Cara Mengatasi Suara Tiba - Tiba Hilang (Tidak Ada Suara) Di Hp Android

Blogiseng.web.id - Suara hp tiba tiba hilang - Bagaimana cara mengatasi suara tiba - tiba hilang di hp android ? Tiada ada suara pada hp android merupakan suatu masalah yang sering terjadi di alami oleh pengguna smartphone berbasis android tersebut. Tentu kita akan merasa jengkel apabila hilangnya suara terjadi pada ponsel android yang kita miliki karena akan mengakibatkan notifikasi seperti nada sms dan panggilan masuk tidak terdengar, tidak ada suara dari musik yang sedang diputar serta suara menghilang saat kita memutar video. Tidak heran jika masalah suara hp android menghilang tersebut akan menjadikan pekerjaan dan aktivitas kita terhambat.

Masalah suara hp android tiba - tiba tidak muncul tersebut memang sering terjadi secara mendadak. Dan mungkin kita tidak menyadari penyebab ponsel android yang kita miliki itu mendadak tidak mengeluarkan bunyi atau suara. Lalu bagaimana solusi untuk memperbaiki speaker android tidak ada suara tersebut ? Namun sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara mengatasi hp android tidak bisa bunyi ini alangkah lebih baiknya kita mengingat - ingat terlebih dahulu apakah sebelumnya smartphone yang kita miliki tersebut pernah melakukan update, terjatuh, ataupun masuk air yang membuat suara speaker tidak terdengar di hp android tersebut.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba berbagi tips apabila kita menghadapi masalah hp android tidak dapat mengeluarkan suara tersebut. Jadi apabila ponsel android tidak dapat mengeluarkan bunyi atau suara meskipun volume sudah maksimal, kita jangan cepat - cepat mengambil tindakan yang gegabah. Disini kami akan mencoba memberikan tips mengenai smartphone android yang sedang mengalami error atau rusak tidak dapat mengeluarkan suara tersebut. Mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi hp android tidak bisa bunyi tersebut di bawah ini.
cara mengatasi suara hp android tiba tiba hilang
Munculnya masalah suara hp android yang mendadak hilang ini sering kali terjadi setelah kita melakukan upgrade Android OS, memasang aplikasi suara yang menimbulkan ketidakcocokan dengan aplikasi bawaan (bloatware), memasangkannya dengan bluetooth, memasang aplikasi yang bukan di unduh dari play store atau mungkin karena telah terjatuh tanpa disengaja. Untuk itu mari coba lakukan beberapa langkah dibawah ini untuk memastikan dan memperbaiki hp android yang tidak bisa bunyi tersebut.

Cara Memperbaiki Tidak Ada Suara Di Hp Android


1. Pastikan volume suara pada pengaturan penuh
hp android tidak ada suara

Untuk memeriksa volume suara hp android sudah maksimal atau belum, dapat kita lakukan dengan cara :
  • Tekan tombol volume up dan volume down.
    Atau dapat juga dengan masuk ke Setting >> Sound. 
  • Setelah itu atur suara sesuai pengaturan fitur dari Android OS yang terpasang. Setiap Android OS dan produk Android entah itu dari Samsung, Lenovo, LG, Xiaomi, Nexus, Sony, Nokia, Cross, Advan dan yang lainnya memiliki fitur dan pengaturan yang berbeda untuk mengatur nada ringtone dan suara.

2. Matikan lalu reboot


Langkah termudah untuk mengatasi tidak ada suara di hp android adalah dengan merestart smartphone android tersebut. Kita dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut :
  • Pertama - tama matikan hp android yang sedang mengalami masalah suara hilang mendadak tersebut.
  • Kemudian cabut SIM card, memori eksternal Micro SD dan baterai. 
  • Biarkan selama beberapa detik agar motherboard tidak menerima energi dari baterai. 
  • Setelah itu pasangkan kembali dan hidupkan hp android kita tersebut.

3. Cek kondisi speaker
hp android tidak bunyi

Untuk memastikan kondisi speaker hp android yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan mencoba memasangkan headphone pada perangkat android tersebut. Apabila dengan menggunakan headphone terdengar suara dari smartphone tersebut akan tetapi pada mode loadspeaker hp android tidak ada suara / bunyi, maka dapat dipastikan jika terdapat kerusakan pada speaker hp android milik kita.

4. Clear cache


Bersihkan cache menggunakan clean master atau lakukan wipe pada cache partisi dengan cara masuk ke recovery mode.

5. Suara hp android tiba - tiba hilang setelah menghubungkan musik via bluetooth


Apabila masalah yang terjadi disini, suara hp android tiba - tiba tidak muncul setelah kita menghubungkan musik dari perangkat android ke speaker bluetooth maka untuk mengatasi tidak ada suara di speaker hp android adalah dengan cara :
  • Disable bluetooth dan jangan aktifkan fitur OK Google

6. Hp android mendadak tidak mengeluarkan suara setelah di root


Apabila ponsel android tidak ada suara setelah kita melakukan root atau setelah di upgrade. Maka dapat dipastikan bahwa stock ROM yang tidak cocok dengan hardware hp android yang kita miliki. Oleh karena itu untuk mengembalikan suara hp android yang hilang tersebut, kita perlu untuk :
  • Lakukan unroot dan downgrade kembali

7. Factory reset


Apabila dengan melakukan beberapa cara diatas namun belum dapat mengatasi masalah volume media tidak ada suara di hp android maka kita perlu untuk melakukan factory reset. Hal ini dikarenakan factory reset memiliki fungsi yang salah satunya adalah untuk memperbaiki system yang memang telah terjadi kerusakan.

8. Periksa kondisi speaker hp android


Membongkar hp android untuk memastikan kondisi speaker mungkin adalah langkah terakhir yang perlu untuk kita lakukan ketika dari semua cara diatas masih saja belum memberikan solusi akan hp android yang tidak bisa mengeluarkan bunyi tersebut. Beberapa hal yang perlu untuk kita pastikan adalah sebagai berikut :
  • Perhatikan kuningan speaker apakah bergeser atau patah. 
  • Dan jika kuningan masih bagus bisa jadi speaker itu sendiri sudah rusak maka kita harus menggantinya. 

note !!
  • Perlu untuk anda ketahui bahwa cara yang terakhir ini tidak kami rekomendasikan kepada anda yang belum berpengalaman dalam membongkar atau mengotak ngatik smartphone. Oleh karena itu mungkin kita dapat membawanya langsung ketempat servis smartphone terpercaya di kota anda.


Demikian postingan kami kali ini yang baru saja mengulas tentang cara mengatasi suara hp android tidak ada tersebut. Semoga cara diatas dapat memberikan kita manfaat dan sebelum kita melakukan factory reset maupun recovery mode alangkah lebih baiknya jika kita melakukan backup data terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari hilangnya data yang ada pada smartphone android kita pada saat mencoba melakukan perbaikan hilangnya suara di hp android tersebut, sekian dan terima kasih ..

Post a Comment for "Cara Mengatasi Suara Tiba - Tiba Hilang (Tidak Ada Suara) Di Hp Android"