Baterai Android Anda cepat Habis 8 tips ini bisa anda coba

Blogiseng.web.id - Sebelumnya saya pernah menjelaskan mengenai bagaimana cara mengatasi hp android yang cepat panas, di artikel kali ini saya akan menjelaskan juga mengenai tips cara menghemat baterai android agar tidak mudah habis.
Ada banyak jenis hp android dengan berbagai ukuran kapasitas baterai, namun sekarang rata-rata sudah dibekali baterai dengan kapasitas yang besar,  tentu saja tujuannya adalah agar baterai bisa tahan lama, namun terkadang walaupun kapasitas baterai terbilang cukup besar, tidak bisa dijadikan jaminan baterai akan awet, karena ada banyak kasus hp android dibekali dengan baterai yang boleh dibilang memiliki kapasitas cukup besar, tapi ternyata tidak cukup dapat menahan daya dalam waktu yang lama, baterai tetap boros walaupun hp tidak digunakan secara berlebihan.
Sebenarnya penyebab baterai android cepat habis dan panas bukan hanya disebabkan oleh aktivitas pengguna saja, tetapi juga terkadang disebabkan oleh sistem android itu sendiri. sepertinya normal jika baterai cepat habis karena sering digunakan, namun jika disebabkan oleh bawaan sistem maka ini perlu perlakukan yang khusus guna menghemat baterai, jika tidak maka kemungkinan besar  perangkat akan cepat panas dan baterai pun akan cepat habis.
Tips menghemat baterai android yang boros agar tidak mudah habis dan tahan lama
Ada banyak cara yang dapat kita coba guna menghemat baterai android, walaupun cepat habisnya baterai disebabkan oleh sistem android yang kurang stabil, yang paling utama kita harus tau cara agar perangkat tidak mudah panas, karena jika perangkat cepat panas biasanya akan lebih cepat menguras baterai.

Cara menghemat baterai android agar tahan lama.

Di artikel ini saya akan sajikan beberapa cara yang terbukti berhasil dapat menghemat baterai android dan dapat membuat hp android anda tidak cepat panas,
 

1. Batasi penggunaan Aplikasi media sosial

Yang kedua untuk mengatasi cepat panasnya ponsel adalah membatasi penggunaan Aplikasi media sosial, beberapa aplikasi media sosial seperti facebook, twitter, bbm dan media sosial lainnya memang di seting untuk selalu berjalan di latar belakang, walaupun tidak kelihatan aktif, aplikasi tersebut sebenarnya berjalan dan terus memproses dibelakang layar, sehingga ketika ada pesan masuk, atau ada notifikasi maka secara up to date akan memberikan informasi kepada pengguna.

Jika anda memang selalu menunggu pesan notifikasi secara uptodate dari media sosial, sebaiknya batasi 1 saja yang aktif di latar belakang, pilih saja aplikasi media sosial yang anda anggap penting, yang lainnya usahakan status notifikasi di nonaktifkan, dengan cara ini maka ponsel tidak akan terlalu kerja eksta, sehingga tidak akan mudah cepat panas dan bateraipun akan awet.

Anda jangan khawatir walaupun pemberitahuan media sosial di nonaktifkan,  anda sebenarnya tetap masih bisa melihat notifikasi tapi dengan cara membuka aplikasi media sosial tersebut.

cara menonaktifkan notifikasi media sosial bisa melalui cara:

1. Masuk ke halaman setelan / Settings > pilih  Instaled App / App terinstal, lalu pilih tab dengan tulisan running untuk menampilkan daftar aplikasi yang sedang berjalan di background.

 2. kemudian pada halaman berikutnya silahkan anda pilih aplikasi yang akan distop dengan melakukan tap pada nama aplikasi tersebut, lalu tekan tombol stop.

Dengan demikian aplikasi pun akan nonaktif dan tidak akan lagi berjalan di latar belakang sehingga selain menghemat baterai dapat membuat perangkat android anda tidak mudah panas.
 
 
 
 

2. Matikan Data Seluler ketika hp tidak digunakan

Data selular biasanya diaktifkan ketika ingin internetan melalui hp, Ini salah satu penyebab hp anda akan cepat panas dan terkadang bisa menguras baterai karena data seluler pada hp dalam keadaan aktif ketika hp sedang tidak digunakan, data selular akan terus bekerja walaupun tidak digunakan, dan bisa menguras baterai serta menyebabkan panas ketika tidak ada jaringan disekitar, sehingga ponsel dipaksa untuk bekerja ekstra karena digunakan oleh fitur data seluler dalam mencari jaringan wireless.

Oleh karena itu untuk menhindari mudah panas pada hp lebih baik matikan dulu data seluler apabila hp sedang tidak digunakan, saya pribadi sih lebih suka memilih mode pesawat setiap kali mau berangkat kerja atau ketika diperjalanan, dengan cara ini selain dapat menghemat baterai, juga dapat menjaga kondisi perangkat tetap dingin. tapi jika anda sedang memakai fitur SMS dan panggilan telepon cukup dengan mematikan data seluler saja.
 

3. Pastikan Selalu menutup aplikasi yang aktif ketika hp tidak digunakan

Yang berikutnya yang bisa anda coba agar hp android anda tidak terlalu cepat panas adalah, pastikan bahwa setiap kali anda habis menggunakan hp untuk menutup aplikasi-aplikasi yang sudah dijalankan, ketika aplikasi ditutup sebenarnya tidak 100 persen keluar namun masih tersimpan di memory, sehingga jika aplikasi yang habis digunakan banyak maka memory pun akan penuh dan ini bisa membuat baterai anda terkuras dan bisa menyebabkan pasa.

Oleh karena itu pastikan untuk selalu menutupnya, anda bisa gunakan aplikasi task manager bawaan android atau aplikasi pihak ketiga seperti watchdog dan aplikasi serupa lainnya yang dapat digunakan  untuk menutup semua aplikasi yang sudah selesai digunakan namun masih terdapat di momori.
 

4. Gunakan Aplikasi pengelola Sistem

Yang ketiga yang bisa anda coba untuk membuat perangkat android anda tidak mudah panas adalah menggunakan aplikasi pengelola sistem, untuk hp dengan sistem yang baik pengelola sistem biasanya ada secara bawaan dan aktif secara otomatis mengelola sisten android, namun aplikasi ini di beberapa sistem android kadang tidak disediakan, jika tidak ada maka anda bisa menggunakan aplikasi pihak ke 3, salah satu yang paling disarankan adalah aplikasi Grenify

Aplikasi ini selain berukuran sangat kecil, juga benar-benar sangat efektif mengelola hibernasi sistem yang berjalan di latar belakang, dan penggunaan nyapun terbilang cukup mudah, ketika aplikasi ini diaktifkan maka setiap aplikasi yang berjalan dilatar belakang akan dikelola sedemikian rupa sehingga akan membuat perangkat anda tidak panas dan tidak mudah menguras baterai.
 

5. Pastikan selalu melakukan update sistem terbaru

Untuk beberapa merk ponsel android biasanya selalu difasilitasi update sistem secara rutin, fasiltias update sistem biasanya akan disediakan oleh pembuat perangkat tersebut dan update biasanya diberikan secara berkala. Update sistem ada untuk memperbaiki bug pada sistem yang sedang berjalan.

Ini benar-benar ampuh memperbaiki kelemahan sistem, seperti dulu yang saya alami pada hp zenfone 4s dengan chipset intel, benar-benar sangat panas walaupun minim penggunaan, namun seiring seringnya melakukan update sistem beberapa kali, hp pun mulai stabil dan tidak lagi mudah panas.

Untuk melakukan update sistem biasanya disediakan di sistem android anda, setiap versi biasanya letak fasiltas update ini berbeda, kalo di xiaomi redmi note 4 dan beberapa versi xiaomi lainnya, update sistem bisa melalui fasiltas aplikasi updater yang sudah disediakan oleh xiaomi. update sistem harus di cek setiap saat, jika ketika di cek ada pembaharuan sistem, maka usahakan untuk melakukan pembaharuan, karena pembaharuan biasanya memperbaiki kelemahan sistem sebelumnya.
 

6. Atur HP agar tidak terlalu kontras

Semakin terang hp maka semakin cepat akan menguras baterai, jadi agar baterai awet pasitkan bahwa brightness, tidak terlalu terang
 

7. Hindari penggunaan widget secara berlebihan

Beberapa aplikasi yang terinstal di perangkat android anda, beberapa biasanya dilengkapi widget khusus, pastikan anda tidak terlalu banyak memasang widget di home screen, karena pada umumnya widget biasanya selalu melakukan aktivitas proses tidak terlihat tanpa kita sadari, proses tersebut akan terus berjalan walaupun perangat dalam kedaan standby.
Jika tidak terlalu dibutuhkan sebaiknya penggunaan widget dibatasi, jika bisa akan lebih baik tidak ada widget sama sekali yang anda aktifkan. dengan cara ini maka kekuatan baterai hp andaroid anda akan lebih tahan lama.

8. Gunakan Jaringan Wifi jika ada

Untuk brosing atau mengakses internet, jika memang tersedia wifi maka sebaiknya silahkan gunakan wifi, karena penggunaan wifi akan membuat baterai hp android lebih awet  dan perangkat tidak akan mudah panas jika dibandingkan dengan penggunaan data selular kartu sim anda.
Itulah beberapa tips cara mengatasi baterai HP android yang cepat panas dan boros, semoga dengan melakukan cara-cara di atas, bisa mengatasi permasalan panas pada perangkat android yang anda gunakan, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Baterai Android Anda cepat Habis 8 tips ini bisa anda coba"