Cara Mengatasi Touchscreen Error Dengan Mudah Pada Hp Android

Blogiseng.web.id - Touchscreen hp android error - Bagaimana cara mengatasi touchscreen yang error di hp ataupun tablet android ? Cara memperbaiki layar sentuh hp android yang tidak berfungsi adalah suatu hal yang patut kita ketahui mengingat layar LCD merupakan salah satu perangkat terpenting dari smartphone android. Tidak sedikit para pengguna ponsel android yang mengeluhkan akan masalah pada touchsreen android seperti touchscreen bergerak sendiri, touchscreen tidak berfungsi sebagian, sampai layar sentuh tidak merespon. Untuk itu pentingnya suatu pengecekan harus dilakukan jika terjadi kerusakan pada LCD hp android tersebut sebelum kita memutuskan untuk mengganti touchscreen atau layar sentuh yang baru.
Namun tidak semua masalah layar sentuh yang tidak bisa disentuh pada hp android harus dilakukan penggantian layar LCD android tersebut. Sebenarnya penyebab layar sentuh hp android yang error memiliki beberapa faktor yang menjadikan cara memperbaiki kerusakan layar sentuh yang berbeda pula. Misalnya saja dengan mengatur sensitif layar android saja kita sudah dapat mengatasi touchscreen error yang tidak bisa disentuh sebagian ataupun touchscreen bergerak sendiri. Selama layar sentuh hp android yang rusak tersebut bukan karena sisi hardwarenya maka kecil kemungkinan bagi kita untuk mengganti LCD touchscreennya.

Baca Juga:

Penyebab Baterai HP Dicharge (dicas) lama tapi Malah berkurang

 

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini smartphone solution akan mencoba memberikan beberapa tips untuk mengatasi masalah pada hp android yang mengakibatkan layar touchscreen menjadi error. Solusi yang akan kami berikan dibawah ini adalah langkah awal untuk memperbaiki Layar arau LCD touchscreen yang error, baik layar jalan sendiri (Ghost Touch) atau layar sentuh yang tidak mau jalan. Sehingga kita dapat lakukan sendiri tanpa harus membawa smartphone android tersebut ke tukang service ataupun service center terdekat terlebih dahulu. Mari langsung saja kita simak ulasan mengenai cara mengatasi layar sentuh / touchscreen error di hp android secara lengkap berikut ini.

cara mengatasi touchscreen error di hp android

1. Touchscreen tidak berfungsi sebagian

cara mengatasi touchscreen error pada hp android

Ulasan yang pertama kali ini akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi touchscreen yang tidak berfungsi sebagian. Langkah ini perlu untuk kita coba ketika kita hendak memperbaiki layar sentuh tidak merespon. Dimana tombol touchscreen hp android tiba - tiba mati sehingga kita tidak dapat melakukan aktivitas untuk mengirim pesan singkat ataupun chatting. Oleh karena itu kita perlu mencoba melakukan pengecekan dengan mengaktifkan menu Pointer Location, untuk mengaktifkan Pointer Location kita harus masuk ke Developer Options terlebih dahulu. Ikuti langkah - langkah sebagai berikut :
  1. Masuk ke menu Setting kemudian klik About
  2. Setelah itu muncul Build Number, Klik sebanyak 5x atau 7x (beda merk ponsel beda cara) sampai muncul menu Mode Pengembang.
  3. Setelah muncul menu Developer Options, klik dan akan muncul menu Pointer Location. Centang pada kolom Pointer Location untuk mengaktifkannya.
  4. Apabila sudah mengaktifkan menu pointer Location, pada layar hp android kita akan muncul garis ketika touchscreen disentuh. Garis yang muncul menandakan bagian touchscreen atau layar sentuh yang disentuh masih baik dan berfungsi dan apabila pada semua bagian terlihat dapat diklik seperti itu maka kemungkinan layar masih dalam kondisi bagus, sehingga masalah layar error sebagian bukan karena pengaruh layar touchscreen hp android tersebut.

2. Layar sentuh yang tidak mau disentuh atau bergerak sendiri

cara mengatasi touchscreen hp android error

Ketika kita mengalami masalah seperti touchscreen bergerak sendiri atau layar sentuh yang tidak merespon sebenarnya langkah awal yang paling mudah dilakukan adalah dengan melakukan seting sensitif layar android. Namun sebelum kita hendak mengatur sensitif layar touchscreen hp ataupun tablet android sebaiknya kita pastikan terlebih dahulu kondisi layar sentuh ponsel android yang kita miliki tersebut. Apabila kondisi layar LCD android dalam kondisi yang baik dan tidak retak ataupun pecah maka kita perlu untuk mencoba melakukan kalibrasi layar sentuh hp android karena fungsi dari kalibrasi ini digunakan untuk merefresh kembali layar sentuh atau touchscreen ponsel agar tepat pada sentuhan. Berikut cara kalibrasi touchscreen android dengan mudah :
  1. Buka pengaturan dan pilih Calibiration. Karena letak kalibrasi ini berbeda beda di setiap ponsel maka carilah menu kalibrasi yang terletak pada pengaturan atau setting.
  2. Setelah menemukan menu calibration, pilih kalibrasi. Setelah memilih kalibrasi maka layar akan berubah menjadi putih untuk beberapa saat. Setelah itu akan muncul tulisan "klik salah satu layar untuk mengatur kalibrasi".
  3. Kemudian sentuh layar tepat di titik kalibrasi, akan muncul petunjuk untuk menyentuh layarnya dan ikuti petunjuk sampai proses selesai.

3.  Layar hp android ngeblank putih

cara mengatasi touchscreen android yang error

Layar blank pada hp android atau yang sering dikenal dengan istilah blank screen adalah suatu kejadian dimana ponsel baru dihidupkan lalu tiba-tiba langsung blank white screen padahal sebelumnya tidak mengalami benturan atau jatuh. Pada beberapa saat kemudian layar smartphone android tersebut yang tadinya normal tiba - tiba menjadi ngeblur / warna pudar dan bahkan membuat layar ponsel android berubah putih semua. Masalah layar handphone ngeblank seperti ini sebenarnya sudah sangat sering terjadi terutama pada hp android lokal seperti advan, jadi kita tidak perlu cemas untuk tidak menemukan solusi guna mengatasi layar blank screen pada hp android tersebut. Berikut langkah sederhana untuk mengatasi layar lcd android yang ngeblank, yaitu dengan :
  1. Matikan hp android kemudian keluarkan / lepas baterai ponsel android dan pasang kembali
  2. Coba pakai baterai lain / berbeda setelah itu lakukan charging
  3. Dan yang terakhir coba gunakan SIM card lain

4. Cara mengatasi touchscreen meleset


Untuk memperbaiki layar sentuh meleset atau sering yang beroperasi sendiri terdapat beberapa penyebab. Dan pada setiap penyebab layar sentuh tidak berfungsi tersebut memiliki cara yang berbeda untuk mengatasinya. Berikut ulasan mengenai touchscreen jumping atau sering loncat pada hp android selengkapnya dibawah ini :
  1. Baterai Rusak cara mengatasinya adalah dengan mengganti baterai baru
  2. Charger Rusak cara mengatasinya adalah dengan mengganti charger
  3. Layar sering Panas cara mengatasinya adalah dengan mematikan data saat tidak digunakan untuk mengurangi panas pada smartphone
  4. Screen Guard / Screen Protektor yang kotor cara mengatasinya adalah dengan mengganti anti gores atau screen guard dengan yang baru
  5. Cpu dan Ram bekerja secara berlebihan cara mengatasinya adalah dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan
  6. Bugs pada Software cara mengatasinya adalah dengan mengupgrade rom ke versi terbaru


5.  Touchscreen error saat charge pada hp android


Pernahkah anda mengalami masalah layar sentuh error ketika pada saat dicharge ? Kejadian yang sering dialami para pengguna hp android pada saat sedang mengecharge smartphone android adalah layar sentuh tidak berfungsi saat dicas, layar touchscreen hp android bergerak sendiri ketika dicas dan bahkan sampai hp android nyetrum waktu sedang ngecharge. Oleh karena itu kita perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut :
  1. Ganti charger dan kabel USB dengan yang memiliki kualitas terbaik
  2. Pindah charger ke stop kontak yang lain yang aliran listriknya lebih baik dan stabil
  3. Untuk melepas ground statis yang menggangu touch screen ponsel maupun tablet android, gunakan kawat tembaga sekitar 5 cm lalu lilitkan di bagian “-” (negative) pada jack adapter. Pada saat jari menyentuh layar touchscreen, gunakan sebelah jari tangan lainnya untuk menyentuh ujung kawat ini, fungsinya melepaskan statis ground lewat tubuh. Jangan kuatir tegangan yang digunakan tablet hanyalah kecil tidak akan nyetrum.

6.  Touchscreen error kena air


Untuk mengatasi layar sentuh hp android tidak berfungsi karena kemasukan ada beberapa metode yang dapat kita lakukan. Namun yang perlu kami tekankan disini adalah ketika lcd kemasukan air baik itu karena terkena air hujan ataupun ponsel android masuk ke dalam air, jangan cepat - cepat untuk menghidupkan smartphone anda tersebut. Sebaiknya biarkan hp android kena air mati total tersebut dalam beberapa saat kemudian cabut kartu sim, memori card sampai dengan baterai jika ponsel android anda memiliki spesifikasi baterai removoble. Setelah itu biarkan ponsel android tersebut sampai kondisinya benar - benar kering sampai tidak tersisa air yang ada di dalamnya. Selain itu kita juga dapat melakukan cara mengatasi hp masuk air dengan beras karena beras dapat dimanfaatkan untuk menyerap kelembaban pada HP dengan cara HP anda dimasukan pada tumpukan beras selama semalam. 
 

7. Layar sentuh (Touchscreen) Error


cara mengatasi touchscreen error

Langkah terakhir yang dapat dilakukan ketika touchscreen hp android error adalah dengan melakukan factory reset. Untuk cara melakukan reset ke pengaturan pabrik setiap smartphone android memiliki tombol yang bereda - beda namun dengan googling kita dapat mencarinya. Namun kami ingatkan sekali lagi jika kita akan melakukan factory reset tersebut sebaiknya kita melakukan backup terlebih dahulu, sebab dengan cara tersebut itu artinya kita siap untuk menghapus semua data yang ada didalam ponsel yang kita miliki. Untuk mengatasi touchscreen mati sebagian dengan cara factory reset tersebut, kita dapat ikuti cara sebagai berikut :
  1. Pertama - tama dengan menekan tombol home / menu diikuti dengan volume up / down
  2. Setelah itu cari Wipe Data atau Factory Reset dengan menggunakan bantuan tombol volume down / up. Jika sudah ketemu pilih dengan menekan tombol home. 
  3. Kemudian pilih “Yes delete all user” lalu tunggu hingga proses selesai.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi layar lcd (touchscreen) hp android yang error yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga cara diatas dapat membantu anda yang sedang mengalami masalah dengan layar sentuh ponsel androidnya. Sekian dan terima kasih ..

Post a Comment for "Cara Mengatasi Touchscreen Error Dengan Mudah Pada Hp Android"