Monday, 26 November 2018

Mengenal 5 Ciri ROM Distibutor abal-abal di ponsel Xiaomi

Blogiseng.web.id - Bincang android kali ini akan membahas mengenai ciri rom xiaomi abal-abal atau distributor, hanya untuk sekedar berbagi informasi saja sih agar anda bisa tau dan bisa antisifasi ketika membelinya sehingga tidak merasa dirugikan, dikarenakan xiaomi dengan rom abal-abal kemungkinan besar akan memiliki banyak kendala.Memang membeli hp Merk xiaomi itu harus teliti dan hati-hati, jika tidak maka bisa jadi anda mendapatkan perangkat ponsel xiaomi asli tapi palsu atau tiruan, ya untuk merk ponsel yang satu ini memang tidak seperti merk ponsel kebanyakan yang beredar di indonesia, karena selain banyak yang memiliki rom yang masih asli dan original, banyak juga beredar xiaomi dengan rom atau firmware abal-abal, xiaomi tersebut awalnya adalah asli, namun karena rom nya sudah dioprek dan dimodifikasi oleh distributor menyebabkan xiaomi tersebut tidak original lagi dan memiliki banyak kendala.
Alasan kenapa bisa muncul ROM abal-abal kemungkinan besar penyebabnya adalah:
  • Hape tersebut masih tergolong hp dengan versi terbaru (new release) dan belum mempunyai ROM Global/ROM yang mempunyai bahasa indonesia dan bahasa lainnya, oleh sebab itu, guna mencari keuntungan, distrtibutor memodifikasi ROM secara ilegal sesuai dengan keinginan mereka, dengan melakukan injek aplikasi tertentu dan memasukan bahasa negara target pasar agar hp bisa segera disebar kepasaran.
  • Untuk hp xiaomi new realese jika terjadi update maka kemungkinan akan banyak sekali muncul bug dan bisa jadi muncul klaim garansi dari konsumen, oleh karena itu untuk menghindari refund atau pengembalian produk, akhirnya distributor melakukan penguncian update dari MIUI resmi, kita ketahui bahwa MIUI ROM selalu update per minggu jika dev dan perbulan jika stabil, dan ingat update versi baru = masalah baru (untuk new realise), oleh karena itu versi MIUI xiaomi abal-abal terkadang di buat sangat tinggi bahkan diluar rilisan versi MIUI yang ada, serta kode bentukan di acak agar tidak bisa menerima update OTA (On The Air) baru dari MIUI Resmi.
Xiaomi dengan rom abal-abal banyak sekali dijual di indonesia terutama xiaomi yang memiliki garansi distributor, jadi anda harus hati-hati ketika xiaomi yang ingin anda beli memiliki garansi distributor, namun anda juga harus tau, tidak semua hp xiomi dengan garansi distributor adalah xiaomi dengan rom abal-abal. oleh karena itu untuk membedakan xiaomi rom abal-abal dengan xiaomi asli anda harus mengetahui ciri-cirinya.
Mengenal ciri rom xiaomi distributor abal-abal
ciri-ciri dari rom xiaomi abal-abal terkadang sulit untuk dibedakan, namun jika kita teliti, pasti akan diketahui perbedaannya. oleh karena itu untuk anda penggemar xiaomi yang masih belum mengetahui perbedaan xiaomi rom asli dengan rom abal-abal maka uraian berikut bisa anda jadikan referensi.



Baca Juga:

Xiaomi Tidak bisa konek ke Mi PC Suite (You need update your device to use mi pc suite)




Mengenal Ciri ROM abal-abal distributor ponsel Xiaomi

Untuk dapat mengidentifikasi xiaomi dengan rom (firmware) abal-abal setidaknya anda harus mengetahui ciri-cirinya, sesuai dengan yang dijelaskan di artikel sebelumnya tentang cara membedakan xiaomi asli dan palsu, ciri-ciri xiaomi palsu alias abal-abal adalah sebagai berikut:

1. Banyak sekali keluar iklan tiba-tiba, jika ketika anda mengoperasikan xiaomi anda, tiba-tiba bermunculan iklan, maka sudah dapat dipastikan xiaomi anda kemungkinan besar xiaomi dengan rom  distributor abal-abal, xiaomi distributor terkadang banyak yang sudah diinjek dengan kode iklan agar si distributor mendapatkan keuntungan dari tayangan iklan. tapi sayangnya dengan munculnya iklan bisa menyebabkan quota pada hp xiaomi akan mudah sekali habis dan perfoma hp akan berkurang.

2. Bahasa indonesia yang tidak baku dan acak-acakan, salah satu ciri lainnya adalah bahasa indonesia yang digunakan terasa tidak baku, jadi ketika anda memilih bahasa indonesia namun kelihatan kurang baku kemungkinan besar xiaomi anda adalah xiaomi rom modifikasi.

3. Tidak bisa melakukan update MIUI via OTA, update MIUI dari xioami biasanya akan release setiap minggu untuk versi rom developer cina, atau satu bulan sekali untuk versi rom global official atau cina official, pada xiaomi abal-abal update biasanya tidak bisa dilakukan karena perangkat sudah dioprek agar tidak bisa melakukan update OTA.

4. Banyak aplikasi bawaan yang bermasalah, terkadang sering buka tutup sendiri, dan aplikasi tersebut sulit untuk diuninstal, jika di hp xiaomi anda banyak aplikasi yang tidak dikenal dan tidak bisa diuninstal maka kemungkinan besar hp xiaomi anda memiliki rom abal-abal.

5. Periksa tipe ROM nya.
Untuk mengetahui xiaomi abal-abal yang terakhir anda bisa cek versi ROM nya, untuk mengeceknya pada ponsel xiaomi anda silahkan masuk ke menu seting/pengaturanabout ponsel / tentang ponsel

a. Silahkan anda amati pada versi MIUI / MIUI Version, jika nomor versi mengandung 3 titik dan kode yang terdapat di dalam kurung mengandung ....MI.... kemungkinan besar asli, seperti contoh: MIUI Global | 8.1 | Stabil 8.1.4.1 (MBFMIDG), kode tersebut adalah kode Xiaomi untuk ROM global official (resmi), pada nomor versi ada 3 titik dan kode di dalam kurung ada kata MI. perangkat akan mengandung bahasa dunia termasuk indonesia, jika perangkat hp anda semacam di atas sudah dipastikan ASLI 100%. 

b. Jika pada nomor versi terdapat 4 titik, kemungkinan besar rom distributor abal-abal

c. Jika pada nomor versi terdapat 3 titik dan pada kode mengandung CN, namun ketika hp di cek terdapat bahasa indonesia kemungkinan besar ROM hp tersebut palsu/abal-abal. seperti misalnya pada versi rom : MIUI Global | 8.1 | Stabil 8.1.4.1 (LXKCNMA), Versi ROM tersebut sebenarnya adalah ROM official Cina (sebelumnya original / asli) pilihan bahasa biasanya hanya cina dan inggris, namun karena ada tulisan Global dan pada pilihan bahasa biasanya ada pilihan bahasa indonesia kemungkinan besar hp xiaomi anda abal-abal atau sudah dimodifikasi


Kesimpulannya ROM Xiaomi palsu aka kutukan /distributor abal-abal ciri-cirinya secara singkat adalah sebagai berikut:

1. Kode MUI  terdiri dari 4 titik atau lebih, jika 4 titik ada tulisan Beta itu artinya rom anda adalah rom developer cina (masih bagus), jika tidak ada tulisan Beta kemungkinan abal-abal.

2. Ada tulisan Global namun pada kode mengandung tulisan CN, kode CN itu untuk official cina seharusnya tidak ada tulisan Global.

3. versi MIUI mengandung kode CN, namun di hp tersebut terdapat pilihan bahasa indonesia, pasti palsu, karena jika ada kode CN pilihan bahasa yang tersedia seharusnya hanya cina dan inggris saja, kode CN artinya rom official cina.
4. Tidak bisa update OTA, walaupun 4G berjalan baik
5. Banyak keluar iklan padahal tidak pernah unduh apapun.


Itulah beberapa ciri dari ROM distributor xiaomi abal-abal, saat ini kabarnya ROM versi untuk xiaomi abal-abal sudah dibuat semirip mungkin dengan rom asli, sehingga sangat sulit membedakan antara rom original resmi dengan rom abal-abal, namun sebaiknya sebelum membeli anda lebih baik tanyakan kepada penjualnya dengan seksama agar anda mendapatkan xiaomi dengan rom yang masih original, jika anda terlanjur membelinya dan rom anda abal-abal, jika merasa tidak nyaman dengan rom abal-abal anda bisa melakukan upgrade menjadi rom global, tentunya dengan cara-cara tertentu.
Itulah tentang ciri ROM xiaomi distributor abal-abal semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.


EmoticonEmoticon