Cara Mengatasi Data Seluler Hp Android Yang Sering Tidak Muncul

Blogiseng.web.id - Data seluler tidak muncul - Bagaimana cara mengatasi data seluler hp android yang sering tidak muncul ? Bagi sebuah perangkat smartphone baik itu android ataupun iOS, jaringan seluler merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh ponsel cerdas tersebut untuk selalu terhubung ke internet. Data seluler hp android bermasalah seperti jaringan seluler tidak muncul di status bar hp android tentu akan membuat kita tidak bisa internetan karena dianggap paket data tidak aktif. Dengan tidak ada sinyal pada perangkat android tersebut maka secara otomatis internet kita akan mati total atau tidak berfungsi sama sekali.
Akan tetapi tidak sedikit dari pengguna smartphone android juga pernah mengalami kejadian dimana paket data aktif tapi tidak bisa internetan. Selain hp tidak bisa konek internet padahal paket data sudah aktif terkadang sinyal hp android hilang timbul, sering hilang dan bahkan jaringan h+ tidak muncul juga menjadi suatu masalah internet error di ponsel android yang kita miliki. Lantas bagaimana cara memperbaiki jaringan hp android yang sering hilang tersebut ? Mau tidak mau, cara mengaktifkan data seluler yang tidak muncul perlu untuk kita lakukan jika tidak ingin sinyal 4g di hp android yang kita miliki hilang total tersebut.


Baca Juga:

Cara mengetahui HP android apakah sudah support 4G LTE atau belum !

 

Oleh karena itu pada kesempatan kita kali ini Smartphone Solution akan memberikan informasi mengenai kenapa data seluler tidak muncul padahal sudah diaktifkan pada kartu sim yang kita gunakan di ponsel android yang kita miliki tersebut. Disini kami juga akan memberikan beberapa faktor yang memungkinkan untuk menjadi penyebab data seluler android sering tidak muncul tersebut. Hal ini bertujuan agar kita tidak salah langkah dalam mengambil tindakan saat mencoba untuk memperbaiki sinyal hp android yang hilang timbul sendiri. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi data seluler tidak muncul di hp android di bawah ini.
cara mengatasi data seluler tidak muncul di hp android

Penyebab jaringan seluler tidak muncul memang sangatlah beragam, oleh karena itu di bawah ini akan kami berikan beberapa informasi mengenai beberapa hal yang menjadi faktor penyebab data seluler telkomsel tidak muncul sebelum kita menginjak pada pembahasan cara memunculkan data yang hilang tersebut, diantaranya adalah :
  • Sim Card belum diregistrasi
  • Faktor cuaca ataupun gangguan dari provider karena sedang adanya perbaikan
  • Data seluler belum diaktifkan
  • Kuota paket internet telah habis
  • Tidak tersedia jaringan pada tempat kita berada
  • Mengganti Custom ROM
  • ataupun karena Pengaturan data seluler di hp android yang tidak sesuai

Cara memperbaiki paket data aktif tapi tidak bisa internetan


  1. Pertama - tama pastikan kartu sudah terpasang dengan baik dan benar pada android
  2. Setelah itu aktifkan paket data pada smartphone android yang kita miliki, atau dapat juga melalui "Settings >> Mobile Networks >> Use Packet Data"
  3. Jika data seluler tidak muncul padahal sudah diaktifkan maka coba gunakan mode Flight Mode atau mode pesawat. Hal ini bertujuan untuk merefresh koneksi internet yang ada pada smartphone android yang kita miliki
  4. Akan tetapi jika dengan cara tersebut masih saja hp android tidak bisa internet padahal data seluler sudah hidup, maka langkah terakhir yang perlu untuk kita lakukan adalah masuk ke "Settings > Mobile Networks > Access Point Names > Buat New APN"
  5. Setiap operator seluler akan memiliki APN yang berbeda - beda, akan tetapi jika pengaturan APN kita isi dengan benar maka kita dapat memunculkan sinyal paket data yang hilang tesebut
  6. Langkah terakhir, lihat dan pastikan jaringan seluler sudah muncul kembali

Akan tetapi jika dengan cara di atas masih saja membuat data seluler tidak mau muncul maka factory reset perlu untuk kita lakukan karena dikhawatirkan jika data seluler android bermasalah tersebut berasal dari kerusakan software. Akan tetapi jika semua hal tersebut sudah kita lakukan namun tidak membawa keberhasilan atau kita kurang yakin untuk melakukan beberapa langkah di atas maka langkah selanjutnya yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan membawa smartphone android yang kita miliki tersebut ke service center terdekat.
Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang cara mengatasi data seluler tidak muncul pada ponsel android yang kita miliki. Semoga artikel kami kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

Post a Comment for "Cara Mengatasi Data Seluler Hp Android Yang Sering Tidak Muncul"