Saturday, 6 October 2018

Mengenal Apa itu Recovery Mode di HP Android ?

Blogiseng.web.id - Mengenal Apa itu Recovery Mode di HP Android ? - Ketika pertama kali mencoba ngoprek hp android, ternyata ada banyak sekali istilah yang sedikit asing bagi saya, namun seiring dengan banyaknya referensi yang saya baca istilah-istilah yang berkaitan dengan sistem xiaomi terutama yang erat kaitannya dengan pemeliharaan dan perbaikan pada akhirnya sedikit bisa dipahami.Saya yakin jika anda pemula dan ingin mencoba sendiri memperbaiki atau mengatasi troubleshooting atau kerusakan di hp android yang anda gunakan, anda juga akan mendapatkan istilah-istilah asing, seperti  misalnya root, unclock bootloader, recovery TWRF, CWM dan lain sebagainya.
Tampilan Recovery Mode

Sebagian Istilah-istilah tersebut sebenarnya sudah saya jelaskan di artikel tentang apa itu mengenal apa itu root, flash, ubl, hh, break di hp android xiaomi, namun demikian untuk menambah informasi di artikel kali ini saya akan coba jelaskan apa itu Recovery di smartphone android ? dan apa fungsinya ? Anda harus mengetahui istilah recovery sebenarnya bukan hanya di hp android saja, di iphone pun juga ada, lantas apa itu recovery?
Recovery merupakan mode khusus yang umumnya tersedia di hp android yang dapat digunakan atau berfungsi untuk menanggulangi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan sistem, untuk masuk ke mode ini biasanya diakses  dengan cara khusus.
Mode recovery biasanya menyediakan menu khusus yang dapat digunakan untuk membantu anda mengatasi permasalahan-permasalahan sistem, beberapa menu khusus yang bisa dijalankan di mode recovery diantaranya adalah:

  • Wipe Data / factory data reset = Untuk mereset data Android.
  •  Install / Apply Update from sdcard = Untuk menginstall/memilih file pada SD Card, biasanya digunakan untuk update rom secara manual.
  •  Wipe cache = Untuk menghapus file-file cache sampah yang sudah tidak terpakai.
  •  Reboot system now = Untuk reboot Android.

Perbaikan apa saja yang bisa diatasi melalui Recovery Mode? 

Recovery mede bisa menjadi alternatif yang bisa anda coba ketika hp android anda mengalami kendala berkaitan dengan sistem, beberapa kendala yang bisa dicoba untuk diatasi melalui recovery mode diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Smarphone mengalami bootloop, restart terus menerus, anda bisa coba wipe atau factory reset melalui recovery.
  • Hp android anda mengalami softbreak tidak mau masuk ke menu utama.
  • Update ROM manual
  • Ingin melakukan factory reset dll.
Umumnya Recovery mode biasanya menjadi pilihan pada saat hp tidak  bisa masuk ke tampilan utama baik karena bootloop maupun break.
 

Bagaimana Cara masuk ke mode recovery di hp android ?

Penggunaan recovery di hp android sebenarnya sangatlah mudah, anda tinggal klik saja pada menu yang tersedia sesuai dengan operasi yang anda inginkan, tapi langkah pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus masuk ke halaman recovery mode terlebih dahulu.Untuk masuk ke mode recovery di hp android sebenarnya sudah saya ulas secara detail di artikel tentang cara mudah masuk dan keluar mode recovery di hp android.
Secara garis besar untuk masuk mode recovery dapat diakses dengan menekan tombol Rahasia sebagai berikut:

  • Matikan HP
  • Tekan tombol Power dan tombol Volume+ secara bersamaan dalam beberapa detik
  • Tunggu HP menyala

Anda biasanya akan masuk ke mode recovery jika di hp android anda sudah terpasang recovery bawaan dari android.
 

Tidak Semua HP Android dibekali recovery?

Sayangnya tidak semua Merk hp android dibekali recovery mode, beberapa merk hp android seri keluaran terbaru bahkan secara bawaan tidak dibekali recovery mode, ketika diakses hanya menampilkan tampilan gambar saja.
Jika ketika anda mengakses recovery mode di hp android anda, tidak muncul menu, itu artinya hp android anda memang secara bawaan sengaja tidak di pasang recovery sistem, alternatifnya anda bisa memasang custom recovery dari pihak ke 3.
Ada beberapa custom recovery yang bisa anda pasang di hp android anda agar hp android anda memiliki mode recovery, beberapa diantaranya adalah CWM / TWRP Recovery.
Dengan memasang salah satu sistem recovery tersebut, hp anda akan memiliki menu recovery yang dapat anda gunakan untuk menangani permasalahan terkait sistem android anda.


EmoticonEmoticon