Monday, 19 November 2018

Cara Menghilangkan Iklan di android yang muncul tiba-tiba

Blogiseng.web.id - Di artikel kali ini saya ingin menjelaskan bagaimana cara menghilangkan iklan android yang muncul tiba-tiba di hp android, oh ya iklan yang saya maksudkan disini bukan iklan yang muncul ketika anda browsing atau internetan menggunakan hp android ya, namun iklan yang muncul tiba-tiba ketika hp android anda sedang digunakan apapun yang sedang anda buka.
Oh ya, di artikel sebelumnya saya pernah menjelaskan tentang penyebab hp android anda muncul iklan tiba-tiba  untuk merk xiaomi, tapi sebenarnya sama saja sih,  biasanya iklan bisa bersarang di hp android anda bukan tanpa sebab, iklan tersebut bermunculan biasanya disebabkan oleh sejenis malware atau bisa juga karena virus yang masuk ke hp anda tanpa anda sadari sebelumnya.
Penyebabnya bisa karena anda memasang aplikasi yang bersumber dari luar google play store yang sudah disusupi malware atau virus, atau karena hp android anda memiliki rom/firmware distributor yang sudah diinjek iklan dengan sengaja oleh distributor guna mencari keuntungan dari iklan.
Iklan jenis ini benar-benar sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman pengguna, karena jenisnya seperti iklan popup, dan lebih parahnya bukan hanya itu, iklan jenis ini kadang tidak bisa di cancel/di skip, bahkan disinyalir bisa menguras quota internet anda, menganggu kinerja sistem android sehingga terkadang bisa membuat ponsel android anda loading dan berat.
Karena banyak pengguna hp android dengan berbagai merk mengeluhkan tentang banyaknya iklan bermunculan di hp android miliknya, dan banyak dari mereka merasa kesulitan untuk mengatasinya, maka di artikel kali ini saya akan uraikan bagaiamana cara menghilangkan iklan tersebut, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda menghilangkan iklan di perangkat android anda.

Cara Menghilangkan Iklan di android yang muncul sendiri

Cara yang akan saya tawarkan disini adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ke tiga yang cukup ampuh dapat mendeteksi sumber iklan dan juga sekaligus dapat digunakan untuk menghapus iklan tersebut, langkah-lagkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka google playstore di perangkat android anda kemudian cari dan download aplikasi yang bernama anti adware. Aplikasi ini ringan dan sangat mudah untuk digunakan, fungsinya untuk mencari sumber iklan yang sudah terinstal di perangkat android anda.

Silahkan instal di perangkat android anda, lalu buka, kemudian lakukan scan, jika terdapat malware di perangkat android anda maka aplikasi akan menemukan sumber iklan tersebut yang sering berkelebaan muncul di prangkat andaroid anda, sebagai contoh hsilnya bisa di lihat pada gambar di bawah ini:


Contoh di atas adalah contoh ketika aplikasi anti adware mendeteksi mallware dengan pesan Thread detected. bisa kita lihat pada gambar di atas iklan ternyata bukan bersumber dari aplikasi pihak ke tiga yang kita instal, melainkan dari sistem android itu sendiri, biasanya iklan jenis ini diinjek oleh distributor, guna mencari keuntungan dari iklan.
 

2.  Jika iklan muncul dari aplikasi bawaan androidnya  itu sendiri, maka ini akan cukup sulit untuk menghapusnya, karena kita tau aplikasi bawaan tidak bisa dihapus kecuali hp sudah di root. jadi salah atu caranya anda harus meroot hp android anda. 
 

Untuk melakukan root pada hp android anda ada banyak sekali cara, biasanya menggunakan aplikasi khusus, salah satu aplikasi yang cukup ampuh yang bisa digunakan untuk me root semua hp android yaitu Framaroot, namun sebelum menjalankan framaroot, pastikan bahwa android anda sudah compatible dengan aplikasi tersebut, caranya silahkan cek disini

3. Istal Aplikasi Framaroot, lalu jalankan, kemudian pilih SuperSU/Super user


4. Nanti akan muncul 2 pilihan yaitu Aragorn dan Gandalf, disarankan pilih Gandalf


5. Tunggu hingga proses selesai, sampai muncul pesan seperti gambar di bawah ini:


6. Setelah itu silahkan restart hp android anda, pastikan menu Super SU atau super user muncul di drawer hp android anda.


Sampai langkah di atas hp android anda sudah selasai di root.

7. Untuk menghapus aplikasi malware iklan yang menganggu, silahkan anda instal aplikasi App Remover, lalu buka aplikasi tersebut.  Saat menu SuperSU meminta akses root, langsung saja klik Grant
  • Setelah itu pilih aplikasi bawaan Android atau bloatware mana saja yang ingin anda hapus dengan cara melakukan checklist terhadap aplikasi malware yang sudah terdeteksi sebelumnya
  • Setelah selesai memilih, langsung saja klik Uninstall yang ada di bagian bawah layar
  • Saat muncul menu pop up, klik saja Yes
  • Tunggu beberapa saat sampai proses uninstall selesai

Jika berhasil maka hp anda akan bersih dari mallware dan bloatware atau aplikasi bawaan yang tidak berguna, dan iklanpun tidak akan lagi muncul.

Itulah salah satu cara menghilangkan iklan di android yang muncul secara tiba-tiba, semoga artikel di atas dapat membantu mengatasi permasalahan pada perangkat android anda, selamat mencoba.


EmoticonEmoticon