Saturday, 13 October 2018

Cara Menjadikan hp android xiaomi sebagai modem internet (via wifi / usb)

Blogiseng.web.id - Ingin punya koneksi internet tanpa harus menyewa jasa layanan Internet service provider (ISP), maka salah satu solusi yang bisa digunakan saat ini adalah perangkat / hp android, karena hampir semua perangkat mobile dengan sistem operasi android sudah memiliki fitur khusus yang cukup bermanfaat untuk terhubung ke internet.
Dengan fitur tersebut selain anda bisa langsung berinternetan melalui hp tersebut, anda juga bisa menggunakan hp tersebut seperti layaknya sebuah modem internet, sehingga anda bisa menghubungkan komputer laptop atau perangkat hp android lainnya ke internet lewat perantara hp android anda, baik menggunakan media kabel USB, maupun menggunakan jaringan hotspot WIFI.
Sebenarnya ada 3 fitur yang bisa digunakan untuk menjadikan smartphone android anda sebagai modem, bisa melalui wireless /tanpa kabel (menggunakan jaringan hostspot Wifi), menggunakan bluetooth, atau bisa juga melalui media kabel data (via kabel USB).
hp android sebagai modem internet usb dan wifi
Untuk anda yang kebetulan belum mengetaui cara menjadikan hp android anda sebagai modem, maka di artikel kali ini saya akan coba uraikan bagaimana cara menjadikan hp android anda sebagai modem internet, baik melalui kabel atau melalui jaringan hotspot wifi.

Cara Menjadikan hp android sebagai modem Internet (via wifi dan usb)

Di tutorial kali ini saya menggunakan hp android xiaomi, namun jangan khawatir, caranya tidak jauh berbeda dengan hp lainnya baik itu samsung, oppo, vivo, asus, lenovo maupun merk hp android lainnya, biasanya sih hanya beda-beda sedikit saja pada sajian menu dan nama menunya.

Di artikel kali ini saya akan jelaskan bagaimana cara menjadikan hp android anda sebagai modem internet, baik melalui wifi maupun melalui kabel usb.

1. Cara menjadikan hp android xiaomi sebagai modem via Wifi

Perangkat android via wifi banyak dipilih karena lebih praktis tanpa harus menggunakan kabel data / usb, namun jika ingin menjadikan hp android sebagai modem via wifi, maka perangkat yang ingin terhubung ke internet melalui hp android anda harus memiliki perangkat wifi.

Langkah-langkah untuk menjadikan hp android anda modem internet yang bisa diakses melalui wifi adalah sebagai berikut:

a. Aktifkan hp android anda.

b. Buka menu settings / setelan / pengaturan

c. Di menu settings, Pada kelompok Wireless & Network, pilih menu personal hotspot / hotspot pribadi

d. Pada halaman personal hotspot, silahkan Aktifkan pada opsi Wifi Hotspot

e. Masih di halaman yang sama, untuk mengaktifkan password wifi hotspot anda, silahkan klik juga pada opsi Set Up Wi-Fi Hotspot, lalu silahkan masukan password wifi hotspot anda.

Dengan memberikan password pada wifi hotspot anda, maka perangkat yang ingin terkoneksi dengan wifi hotspot android anda harus mengetahui passwordnya.

Sampai langkah di atas anda sudah menjadikan hp android anda sebagai modem internet, perangkat lainnya, baik itu laptop, atau hp android lainnya bisa terhubung ke internet melalui jaringan hotspot hp android anda.


2. Menjadikan HP Android xiaomi sebagai modem internet melalui USB.

Jika perangkat yang ingin terhubung ke internet seperti komputer atau laptop tidak memiliki jaringan wifi, maka anda bisa menggunakan kabel USB untuk menghubungkan komputer atau laptop anda ke internet melalui perangkat android anda.

Langkah-langkah untuk menjadikan hp android xiaomi sebagai modem internet melalui kabel USB adalah sebagai berikut:

1. Hubungkan hp android anda ke komputer melalui kabel USB

2. Buka hp android anda

3. Pilih menu settings / setelan / pengaturan

4. Pada halaman settings  pada kelompok wireless & network, milih menu more...

5. Pada halaman more..., silahkan aktifkan opsi USB Tethering.

Biasanya pada komputer akan otomatis muncul notifikasi menginstal driver yang dibutuhkan di sudut kanan bawah, tunggu proses instalasi sampai selesai.

Jika berhasil maka komputerpun akan terhubung ke jaringan internet melalui hp android anda lewat kabel USB.


Jangan lupa Pilih kartu jaringan internet anda.

Oh ya, ketika menggunakan hp android sebagai modem, khusus untuk yang memasang dual sim, pastikan anda memilih kartu jaringan yang tepat. caranya adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan hp android anda.

2. Pilih menu settings / setelan

3. Pada halaman settings / setelan, di kelompok wireless & network, silahkan pilih menuSim Cards & Mobile Networks.

4. Scroll ke bawah lalu pilih opsi internet, kemudian silahkan pilih kartu jaringan internet anda.

Oh ya pastikan juga quota anda tidak habis agar koneksi internet lancar.


Demikian artikel sederhana mengenai Cara Menjadikan hp android xiaomi sebagai modem internet (via wifi / usb),  anda bisa memilih tetering hotspot wifi, jika komputer atau laptop yang anda gunakan untuk terhubung ke internet melalui modem hp android anda terdapat wireless, namun anda juga bisa menggunakan kabel data sebagai alternatif jika komputer tidak memiliki jaringan wireless.

Bagaimana cukup mudah bukan, jadi apapun hp anda untuk menjadikan hp android sebagai modem, tugas anda adalah mengaktifkan mode tethering hotspot yang terdapat di hp android anda, jika anda ingin menjadikan hp modem melalui wifi.
Walaupun penyajian menu tersebut di beberapa merk hp android seperti lenovo, asus, oppo, vivo samsung  sedikit berbeda, namun biasanya menu tersebut ada dipengaturan. silahkan obok-obok saja halaman settings untuk menemukan menu tersebut.


EmoticonEmoticon