Saturday, 24 November 2018

Cara Mengaktifkan 4G di Xiaomi redmi note 4 yang hilang (tidak aktif)

Blogiseng.web.id - Xiaomi Redmi note 4 adalah variant baru dari produk xiaomi yang sudah mendukung signal 4g, tapi sayangnya walaupun sebenarnya sudah mendukung signal 4g, untuk beberapa jenis ROM signal 4G pada ponsel xiami redmi note 4 tidak dapat terdeteksi dan tidak mau aktif, seperti misalnya pada xiaomi redmi note 4 dengan rom cina official, sinyal seolah-olah menghilang, walaupun area sudah support signal 4G dan kartu yang digunakanpun sudah 4G.
Permasalahan di atas kemungkinan besar dikarenakan signal 4G di hp xiaomi anda di-lock (dikunci) oleh perusahaan xiaomi itu sendiri, sengaja agar tidak aktif, sehingga mereka tetap bisa memasarkan produknya di indonesia, karena kita ketahui  bersama, saat ini di indonesia ada peraturan pemerintah yang  menyatakan bahwa setiap ponsel 4G yang dipasarkan di indonesia harus memiliki kandungan unsur dalam negeri sebanyak 30%.
Cara setting mengaktifkan 4g di hp xiaomi
Tujuan pemerintah mengeluarkan peraturan tersebut adalah agar indonesia bukan hanya dijadikan target pemasaran saja, namun diharapkan dapat digunakan sebagai lahan untuk berinvestasi, mengembangkan perangkat hardware dan software indonesia, serta mereka bisa membangun pabrik cabang diindonesia, sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan untuk warga negara indonesia.
Jadi jangan heran, walaupun hp xiaomi anda sudah support 4G serta sudah menggunakan kartu khusus 4G, namun masih tidak bisa menangkap sinyal 4G, penyebabnya kemungkinan besar 4G pada hp xiami anda dalam keadaan di lock, sehingga ponsel tidak mau menangkap sinyal 4G yang ada, (ini sering terjadi pada xiaomi dengan ROM Cina official), salah satu cara untuk mengaktifkan 4G pada hp xiaomi adalah dengan membuka penguncian tersebut.



Baca Juga:

Cara Mudah Menyembunyikan vedeo, foto, album , file / dikumen di hp xiaomi miui 7 & 8




Cara Mengaktifkan 4G di Xiaomi redmi note 4 yang dilock

Tapi ada kabar baik, bahwa untuk hp xiaomi yang sudah support 4G seperti xiaomi redmi 3 pro, xiaomi redmi not 4 dan merk ponsel xiaomi lainnya yang sudah mendukung 4G namun masih belum bisa mengaktifkan sinyal 4G pada ponselnya, salah satu caranya adalah menyeting pengaturan simcard pada hp xiami anda, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:1. Masuk ke menu pengaturan / Settings
2. Pada halaman pengaturan, secroll ke bawah, kemudian pilih menu tentang ponsel / about ponsel
3. Pada halaman tentang ponsel, cari menu internal memory, kemudian klik/tap sebanyak 5 kali, sampai keluar halaman Tes, terlihat seperti gambar di bawah ini
4 Cari dan klik pilihan di bawah teks yang bertuliskan "Setel jenis jaringan yang disukai", seperti gambar di bawah ini:
mengaktifkan 4g di ponsel xiaomi

 kemudian pilih salah satu pilihan yang tersedia, untuk mengaktifkan 4G anda harus memilih pilihan yang mengandung tulisan LTE. beberapa diantaranya seperti di bawah ini:
  • LTE Only (jika memilih cara ini maka hanya jaringan 4g saja yang akan terdeteksi, cocok untuk area yang 4G nya bagus)
  • LTE/WCDMA auto (PRL), (Jika jaringan 4G tidak ada maka akan dialihkan ke jaringan cdma secara otomatis, sangat direkomendasikan jika di area tempat anda jaringan 4G belum stabil)
  • LTE/GSM/CDMA Auto (PRL) (Jika jaringan 4G tidak ada akan dialihkan ke jaringan GSM atau CDMA secara otomatis)
  • dll...
Pilih saja salah satu, kalau saya sendiri sih memilih LTE only, karena kebetulan di area saya 4G cukup bagus dan dapat terdeteksi dengan baik. silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan anda. Pada saat memilih pilihan, maka sinyal biasanya akan hilang lalu muncul lagi, tidak usah khawatir karena itu sedang proses pencarian sinya, jika berhasil maka sinyal 4G akan muncul dan terdeteksi.
5. Langkah berikutnya, kembali ke halaman pengaturan, kemudian pilih Menu Kartu SIM & Jaringan Seluler, kemudian pada bagian setelah kartu sim klik kartu 4G anda, untuk masuk ke halaman setelan kartu SIM.
6. Pada halaman setelah kartu SIM, silahkan pilih menu jaringan prioritas >, di halaman jaringan prioritas untuk xiaomi versi redmi note 4 dengan pengaturan di atas biasanya akan muncul 3 pilihan menu yaitu:

  • Priotitas LTE
  • Prioritas 3G
  • 2G (hemat baterai)
Agar 4G pada xiaomi anda aktif, pastikan memilih Prioritas LTE.
Sampai langkah di atas jika benar, seharsnya xiaomi anda dapat menangkap sinyal 4G, dan 4G akan aktif, tapi sayangnya setingan di atas tidak permanen, artinya jika hp di restart maka setingan akan kembali ke setingan bawaan (setingan awal), namun tenang saja karena anda bisa melakukan seting ulang setiap kali hp selesai direstart.
Kendala berikutnya adalah kemungkinan besar kartu tidak bisa digunakan untuk telepon maupun SMS, oleh karena itu pastikan anda menggunakan kartu khusus hanya untuk media internetan saja, pisahkan dengan kartu yang biasa digunakan untuk telepon sms dan keperluan lainnya.
Demikian uraian artikel tentang Cara Mengaktifkan 4G di Xiaomi redmi note 4  karena sinyal 4G hilang (tidak aktif), semoga cara di atas berhasil juga pada perangkat xiaomi anda.


EmoticonEmoticon