Saturday, 6 October 2018

4 Cara Menghidupkan HP Android Tanpa menekan tombol Power

Blogiseng.web.id - Ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk menghidupkan hp ketika tombol power rusak dan tidak berfungsi, anda bisa coba langkah-langkah di artikel kali ini semoga berfungsi dengan baik.
Kita bisa saksikan saat ini bahwa teknologi smartphone dari hari ke hari semakin berkembang saja, selain sistem softwarenya desainnya juga terus menyesuaikan dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan pengguna.
Memang desain hp saat ini jauh berbeda dengan desain hp di masa lalu, misalnya bisa kita lihat dari sisi desain luarnya,saat ini hampir semua pabrikan hp menyajikan desain layar lebar tanpa tombol keyboard, bahkan hanya beberapa tombol saja  yang masih dipertahankan sampai saat ini, seperti misalnya tombol volume up, tombol volume down, tombol power, tombol home, dan beberapa tombol lainnya.
Menghidupkan hp tanpa tombol power karena rusak
Sayangnya tombol-tombol yang terdapat di hp android tersebut untuk beberapa kasus terkadang tidak luput dari kerusakan, seperti misalnya karena terbentur, sering sekali ditekan secara paksa atau penyebab lainnya.
Kasus tersebut sempat terjadi pada salah satu hp android saya, karena hp sering digunakan oleh sepupu saya sampai dayanya habis, maka hp sering sekali dinyalakan ulang, akhirnya tombol power hp tersebut lambat laun rusak dan sulit sekali digunakan untuk dinyalakan HP.
Dan setelah dicek di bagian dalamnya ternyata tombol power hp tersebut retak, sehingga tidak bisa digunakan untuk menyalakan atau mematikan hp. namun  setelah mencari beberapa referensi  ternyata ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menyalakan hp tanpa harus menekan tombol power.

Cara Menghidupkan HP Android Tanpa menekan tombol Power

Untuk anda yang kesulitan menyalakan hp karena tombol power hp android anda rusak maka anda bisa mencoba beberapa cara yang akan saya uraikan di bawah in:

1. Tekan tombol power dengan menggunakan benda lain

Salah satu penyebab tombol power tidak bisa ditekan oleh jari, bisa saja tombol tersebut retak sehingga tidak  tertekan sempurna oleh tombol penekan.Jika cashing hp android anda bisa dibongkar pasang, anda bisa coba membuka casing tersebut, lalu tekan tombol power menggunakan benda kecil. untuk beberapa kasus cara ini bisa berfungsi dengan baik.

2. Tekan tombol Alternatif untuk menyalakan hp android anda

Ternyata beberapa tombol yang terdapat di hp android anda jika dikombinasikan ada yang berfungsi layaknya tombol power yang bisa digunakan untuk menyalakan hp.Cara yang bisa and coba adalah menekan kombinasi tombol yang terdapat di hp android anda, tapi anda harus memastikan bahwa power yang terdapat di hp android anda.
Beberapa kombinasi tombol yang bisa anda gunakan untuk menyalakan hp android anda selain tombol power diantaranya adalah sebagai berikut:

a.Menggunakan tombol Volume dan tombol Home
Caranya, Tekan tombol Volume atas dan volume secara bersamaan, selanjutnya tanpa melepas tombol volume atas dan bawah lalu hubungkan ponsel ke PC menggunakan kabel USB, setelah itu lanjutkan dengan menekan tombol home, tunggu beberapa saat hingga hp menyala.
Lepaskan ketiga tombol yang ditekan, pada menu yang muncul anda bisa memilih menggunakan volume atas atau bawah, silahkan pilih Turnon atau restart.
b. Menekan tombol volume saja.
Khusus untuk hp yang kebetulan tidak dilengkapi dengan tombol Home. Tekan tombol volume atas bawah secara bersamaan, lalu sambil menekan ke dua tombol volume hubungkan hp ke pc menggunakan kabel USB, tunggu hingga muncul menu, lalu setelah menu muncul pilih saja start / restart / turn on.

3. Menghubungkan hp ke PC

cara ini pernah dicoba oleh teman saya yang kebetulan menggunakan hp samsung s3 mini dan berfungsi dengan baik, anda pun bisa mencobanya siapa tau bisa berfungsi, teman saya tau cara ini katanya sumbernya dari internet, caranya adalah menghubungkan hp android ke komputer melalui kabel USB, sampai daya terisi sedikit, lalu cabut kabel usb dari komputer. HP pun akan melakukan restart sendiri dan menyala.

4. Menggunakan Power Bank.

Ini khusus untuk anda yang hp androidnya cashing dan baterainya bisa dibongkar pasang, cara ini bisa anda gunakan sebagai alternatif untuk menghidupkan hp android anda yang tombol powernya rusak.Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
a. Buka cashing hp android anda.
b. Hubungkan Power bank ke HP Android anda.
b. Tunggu hingga hp menyala dan daya mengisi, pastikan daya sudah cukup terisi.
c. Dalam keadaan hp yang masih terhubung ke power bank, cabut paksa baterai lalu pasang kembali, dengan cara ini hp ternyata bisa menyala kembali.
Cara ini memang cukup ampuh namun saya pribadi belum tau efek sampingnya, ya daripada hp mati tidak bisa dihidupkan, anda bisa coba cara ini, dan pastikan hp tetap menyala.
Itulah beberapa cara yang bisa anda coba untuk menghidupkan hp android anda yang tombol powernya rusak, cara tersebut belum tentu berfungsi untuk hp android anda, tapi tidak ada salahnya jika dicoba, semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon