Solusi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka (Tidak Merespon, Gagal Login) Pada Hp Android

Blogiseng.web.id - Aplikasi tidak bisa dibuka - Bagaimana cara mengatasi aplikasi tidak bisa di buka di hp android ? Tentu diantara kita pasti pernah mengalami masalah dimana aplikasi tidak merespon, baik itu aplikasi sms / pesan, telepon sampai dengan aplikasi fb tidak bisa dibuka di hp android. Masalah tidak bisa masuk di aplikasi hp android tersebut sangatlah beragam, mulai dari gagal login saat masuk aplikasi fb maupun instagram ataupun sudah bisa masuk aplikasi tapi tiba tiba keluar sendiri. Dan yang paling parah adalah terkadang aplikasi tidak merespon lalu muncul notifikasi "maaf pesan telah berhenti".
Memang sangat beragam jika kita berbicara tentang penyebab tidak bisa masuk di aplikasi ponsel android. Namun tidak ada salahnya jika kita mengetahui terlebih dahulu kenapa aplikasi hp android seperti fb, twitter, instagram, youtube ataupun aplikasi pesan dan telepon tersebut tidak merespon jika di sentuh. Maka dari itu disini kami akan membahas mengenai penyebab dan cara memperbaiki tidak bisa masuk di aplikasi android tersebut. Dengan harapan masalah seperti aplikasi tiba tiba berhenti mendadak dan muncul pemberitahuan seperti "sayangnya com.android.settings telah berhenti" tidak kita temui kembali.


Baca Juga:

4 hal yang harus anda waspadai ketika ingin membeli hp xiaomi


Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kami Smartphone Solution akan mengulas lebih dalam masalah aplikasi smartphone android yang telah terhenti tersebut agar kita bisa melakukan perbaikan sendiri sebelum membawanya ke service center. Sebenarnya pada postingan kali ini kami lebih memfokuskan untuk mengulas tentang masalah tidak bisa masuk facebook di hp android. Meskipun demikian, solusi aplikasi fb yang tidak merespon ini juga bisa kita terapkan pada beberapa aplikasi di ponsel android. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi aplikasi facebook yang tidak bisa diakses lewat ponsel android tersebut di bawah ini.
cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di hp android

Meskipun sebuah tips sederhana, tapi tidak ada salahnya jika kita mencobanya karena tidak bisa masuk pada aplikasi hp android tentu akan sangat mengganggu aktivitas kita sehari - hari. Terlebih lagi jika kita yang hobi selalu mengupdate status di beranda fb yang kita miliki, masalah aplikasi facebook tidak merespon pasti akan membuat kita merasa jengkel. Untuk itu apabila kita menjumpai munculnya notifikasi "Unfortunatelly Force Close, Not Enough Memory, Not Responding" pada layar smartphone android yang kita miliki, ikuti langkah langkah berikut ini untuk memperbaikinya.
 

Cara mengatasi hp android tidak bisa masuk menu utama aplikasi facebook


1. Restart Smartphone
Langkah termudah yang dapat untuk kita lakukan dalam mengatasi masalah smartphone android yang tidak bisa buka aplikasi seperti facebook, instagram dan aplikasi lainnya adalah dengan melakukan restart pada perangkat android yang kita miliki. Selain mudah untuk dilakukan, langkah ini juga bertujuan untuk menyetel ponsel android dalam keadaan fresh kembali sebelum digunakan. Untuk melakukan restart hp android tersebut, dapat kita lakukan dengan langkah - langkah sebagai berikut :
  • Tekan tombol power selama beberapa detik
  • Setelah itu secara otomatis akan memunculkan beberapa opsi pada layar smartphone, pilih "restart"
  • Tunggu beberapa menit sampai proses restart selesai dilakukan. 
  • Apabila tampilan hp android telah muncul ke laman utama, coba kita buka aplikasi yang sebelumnya tidak bisa dibuka sekali lagi

2. Gunakan Fitur Clear Data dan Force Stop
cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka
Apabila cara di atas belum dapat membuat kita bisa masuk kedalam aplikasi yang ada di hp android maka coba hentikan lalu jalankan kembali aplikasi tersebut. Namun perlu untuk kita ketahui bahwa dengan langkah kedua ini membuat data yang ada pada aplikasi hp android tersebut akan hilang. Berikut langkah - langkah yang perlu kita lakukan untuk mengatasi masalah aplikasi seperti bbm hp android keluar sendiri, diantaranya :
  • Tap Setting >> Apps >> lalu cari aplikasi tersebut kemudian buka dan tap clear data atau force stop

3. Hapus Dan Install Kembali
Terkadang tidak sedikit pengguna hp android tidak bisa membuka aplikasi yang sebelumnya di install dari sebuah file apk. Jika sebuah aplikasi berbentuk file apk dan dipasang pada hp android namun setelah di install aplikasi tersebut tidak bisa dibuka maka dapat dipastikan aplikasi tersebut tidak compatible terhadap hardware maupun sistem operasi pada smartphone android yang kita miliki. Oleh karena itu untuk mengatasinya install ulang aplikasi tersebut dari play store.

4. Update Aplikasi
Sebuah aplikasi pada smartphone android sering kali dapat menjadi hang atau sering error yang membuat aplikasi tersebut tidak bisa dibuka karena aplikasi tersebut sudah dianggap kadaluarsa (perangkat versi lama biasanya sudah tidak didukung oleh device). Oleh karena itu jika terjadi demikian, memperbarui aplikasi adalah solusi untuk memperbaiki masalah tidak bisa masuk pada aplikasi hp android tersebut. Untuk melakukan update aplikasi tersebut dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Masuk pada Google Play Store 
  • Kemudian pilih My Apps and Games
  • Setelah itu cari aplikasi yang ingin diupdate
  • Langkah terakhir tinggal kita klik opsi update pada aplikasi tersebut

5. Update Sistem Android
Salah satu penyebab sebuah aplikasi tidak dapat dibuka pada hp android adalah karena faktor sistem Android yang sudah terlalu lama. Maka dari itu melakukan pembaruan sistem pada perangkat android yang kita miliki menjadi suatu cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka tersebut. Langkah yang perlu dilakukan untuk pembaruan sistem cukup mudah, yaitu dengan cara sebagai berikut :
  • Pertama - tama masuk pada opsi pengaturan HP Android
  • Setelah itu kita scroll ke bawah untuk mencari opsi About Phone (dapat berupa Tentang Perangkat dalam bahasa Indonesia atau About Tablet jika kamu menggunakan tablet)
  • Cari opsi System Update
  • Tap opsi tersebut sehingga hp android secara otomatis melakukan pengecekan.
  • Instal system update untuk mendapatkan versi terbaru

Note :
Pemasangan sistem update dalam hal ini membutuhkan koneksi internet serta pengunduhan data, oleh karena itu pastikan kita memiliki koneksi stabil atau menyalakan paket data dalam ponsel android yang kita miliki tersebut

6. Reboot Hp Android
Sebenarnya reboot hp android tidak jauyh berbeda dengan melakukan restart perangkat android tersebut, namun terdapat sedikit perbedaan yang dapat kita simak pada ulasan mengenai cara reboot hp android sebagai berikut :
  • Matikan Tablet atau Smartphone Android 
  • Kemudian lepas SIM card, baterai, kartu memory (micro SD) selama beberapa detik.
  • Biarkan ponsel android tidak menerima energi dari baterai 
  • Langkah terakhir pasangkan kembali dan hidupkan

7. Gunakan Aplikasi Clean Master
Ketika kita sedang menggunakan sebuah aplikasi, mereka secara otomatis akan menyimpan cache didalam Android. Hal ini bisa menjadi file yang kadaluarsa dan harus kita bersihkan.  Oleh karena itu pasang aplikasi ini lalu gunakan untuk membersihkan cache dan data yang telah ditinggalkan aplikasi yang tidak bisa dibuka.

Demikian sedikit ulasan singkat mengenai cara setting hp android yang tidak bisa masuk pada aplikasi tersebut. Meskipun pembahasan kali ini untuk penanganan aplikasi fb yang tidak merespon namun cara di atas juga bisa kita aplikasikan pada beberapa aplikasi yang ada pada smartphone hp android yang kita miliki, sekian dan terima kasih ..

Post a Comment for "Solusi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka (Tidak Merespon, Gagal Login) Pada Hp Android"