Sunday, 4 June 2017

Menggerakan dan Menyimpan Document di Microsoft Word

Dalam bab ini, kita akan membahas bagaimana cara bergerak di Word 2010. Word menyediakan sejumlah cara untuk bergerak di sekitar dokumen menggunakan mouse dan keyboard.
Untuk mulai dengan, mari kita membuat beberapa contoh teks. Untuk membuat teks contoh, ada jalan pintas yang tersedia. Buka dokumen baru dan ketik = rand () dan tekan Enter. Word akan membuat konten berikut untuk Anda -

 

Bergerak dengan Mouse

Anda dapat dengan mudah memindahkan titik penyisipan dengan mengklik teks Anda di manapun di layar. Mungkin ada kejadian ketika sebuah dokumen berukuran besar dan Anda tidak dapat melihat tempat di mana Anda ingin pindah. Di sini, Anda harus menggunakan scroll bar, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini -
Bilah Gulir Kata
Anda dapat menggulirkan dokumen Anda dengan menggulung roda mouse Anda, yang setara dengan mengklik tombol panah atas atau panah bawah di scroll bar.

 

Bergerak dengan Bilah Gulir

Seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas, ada dua scroll bar: satu untuk bergerak vertikal di dalam dokumen, dan satu untuk bergerak horizontal. Dengan menggunakan scroll bar vertikal, Anda mungkin -
  • Gerakkan ke atas dengan satu baris dengan mengklik panah gulir ke atas.
  • Gerakkan ke bawah dengan satu baris dengan mengklik panah gulir ke bawah.
  • Pindahkan satu halaman berikutnya, dengan menggunakan tombol halaman berikutnya (catatan kaki).
  • Pindahkan satu halaman sebelumnya, dengan menggunakan tombol halaman sebelumnya (catatan kaki).
  • Gunakan tombol Browse Object untuk bergerak melalui dokumen, pergi dari satu objek yang dipilih ke objek berikutnya.

 

Bergerak dengan Keyboard

Perintah keyboard berikut, yang digunakan untuk bergerak di sekitar dokumen Anda, juga memindahkan titik penyisipan -
Keystroke Dimana Titik Penyisipan Bergerak
Panah ke depan Teruskan satu karakter
Panah balik Kembali satu karakter
Panah Atas Naik satu baris
Panah bawah Turun satu baris
PageUp Untuk layar sebelumnya
Halaman bawah Ke layar berikutnya
Rumah Untuk awal baris saat ini
Akhir Sampai akhir baris saat ini
Anda dapat memindahkan kata demi kata atau paragraf demi paragraf. Anda harus menahan tombol Ctrl sambil menekan tombol panah, yang memindahkan titik penyisipan seperti yang dijelaskan di sini -
Kombinasi Kunci Dimana Titik Penyisipan Bergerak
Ctrl + Panah ke depan Untuk kata berikutnya
Ctrl + Panah balik Untuk kata sebelumnya
Ctrl + Panah Atas Untuk awal paragraf sebelumnya
Ctrl + Panah bawah Untuk awal paragraf berikutnya
Ctrl + PageUp Untuk objek browse sebelumnya
Ctrl + PageDown Untuk objek browse berikutnya
Ctrl + Home Untuk awal dokumen
Ctrl + End Sampai akhir dokumen
Shift + F5 Ke tempat terakhir Anda berubah dalam dokumen Anda.

 

Bergerak dengan Go To Command

Tekan tombol F5 untuk menggunakan perintah Go To . Ini akan menampilkan kotak dialog di mana Anda akan memiliki berbagai pilihan untuk menjangkau halaman tertentu.
Biasanya, kita menggunakan nomor halaman, nomor baris atau nomor bagian untuk langsung menuju halaman tertentu dan akhirnya tekan tombol Go To .
Word Go To Command


CARA MENYIMPAN DOCUMENT

Setelah Anda selesai mengetik di dokumen Word baru Anda, sekarang saatnya menyimpan dokumen Anda agar tidak kehilangan pekerjaan yang Anda lakukan pada dokumen Word. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyimpan dokumen Word yang diedit -
Langkah 1 - Klik tab File dan pilih opsi Save As .
Simpan Sebagai Opsi Langkah 2 - Pilih folder tempat Anda ingin menyimpan dokumen, Masukkan nama file yang ingin Anda berikan ke dokumen Anda dan Pilih opsi Save As , secara default itu adalah format .docx .
Simpan Opsi Langkah 3 - Akhirnya, klik tombol Save dan dokumen Anda akan disimpan dengan nama yang dimasukkan di folder yang dipilih.
 

Menyimpan Perubahan Baru

Mungkin ada contoh saat Anda membuka dokumen yang ada dan mengeditnya sebagian atau seluruhnya, atau contoh di mana Anda mungkin ingin menyimpan perubahan di antara pengeditan dokumen. Jika Anda ingin menyimpan dokumen ini dengan nama yang sama, Anda dapat menggunakan salah satu dari opsi sederhana berikut ini -
  • Cukup tekan tombol Ctrl + S untuk menyimpan perubahan.
  • Opsional Anda bisa mengklik ikon floppy yang tersedia di pojok kiri atas dan tepat di atas tab File . Pilihan ini juga akan membantu Anda menyimpan perubahan.
  • Anda juga dapat menggunakan metode ketiga untuk menyimpan perubahan, yaitu opsi Save yang tersedia tepat di atas opsi Save As seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.
Jika dokumen Anda baru dan tidak pernah disimpan sejauh ini, maka dengan salah satu dari ketiga opsi tersebut, Word akan menampilkan kotak dialog untuk membiarkan Anda memilih folder, dan memasukkan nama dokumen seperti yang dijelaskan dalam kasus menyimpan dokumen baru.


EmoticonEmoticon