Saturday, 6 October 2018

Cara mudah test hardware xiaomi secara lengkap (test kamera, getaran, layar, jaringan wifi, bluetooth, suara dll)

Blogiseng.web.id - Xiaomi dikenal sebagai perangkat dengan spesifikasi tinggi dan harga yang cukup murah jika dibandingkan dengan merk hp lainnya dengan spesifikasi sejenis, walaupun murah xiaomi tidak lantas dianggap hp murahan, buktinya xiaomi mampu menjadi salah satu merk ponsel yang bisa bersaing di kancah international termasuk di indonesia,
di Indonesia sendiri dari hari ke hari hp xiaomi peminatnya semakin meningkat, yang membuat para penggemar perangkat gadget banyak memilih xiaomi karena xiaomi merupakan salah satu hp android yang sedikit unik dan kaya akan sentuhan inovasi baik hardware maupun software, sehingga tidak heran jika xiaomi saat ini dijuluki sebagai iphone dari negeri tirai bambu.
Secara hardware dan software memang xiaomi tidak kalah inovatif dengan iphone, salah satu fitur menarik yang terdapat di hp xiaomi adalah fitur test hardaware, fitur ini sangat bermanfaat yang dapat digunakan untuk mengetest setiap hardware perangkat xiaomi apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.
Cara mudah  test hardware xiaomi secara lengkap (test kamera, getaran, layar, jaringan wifi, bluetooth, suara dll)
Fitur ini untuk beberapa pengguna merupakan fitur yang cukup membantu, karena pengguna bisa memastikan apakah hardware perangkat xiaomi yang digunakannya masih berfungsi dengan baik atau tidak.
Tapi sayangnya fitur untuk mengaktifkan test hardware xiaomi ini sedikit tersembunyi, sehingga tidak banyak pengguna yang mengetahui cara melakukannya, namun walaupun tersembunyi sebenarnya pengoperasian fitur test ini benar-benar sangat mudah jika anda tau caranya.
Di artikel kali ini saya akan coba bahas bagaimana cara melakukan test hardware xiaomi secara lengkap, untuk memastikan bahwa hardware pada perangkat xiaomi anda masih berfungsi dengan baik.

Cara mudah  melakukan test hardware xiaomi secara lengkap

Sekali lagi walaupun fitur untuk melakukan test hardware xiaomi ini sedikit tersembunyi, namun pengoperasiannya benar-benar sangat mudah sekali.
Ada 2 cara untuk masuk ke mode test hardware hp xiaomi beberapa dinataranya adalah sebagai berikut:

Cara ke #1:

Cara pertama yang dapat anda coba untuk masuk ke mode test hardware xiaomi langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Buka panggilan
2. Lalu tekan kode *#*#64663#*#*, ketika karakter * terakhir ditekan maka secara otomatis anda akan masuk ke mode test hardware xiaomi.
Sayangnya cara ini belum tentu bekerja di semua seri xiaomi, setidaknya anda bisa mencobanya.

Cara ke #2:

Jika cara pertama gagal, maka anda bisa menempuh cara kedua, untuk masuk ke mode test hardware xiaomi untuk melakukan test hardware di hp xiaomi anda, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Aktifkan hp xiaomi anda.
2. Lalu masuk ke bagian settings/ setelan
3. Scroll ke bawah lalu pilih opsi tentang ponsel / about phonecell, di paling bawah
4. Di halaman tentang posel, scroll sedikit ke bawah, lalu tap sebanyak 5 kali pada opsi Kernel version / versi karnel, anda akan masuk ke halaan mode QC Test dengan tampilan kurang lebih seperti gambar di bawah ini:
halaman qc test xiaomi
5. Untuk melakukan test anda bisa lakukan dengan mengklik setiap menu, tunggu prosesnya dan lakukan saja apa yang diminta, ada 3 status mode test sebagai berikut:
  • Pass (berhasil)
  • Fail (gagal, mungkin saja hardware tidak berfungsi dengan baik.
  • Not tested (belum dilakukan pengecekan) , untuk versi xiaomi Not tested bsa dilihat melalui menu Tiga titik tiga di pojok kanan atas > Test Report, anda akan melihat daftar test yang belum dilakukan.

Untuk memastikan kondisi hardware xiaomi anda, anda bisa lakukan test satu-persatu dan ikuti petunjuknya, test ini wajib dilakukan apalagi untuk anda yang membeli hp xiaomi second atau bekas, dengan melakukan test ini maka anda bisa melihat kondisi hardware perangkat xiaomi apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.
Beberapa seri xiaomi halaman untuk testing xiaomi mungkin akan sedikit berbeda, tampilan di atas adalah tampilan qc test pada xiaomi redmi note 4 miui 8, mungkin saja tampilannya sedikit berbeda dengan hp xiaomi anda. 

Backlink:


EmoticonEmoticon