Wednesday, 14 November 2018

Cara ampuh Mengatasi HP Xiaomi Redmi Note 3 & 4 Cepat Panas

Blogiseng.web.id - Cara ampuh Mengatasi HP Xiaomi Redmi Note 3 & 4 Cepat Panas - Kendala yang sering kita temukan di hp android adalah perangkat cepat panas yang terkadang bisa menyebabkan baterai mudah terkuras alias boros dan terkadang juga bisa menyebabkan perangkat menjadi lemot.
Salah satu merk hp android yang memiliki kendala cepat panas adalah hp merk xiaomi terutama xiaomi yang menggunakan chipset selain qualcomm snap dragon, seperti pada xiaomi redmi note 3 pro dan xiaomi redmi note 4 yang menggunakan chipset mediatek.
Penyebab panas pada perangkat xiaomi, pada umumnya  bisa disebabkan oleh fakor bawaan sistem, karena sistem android yang digunakan kurang stabil dan masih memiliki banyak bug, dan juga bisa disebabkan oleh faktor aktivitas pengguna, misalnya aktivitas pengguna yang terlalu berlebihan menggunakan perangkat, atau karena pengguna banyak mengaktifkan fitur-fitur tertentu yang banyak menguras memory.
Mengatasi hp android xiaomi cepat panas dan menguras baterai
Panas pada perangkat android sebenarnya bisa kita atasi dengan cara-cara tertentu, namun anda harus tau dulu apa yang menyebabkan perangkat hp anda mudah panas, jika penyebabnya sudah diketahui maka akan lebih mudah untuk mengatasinya.
Di artikel kali ini
Penyebab HP Android Xiaomi Cepat panas
Berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa membuat xiaomi anda cepat panas,


Baca Juga:

Cara mudah test hardware xiaomi secara lengkap (test kamera, getaran, layar, jaringan wifi, bluetooth, suara dll)


1. Anda banyak memasang widget

Widget yang terpasang sebagian besar biasanya dalam keadaan aktif dan akan selalu uptodate memberikan informasi terbaru kepada pengguna, oleh karena itu widget yang terpasang akan banyak menguras sumber daya processor dan memory sehingga menyebabkan hp android anda cepat panas.
Solusinya, batasi penggunaan widget, jika keberadaannya tidak terlalu digunakan dan tidak terlalu penting lebih baik dihapus agar beban perangkat menjadi berkurang.

2. Hindari menggunakan HP Dalam keadaan di carger

Ketika hp dalam keadaan mengisi daya, maka ada proses yang sedang dikerjakan oleh hp tersebut, sehingga tidak jarang perangkat pun akan mudah panas dan ini biasanya hal yang normal. oleh karena itu sebaiknya hindari untuk menggunakan hp anda ketika dalam keadaan di charger,karena dapat lebih cepat meningkatkan temperatur perangkat dan jika terlalu sering maka bisa merusak baterai.Oleh karena itu untuk mengatasi panas pada perangkat sangat disarankan tidak menggunakan hp ketika sedang di cas, yang paling baik adalah melakukan cas dalam keadaan hp off atau dalam mode pesawat selain dapat mengurangi temperatur hp, cara tersebut terbukti dapat mempercepat daya terisi.

3. Batasi penggunaan Aplikasi yang berjalan di latar belakang

Cara ketiga yang bisa anda gunakan untuk mengatasi hp xiaomi anda cepat panas yaitu dengan membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang.
Kita ketahui bersama, saat ini ada banyak sekali aplikasi android yang berjalan di latar belakang, sehingga walaupun apliksi tidak terbuka seoalah-olah tidak aktif, aplikasi tersebut sebenarnya masih berjalan di latar belakang, ini artinya sumber daya tersebut akan terus digunakan oleh aplikasi tersebut, sehingga jika aplikasi latar belakang yang berjalan terlalu banyak maka bisa menyebabkan hp xiaomi cepat panas.
Di beberapa merk hp android manajamen aplikasi biasanya sudah disediakan namun ada juga yang belum tersedia, sehingga kita harus menginstalnya sendiri, salah satu contoh aplikasi yang dapat mengelola latar belakang adalah Grenify.
Namun anda patut bersyukur karena di perangkat android xiaomi terutama xiaomi redmi note 3 dan redmi note 4 sudah tersedia fitur khusus yang dapat kita gunakan untuk mengelola aplikasi latar belakang. caranya adalah sebagai berikut:
a. Masuk ke halaman setelan / pengaturan
b. Pilih menu Baterai & Performa, nanti akan muncul pengaturan berikut:

  • Penghemat baterai
  • Konsumsi baterai
  • Penghemat baterai apl

c. Kemudian pilih daya > Silahkan aktifkan penghemat daya
d. Pilih Menu penghemat baterai apl, pada daftar aplikasi silahkan pilih aplikasi yang berjalan di latar belakang (aplikasi yang membeikan informasi notifikasi), seperti facebook, twitter, bbm dan aplikasi serupa lainnya.
Klik pada aplikasi yang ingin dinonaktifkan latar belakangnya, kemudian  pilih batasi aktivitas latar belakang. dengan cara seperti ini maka aplikasi tersebut akan dinonaktifkan ketika daya sedikit sehingga akan menurunkan temperatur perangkat.

4. Atur kecerahan Layar

Layar yang terlalu terang jelas akan membebani perangkat dan akan membuat konsumsi baterai hp cepat boros, dan itu artinya akan membuat pearangkat anda mudah sekali panas, oleh karena itu, atur kecerahan layar atau seting menjadi otomatis.Untuk mengaktifkan kecerahan layar agar otomatis di hp xiaomi caranya adalah sebagai berikut:
Masuk ke halaman setelan / Settings > display / tampilan > Brightness level / tingkat kecerahan > aktifkan tombol Automatic brightness / kecerahan otomatis.
Dengan mengaktifkan kecerahan layar otomatis, maka kecerahan hp android anda akan selalu menyesuaikan dengan kecerahan sekitar, jika hp digunakan dimalam hari maka kecerahan otomatis akan dikurangi, dan sebaliknya jika digunakan di cahaya terang kecerahan akan ditambah.
Dengan cara seperti ini maka hp androidpun tidak akan terus dalam keadaan cerah sehingga akan mengurangi beban sistem dan temperatur hp akan semakin stabil.

5. Perbaharui MUI Version

Selalu periksa perbaruan di hp xiaomi anda, Jika ada perbaharuan, maka sebaiknya lakukan perbaharuan, disarankan lakukan update melalui OTA (On The Air) menggunakan aplikasi updater bawaan xiaomi agar proses update lebih mudah dan aman.Biasanya update yang tersedia dapat mempengaruhi bug-bug yang terdapat pada sistem sebelumnya, sehingga sistem lebih stabil.
Ini pernah saya coba di perangkat xiaomi redmi note 4 milik saya, yang saya update ke miui xiaomi versi 8.2.1.0, dan setelah melakukan update ternyata hp menjadi lebih stabil, tidak mudah panas dan bug pada pemutar video, kamera dan suara yang sebelumnya lemot sudah dapat diatasi. bahkan sinyal 4G tetap dapat bekerja dengan baik.

6. Jangan Menggunakan Data Seluler ketika Sinyal Lemah

Yang berikutnya utuk mengatasi hp cepat panas yang dapat mengakibatkan baterai cepat habis adalah jangan sekali-kali mengaktifkan data seluler ketika sinyal lemah.Ketika data selular aktif, maka perangkat akan selalu melakukan scanning untuk menemukan jaringan aktif di sekitar area hp.
Jika sinyal lemah maka beban perangkat akan semakin berat untuk menemukan jaringan yang cocok, sehingga ini bisa menyebabkan hp cepat panas dan baterai boros.
Oleh karena itu jika sinyal lemah atau tidak ada sinyal, lebih baik nonaktifkan data selular agar perangkat tidak terus berusaha mencari untuk menemukan jaringan, dengan cara seperti ini perangkat tidak akan mudah panas dan bateraipun akan lebih awet.


EmoticonEmoticon