Sunday, 25 November 2018

Tips Sebelum Membeli HP Xiaomi agar anda tidak dirugikan

Blogiseng.web.id - Kali ini bincang android ingin memberikan Tips Sebelum Membeli HP Xiaomi agar anda tidak dirugikan, Belakangan ini di indonesia hp xiami banyak yang mengidolakan terutama anak muda, bukan tanpa alasan, penyebabnya adalah merk ponsel yang satu ini memiliki spesifikasi tinggi namun harganya  relatif cukup murah jika dibandingkan dengan merk hp lainnya yang memiliki spesifikasi serupa, selain itu ponsel xiaomi memiliki daya tarik tersendiri sebagai hp yang cukup elegan dan tidak kampungan.
Di negeri asalnya tiongkok, tingkat penjualan merk hp yang satu ini sempat mengalahkan samsung sang raja pasaran pada waktu itu. Dikarenakan fiturnya penuh dengan inovasi baik dari desain maupun UI, bahkan saat ini banyak orang yang menjuluki ponsel xiaomi sebagai iphone dari negeri tirai bambu.
Tips sebelum membeli ponsel xiaomi
Hal tersebut bisa jadi alasan anda tertarik dengan ponsel xiaomi dan ingin memilikinya, untuk anda yang sudah cukup banyak mendapatkan informasi mengenai ponsel xiaomi ini tentu tidak akan susah untuk mendapatkan ponsel xiaomi yang benar-benar berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan, namun untuk anda yang masih awam mengenai xiaomi, terutama xiaomi yang beredar di pasaran indonesia, tidak sedikit yang kecewa setelah memilikinya, dikarenakan hp yang diinginkannya ternyata memiliki banyak kendala walaupun spesifikasinya cocok.
Memang memilih hp xiaomi di indonesia gampang-gampang susah, jika anda kurang informasi bisa jadi anda mendapatkan merk xiaomi abal-abal yang banyak memiliki kendala, dan ini memang sudah banyak terjadi pada penggemar xiaomi yang tidak terlalu tau dengan seluk beluk hp xiaomi, akhirnya mereka merasa dirugikan karena hp xiaomi yang mereka beli banyak sekali terdapat kekurangan walaupun dari spesifikasi sesuai.
Oleh karena itu diartikel kali ini saya ingin berbagi informasi kepada pembaca, terutama yang menggemari xiaomi dan ingin memutuskan untuk membelinya, agar anda bisa mendapatkan ponsel xiaomi dengan spesifikasi yang sesuai dan performa yang maksimal, sehingga anda tidak merasa dirugikan
Untuk anda yang memutuskan ingin membeli hp xiaomi, barangkali iformasi di bawah ini bisa menjadi bahan pertimbangan ketika memilih ponsel xiaomi yang ingin anda berli.

1. Pilih Versi & Spesifikasi Xiaomi Yang paling cocok

Informasi yang pertama yang harus anda ketahui adalah mengenai versi dan spesifikasi, karena xiaomi memiliki banyak versi dan juga beragam spesifikasi, maka pastikan anda memilih versi xiaomi dengan spesifikasi sesuai dengan yang anda inginkan, kalo menurut saya sih jika anda cukup memiliki anggaran pilih saja merk hp xiaomi dengan spesifikasi yang cocok untuk saat ini, setidaknya hp xiaomi anda support sinyal 4G, karena tahun ini kemungkinan 4G akan menjadi alternatif terbaik untuk jaringan internet.
Untuk mendapatkan informasi harga, versi dan spesifikasi umum tentang ponsel xiaomi, anda bisa mencoba mencari merk ponsel tersebut di situs-situs market place, seperti bukalapak.com, tokopedia.com dan situs market place lainnya. sedangkan untuk mendapatkan informasi spesifikasi yang cukup detail anda bisa melihatnya di situs gmsarena.com, disitus tersebut anda akan mendapatkan informasi pesifikasi yang sangat detail, bahkan anda bisa membandingkan spesifikasi hp yang 1 dengan hp lainnya secara mudah. sehingga anda bisa mendapatkan informasi ponsel yang paling cocok untuk anda.
Bukan hanya itu di situs GMSarena anda bisa membaca testimoni dari pengguna dalam negeri dan luar negeri mengenai ponsel yang dimasud, itu bisa menjadi pertimbangan anda sebelum memilihnya.

2. Pilih Xiaomi yang memiliki Garansi Resmi

Jika anda menemukan banyak pilihan xiaomi, terkait garansi, maka pastikan untuk memilih garansi resmi, bukan garansi ditributor, produk xiaomi yang memiliki garansi resmi biasanya memiliki jaminan produk yang benar-benar berkualitas, namun xiaomi yang memiliki garansi resmi sangat susah sekali, hanya beberapa saja dan spesifikasi produk yang ditawarkan belum tentu cocok dengan apa yang anda cari.

Tapi ini sifatnya bukan keharusan, anda juga bisa memilih produk xiaomi dengan garansi distributor, namun dapat dipercaya, oleh karena jika anda ingin membeli secara online di marketplace seperti bukalapak,com atau tokopedia, maka salah satu yang harus anda perhatikan adalah garansi, sukur-sukur anda mendapakan produk dengan garansi resmi. jika garansi distributor maka anda wajib melihat feedbak dari para pelanggan untuk produk tersebut.
 

3.Pastikan memilih Xiaomi dengan ROM Global Official

Perlu anda ketahui bahwa merk ponsel xiaomi yang beredar di pasaran indonesia memiliki bermacam-macam versi rom / firmware meliput:
  1. Xiaomi dengan ROM Global official (rekomended sekali, 100% original)
  2. Xiaomi dengan ROM Cina Official (100% original, namun tidak ada pilihan bahasa indonesia dan belum terinstal aplikasi bawaan google seperti playstore dll)
  3. Xiaomi dengan ROM  Developer Cina (khusus pengembang, bisa juga anda pilih, biasanya akan mendapatkan update aplikasi terbaru paling cepat (1 minggu sekali))
  4. Xiami dengan ROM Distributor Abal-abal alias modifikasi (Xiami dengan Rom versi ini memiliki banyak sekali kekurangan, tidak disarankan), informasi detail, 

Rom Xiaomi memang tidak semuanya original, ada banyak sekali xiaomi yang romnya sudah dimodifikasi atau sering disebut dengan xiaomi dengan rom abal-abal /kutukan, oleh karena itu yang harus anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli ponsel xiaomi adalah ROM yang dimilikinya.

Pastikan anda memilih Xiaomi dengan ROM Global official, xiaomi dengan rom global official adalah xiaomi yang diperuntukan untuk pasar international termasuk indonesia, jadi di dalamnya sudah terdapat pilihan bahasa indonesia dan sudah terinstal google playstore dan aplikasi google lainnya yang sangat dibutuhkan, praktis tinggal pakai.

Jika anda memutuskan untuk membeli secara online di situs market place, maka versi rom wajib anda perhatikan, jika tidak di informasikan di detail barang, maka anda bisa chat langsung dengan penjualnya terkait romnya apakah Global official (asli) atau Rom modifikasi, jika rom nya global, ini bisa menjadi pertimbangan anda untuk membelinya.

4. Ketahui Testimoni Pengguna

Yang berikutnya sebelum membeli produk adalah mengenai testimoni dari pengguna, tujuannya adalah agar anda dapat mengetahui kelebihan serta kekurangan produk yang ingin anda beli, sehingga anda akan puas dengan produk tersebut.

Memang tidak mudah mendapatkan testimoni pengguna, apalagi versi xiaomi yang ingin anda beli adalah keluaran terbaru, namun sebagai alternatif untuk mencari tau testimoni dari pengguna anda bisa mencarinya di komentar pada situs gmsarena.com, pada sistus tersebut selain anda bisa mendapatkan informasi produk yang anda beli terkadang anda juga bisa melihat komentar-komentar dari seluruh dunia yang terkadang mereka ngeshare informasi kelebihan dan kekurangan produk tersebut.

5. Pilih Penjual yang memiliki Feedback yang baik dari pelanggannya

Ini khusus untuk yang memilih membeli secara online seprti di situs tokopedia.com, atau bukalapak.com. ada banyak sekali penjual yang menjual produk yang anda cari, tentunya dengan harga yang beranekaragam.Yang perlu anda perhatikan selain memilih harga yang murah adalah memilih penjual yang sudah memiliki reputasi baik, terutama feedback dan rating yang baik dari pelanggannya.

Informasi tersebut sangat mudah dilihat dan tersedia di setiap marketplace untuk setiap produk, setelah anda mendapatkan produk dengan garansi yang cocok, rom xiaomi yang baik dan testomi pengguna yang baik untuk produk yang akan anda beli selanjutnya adalah ketahui 3 point penting yang perlu anda amati dari produk tersebut di halaman situs marketplace, meliputi:
  • Jumlah produk terjual (pilih produk yang sudah memiliki banyak transaksi penjualan)
  • Feedback (pilih produk yang memiliki banyak feedback positif dari pelanggannya)
  • Rating ( pilih produk yang memiliki rating yang baik, minimal yang memiliki rating bintang 4)
  • Keaktifkan penjual, lihat kapan penjual online, pastikan dia sering online misalnya beberapa jam yang lalu, tinggalkan ketika aktivitas online penjual sudah sangat lama, misalkan aktif setahun yang lalu 

Pilih mana Beli hp xiaomi Secara Offline atau Online

Tertangung selera, kalo saya sih lebih suka beli online, memang saya sering melakukan transaksi online di marketplace seperti di tokopedia.com atau bukalapak.com, karena ada banyak pilihan produk dengan promosi bermacam-macam dan harga juga bermacam-macam.
Selain itu di kedua marketplace tersebut transaksi cukup aman, karena uang yang anda serahkan tidak langsung ke si penjualnya, melainkan ke rekening bersama yang dikelola marketplace tersebut.
Uang akan diserahkan ke si penjual oleh pengelola rekening bersama  jika anda sudah melakukan confirmasi barang sudah diterima. complain juga sangat mudah kok,, kebanyakan penjual online di marketplace, profesional dan tdak ingin mengecewakan pelangannya, jika tidak reputasinya akan buruk.

Itulah beberapa informasi penting yang harus anda ketahui sebelum membeli hp xiaomi terutama yang ingin memutuskan untuk membelinya secara online, informasi di atas bisa menjadi pertimbangan anda, apakah sebuah produk layak untuk dibeli atau tidak, sehingga anda mendapatkan produk yang berkualitas dan memuasakan. semoga membantu.


EmoticonEmoticon