanya di kemasan atau diperangkat yang bersangkutan suka dilengkapi dengan gambar di bawah ini:
Jka di kemasan atau mungkin di cashing perangkat android anda terdapat logo di atas itu artinya perangkat android anda sudah mendukung USB OTG.
Namun jika kurang yakin, untuk memastikan apakah perangkat android anda sudah support usb otg atau belum anda bisa mengeceknya langsung menggunakan tool USB OTG Checker yang bisa anda download di gogle play store.
Atau menggunakan kode rahasia xiaomi, caranya gunakan telepon lalu ketikan kode *#*#6484#*#*, lalu pada menu yang muncul anda cari dan pilih saja opsi bertuliskan ... OTG...
2. Harus menggunakan media USB OTG (Adapter)
Kabel usb otg ternyata memang berbeda dengan kabel usb pada umumnya, kabel usb otg dirancang khusus ada yang wireless (tanpa kabel) ada juga yang memiliki 2 ujung yang harus disambungkan.
kabel usb otg
kabel usb otg

Untuk memiliki kabel usb otg, anda bisa membelinya di toko-toko komputer yang harganya masih terjangkau, selain itu untuk beberapa perangkat hardware seperti misalnya hardisk ekternal dan perangkat komputer lainnya usb otg biasanya sudah include di dalamnya dengan teknologi wireless.
dual usb otg wireless
sandsk wireless usb otg

Fungsi USB OTG ?

Untuk anda yang kebetulan smartphone android nya sudah mendukung usb OTG, maka anda bisa memanfaatkan teknologi tersebut untuk mendukung kemudahan aktivitas anda.Beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan dengan dukungan usb otg adalah sebagai berikut:

1. Memainkan game android dengan joystick controler

Beberapa aplikasi android seperti aplikasi permainan, saat ini banyak juga yang sudah mendukung usb otg, sehingga permainan bisa dimainkan melalui joysitck yang langsung dihubungkan ke perangkat android.

2. Mengakses flashdisk/hardisk ekternal secara langsung dari hp android tanpa perlu PC

Fungsi berikutnya dari usb otg ini adalah memungkinkan hp android anda bisa mengakses secara langsung file-file yang terdapat di hardisk ekternal maupun flashdisk.Kita ketahui bersama sebelumnya sebelum adanya teknolgo usb otg, ketika kita ingin menyimpan / mengambil file dari penyimpanan portable, biasanya selalu menggunakan media PC komputer, namun saat ini dengan adanya teknologi usb otg ini kita tidak perlu menggunakan pc untuk urusan tersebut. bagaimana lebih praktis bukan!

3. Mengendalikan hp android dengan keyboard atau mouse komputer

Dengan adanya usb otg, maka anda bisa menghubungkannya dengan keyboard komputer atau mouse, sehingga anda bisa mengetik di hp android anda menggunakan keyboard atau mouse yang disambungkan tersebut.
 

4. Mencetak (Print) langsung dari hp android ke printer

Umumnya untuk mencetak dokomen yang tersimpan di hp android, maka anda memerlukan komputer dengan cara, memindahkan file / dokomen yang ingin dicetak kemudian menggunakan komputer tersebut baru di print ke printer.Dengan adanya teknologi USB OTG, saat ini kita bisa langsung melakukan print dokument / foto langsung dari hp android yang dihubungkan ke printer melalui usb OTG.
Wah ternyata luar biasa ya manfaaat usb otg ini, jadi kalo dilihat-lihat hp android jadi seperti komputer yang bisa dibawa kemana-mana, sepertinya kalo dilihat dari fungsi dan kegunaan usb otg, akan sangat pentng sekali dikemudian hari kita memiliki smartphone yang sudah support usb otg.
Itulah uraian singkat mengenai usb otg beserta fungsinya, semoga smarphona anda sudah mendukung usb otg agar bisa mencoba hal-hal diatas.

Backlink:



EmoticonEmoticon