Wednesday, 10 October 2018

2 Penyebab Notifikasi Whatsapp (WA) tidak muncul di hp xiaomi

Blogiseng.web.id - 2 Penyebab Notifikasi pesan masuk Whatsapp (WA) tidak muncul / tidak keluar di hp android XiaomiWhatsapp atau lebih dikenal dengan sebutan wa saat ini mampu menjadi salah satu aplikasi messangger / aplikasi chating yang sangat populer di dunia, karena kepopulerannya hampir semua pengguna android pasti memasang aplikasi WA di smartphone android miliknya.
Whatsapp banyak dipilih dikarenakan aplikasi ini merupakan aplikasi gratis yang benar-benar kaya akan fitur selain itu aplikasi ini mudah sekali digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun, walaupun tampilannya sangat sederhana, aplikasi ini tetap terlihat sangat profesional.
Seperti aplikasi chating pada umumnya, setiap pengguna menerima pesan whatsapp, maka whatsapp akan memunculkan notifikasi di bagian header panel peragkat android yang digunakan, dengan munculnya notifikasi tersebut pesan akan mudah diketahui oleh pengguna, pengguna bisa langsung mengeceknya dengan cara melakukan tap pada notifikasi tersebut.
Mengaktifkan notifikasi whatsapp agar muncul
Lantas bagaimana jika pesan notifikasi tidak ada ?

Masalah tidak munculnya pesan pada whatsapp banyak dialami oleh hampir semua merk hp android,  salah satunya pada pengguna hp xiaomi, setiap whatsapp menerima pesan notifikasi tidak mau keluar secara otomatis.
Daftar notifikasi pesan masuk baru diketahui jika si pengguna membuka aplikasi whatsapp, alhasil pengguna terkadang tidak mengetahui apakah ada pesan masuk yang diterima atau tidak.
Sebenarnya ini bukan hanya untuk pengguna hp xiaomi saja, namun bisa juga terjadi pada pengguna hp android lainnya seperti samsung, vivo, andromax, lenovo, oppo, asus dan merk hp lainnya.
Penyebab tidak munculnya pesan notifikasi whatsapp kemungkinan  ada 2 yaitu:
  1. Pengaturan Notifikasi di aplikasi Whatsapp dalam keadaan mati / non-aktif
  2. Pengaturan Notifikasi untuk aplikasi whatsapp di sistem android dalam keadaan mati / non-aktif.

Kedua penyebab di atas bisa terjadi pada perangkat android anda bisa karena anda tidak sengaja menonaktifkannya, atau mungkin ada orang lain yang mengotak-atik perangkat android anda yang tanpa sepengathuan anda mematikan notifikasi untuk whatsapp.

Solusi untuk mengaktifkan notifikasi whatsapp agar muncul kembali

Solusi agar notifikasi whatsapp bisa muncul kembali secara normal, maka anda harus mengaktifkan kembali pengaturan notifikasi baik di aplikasi whatsaap dan juga pengaturan notifikasi di sistem android smartphone anda.

Langkah-langkah untuk menonaktifkan notifikasi whatsapp di smartphone android xiaomi adalah sebagai berikut:

Langkah #1: Aktifkan Notifikasi Untuk Whatsapp di pengaturan sistem android anda

Penyenan tidak munculnya pesan whatsapp di hp android anda, kemungkinan besar karena pengaturan notifikasi / pemberitahuan untuk whatsapp di sistem andaroid anda dalam keadaan aktif. jika ini terjadi maka notifikasi whatssapp tidak akan keluar walaupun pengaturan notifikasi di aplikasi whatsapp dalam keadaan aktif.

Langkah-langkah untuk mengaktifkan notifikasi whatsapp di sistem android adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan hp xiaomi anda.

2. Buka menu setelan / settings

3. Pilih menu Notifikasi & Bar status > Notifikasi Aplikasi

4. Pada halaman notifikasi aplikasi, silahkan cari dan pilih aplikasi WhatsApp

6. Pada halaman berikutnya, pastikan opsi Tampil Notifikasi / show notification dalam keadaan aktif.


Untuk beberapa merk ponsel android selain xiaomi, anda juga bisa mengaktifkannya melalui menu:
Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Semua » Cari “WhatsApp” » Kemudian tap “Kelola Pemberitahuan”

Pastikan izin pemberitahuan dalam keadaan aktif.

Langkah #2: Aktifkan Notifikasi di pengaturan Whatsapp

Langkah kedua setelah anda mengaktifkan notifikasi untuk aplikasi whatsapp di sistem android anda adalah mengaktifkan notifikasi di pengaturan aplikasi whatsapp yang bersangkutan.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi whatsapp di hp android xiaomi anda.
Ini berlaku untuk hapir semua merk hp android, baik itu xiaomi, assus, samsung, lenovo dll

2. Pada aplikasi whatsapp, klik tombol titik 3 di pojok kanan atas, kemudian pilih menu Setelan

3. Pada halaman pengaturan atau setelan, pilih Menu Notifikasi
Pastikan Nada percakapan dalam keadaan aktif, kemudian pada Opsi Nada getar, dan nada notifikasi untuk norifikasi pesan dan notifikasi group terseting dengan baik.

Kurang lebih pengaturannya harus terlihat seperti gambar di bawah ini:


Umumnya notifikasi whatsapp tidak keluar dikarenakan pengaturan notifikasi di sistem android untuk whatsapp dalam keadaan mati. namun tidak jarang juga karena pengaturan whatsapp tidak terseting dengan baik.

Agar notifikasi whatsapp normal, maka anda harus memastikan pengaturan notifikasi / pemberitahuan baik di whatsapp maupun di sistem android dalam keadaan aktif.

Demikian mengenai 2 Penyebab Notifikasi Whatsapp (WA) tidak muncul di hp xiaomi, semoga membantu.


EmoticonEmoticon