Wednesday, 28 November 2018

Cara Mengatasi Wifi Error Tidak Bisa Aktif Pada Hp Android

Blogiseng.web.id - Wifi hp android error - Bagaiamana cara mengatasi wifi hp android yang error tidak bisa aktif ? Tidak sedikit para pengguna smartphone android yang sering mengeluhkan akan masalah wifi hp tidak bisa on pada perangkat android yang mereka miliki. Wifi yang sering error atau tidak muncul pada layar ponsel android ini adalah suatu kejadian dimana saat kita akan menghidupkan koneksi wifi pada hp android setelah wifi hidup tiba tiba mati sendiri lagi. Tentu bagi kita yang ingin merasakan koneksi internet gratis pasti akan merasa jengkel apabila ponsel android yang dimiliknya mengalami masalah wifi android tidak berfungsi tersebut.
Pada dasarnya penyebab wifi hp android tidak mau menyala hanyalah karena kerusakan software ataupun hardware. Namun dari dua penyebab wifi error di ponsel android tersebut masih terdapat faktor - faktor dari wifi hp android yang tidak bisa diaktifkan, misalnya saja karena smartphine android terjatuh dari ketinggian bisa mengakibatkan wifi hp android rusak tidak bisa aktif. Lantas bagaimana cara memperbaiki wifi tidak berfungsi tidak bisa diaktifkan pada ponsel android ? Akan tetapi selain karena terjatuh, mengupgrade sistem yang tidak sesuai dengan versi tipe android yang kita miliki juga dapat mengakibatkan wifi di hp android tidak bisa nyala atau hidup.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba memberikan solusi untuk menangani wifi dan bluetooth tidak berfungsi di hp android. Untuk itu kita tidak perlu terlalu khawatir jika menghadapi wifi ponsel android yang dihidupkan tapi tidak mau menyala, asalkan bukan karena kerusakan hardware kita masih bisa untuk memperbaiki wifi android yang mati tersebut sendiri. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi wifi tidak bisa terhubung pada smartphone android di bawah ini.
cara mengatasi wifi android tidak bisa diaktifkan

Menganalisa problem wifi hp android yang error tidak mau diaktifkan ini sangatlah diperlukan sebelum kita menginjak pada bagian memperbaiki masalah tersebut. Hal ini dikarenakan agar kita tidak salah mengambil langkah dalam memperbaiki wifi hp android yang rusak tersebut. Untuk itu kami disini akan memberikan beberapa tanda tanda wifi error di hp android sebelum terjadinya masalah "Error WiFi Authentication". Tanda - tanda wifi hp android mulai error atau rusak diantaranya adalah :
  • WiFi menolak untuk menghubungkan tanpa alasan yang jelas
  • Wifi selalu gagal terhubung saat kita aktifkan melalui pengaturan wifi hp android
  • Koneksi wifi secara acak tetes
  • WiFi menghubungkan namun akan segera memutuskan setelah memperoleh alamat IP
  • Wifi smartphone android akan loading atau menghubungkan dalam jangka waktu yang lama

Solusi Mengatasi WiFi Tidak Bisa Menyala Di HP Android


1. Pastikan wifi ponsel android sudah dalam kondisi hidup
Memastikan settingan wifi di hp android yang kita miliki adalah langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan sebelum kita mencoba memperbaiki wifi ponsel android tidak bisa hidup. Cek terlebih dahulu apabila koneksi wifi belum menyala, kita coba untuk hidupkan wifi pada pengaturan hp android. Untuk mengaktifkan wifi di hp android, dapat kita lakukan dengan cara :
  • Buka menu pengaturan hp android >> kemudian cari WiFi lalu nyalakan

2. Lakukan on / off wifi
Langkah selanjutnya untuk memperbaiki wifi hp android yang tidak bisa on adalah dengan mencoba melakukan on / off pada wifi smrtphone yang kita miliki. Lakukan berulang - ulang sampai wifi hp android mau dihidupkan.
3. Restart hp android
Terkadang wifi hp android yang mati atau tidak mau menyala dapat disebabkan karena kerusakan sistem untuk itu tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk merestart ponsel android yang kita miliki tersebut. Jika anda menggunakan smartphone android dengan baterai non-removeble alangkah lebih baiknya setelah ponsel mati jangan lupa untuk melepas baterai terlebih dahulu sebelum mengaktifkan ponsel android tersebut.
4. Cek Kondisi WiFi Pada Hp Android
cara mengatasi wifi android tidak bisa diaktifkan

Jika kita ingin mengetahui bagaimana kondisi wifi pada hp android yang kita miliki dalam keadaan berfungsi dengan baik atau tidak, kita dapat menggunakan aplikasi bantuan yang bernama Phone Tester. Namun apabila kita adalah pengguna hp android besutan Asus Zenfone maka kita tidak perlu menggunakan aplikasi tersebut untuk mengetahui wifi yang tidak berfungsi di hp android, kita hanya perlu untuk :
  • Buka menu kalkulator lalu ketik ".12345+"
  • Setelah itu tap tombol sama dengan (=)
  • Kemudian pilih "WiFiBus_Test"
  • Tunggu sebentar hingga proses selesai
  • Apabila sudah muncul tulisan "PASS" itu artinya WiFi pada ponsel Android yang kita miliki tidak mengalami masalah

5. Cek dengan media lain
Langkah ini perlu untuk kita lakukan untuk memastikan masalah wifi hp android yang error tidak bisa diaktifkan tersebut berasal dari kerusakan pada wifi itu sendiri atau pada perangkat smartphone android yang kita miliki. Untuk itu coba koneksikan laptop yang kita miliki ke jaringan WIFI dan apabila berhasil terhubung terdapat kemungkinan HP Android kita yang bermasalah, namun apabila sebaliknya berarti kemungkinan yang bermasalah memang berasal dari WIFI itu sendiri.
6. Cara mengatasi wifi dan bluetooth tidak berfungsi dengan root hp android
Catatan : 
  • Tutorial ini sudah pernah kami lakukan pada Samsung S5 Clone dan Advan S5E. Lalu apa bisa cara ini diterapkan pada Android merek lain. Menurut saya bisa, tapi tentunya perlu diuji coba dulu apa benar bisa atau tidak. Bagi Anda yang sudah berhasil, silahkan komen di kolom yang sudah kami sediakan di bawah.
  1. Pertama - tama pastikan terlebih dahulu hp android yang kita miliki sudah dalam keadaan di root. Kita dapat menggunakan aplikasi root tanpa PC atau aplikasi root dengan PC.
  2. Setelah itu, download Root Explorer dari Google Play Store. Selain itu kita juga dapat melakukan download file APK nya dari http://bit.ly/2cqC6M3
  3. Langkah selanjutnya adalah install dan buka aplikasi Root Explorer yang sudah kita unduh tersebut
  4. Apabila muncul jendela baru dari SuperSu, pilih opsi "grant" atau "ijinkan"
  5. Pastikan setingan Root Explorer berupa R/O
    wifi android tidak bisa diaktifkan
  6. Cari WMT_SOC.cfg yang berada pada folder system >> etc >> firmware
  7. Setelah itu ketuk dan tahan file WMT_SOC.cfg, kemudian buka dengan "open in text editor"
  8. Ketuk OK, pada kotak dialog yang ditampilkan.
  9. Angka satu yang berada pada bagian "co_clock_flag=1" ganti menjadi angka nol "0"
  10. Jika semua proses di atas sudah kita lakukan, pilih Save and Exit
  11. Langkah terakhir, Restart arau Reboot
  12. Secara otoatis WIFI langsung ON dan Bluetooth pun siap untuk digunakan

Akan tetapi jika kita sudah melakukan semua langkah di atas namun hasil yang kita dapatkan adalah masih saja wifi tidak berfungsi di hp android (Error) maka terdapat kemungkinan jika masalah wifi hp android yang error tersebut berasal dari kerusakan hardware. Mungkin kita dapat melakukan langkah Factory Reset apabila sumber permasalahan wifi yang tidak bisa diaktifkan tersebut berasal dari kerusakan software, namun jika masalahnya berasal dari hardware maka langkah terbaik untuk mengatasinya adalah dengan membawanya ke service center untuk penanganan lebih lanjut.
Demikan ulasan mengenai cara memperbaiki wifi android yg tidak bisa nyala yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga langkah - langkah di atas dapat memberikan manfaat kepada kita semua, sekian dan terima kasih ..


EmoticonEmoticon