Tuesday, 16 October 2018

Mengenal fungsi dan cara penggunaan Mi drop & Dual Apps di hp xiaomi miui 7 & 8

Blogiseng.web.id - Semakin hari teknologi smartphone xiaomi semakin ciamix saja, selain tampilannya yang terus diperbaharui, penambahan fitur barupun kian waktu kian lengkap dengan banyaknya bermunculan fitur-fitur baru yang cukup bermanfaat yang mungkin di versi xiaomi lawas fitur tersebut belum tersedia.
Untuk xiaomi yang menggunakan miui 7 dan 8 dan juga versi miui sebelumnya, ada beberapa fitur yang kehadirannya cukup bermanfaat, beberapa diantaranya adalah fitur Mi Drove dan Dual Apps, tapi sayangya banyak pengguna xiaomi yang belum terlalu paham fungsi dari fitur-fitur tersebut.
Mereka enggan mencoba sehingga banyak fitur-fitur baru xiaomi tidak pernah dimanfaatkan sama sekali, padahal walaupun tidak dimanfaatkan, setidaknya pengguna tau fungsi dan cara penggunaanya, sehingga ketika suatu saat fitur tersebut dibutuhkan, maka pengguna bisa memanfaatkannya dengan baik.
Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi bawaan pada ponsel xiaomi yang cukup bermanfaat, namun  sepertinya masih banyak pengguna xiaomi yang belum paham mengenai fungsi dari fitur tersebut. di artikel kali ini saya akan coba jelaskan mengenai apa fungsi mi drove dan dual apps di hp xiaomi.

Mengenal fungsi dan cara penggunaan Mi Drove dan Dual Apps di hp xiaomi miui 7 & 8

Berikut beberapa fitur xiaomi atau aplikasi bawaan xiaomi serta fungsinya.

1. Mi Drop (Aplikasi transfel file xiaomi yang paling praktis)

Hayo apa itu midrop, bisa jadi anda baru mendengarnya, Mi drop sebenarnya adalah aplikasi android dari xiaomi yang biasanya di beberapa versi xiaomi aplikasi ini sudah tersedia secara bawaan, fungsi dari aplikasi ini adalah untuk memfasilitasi transfer data yang dilakukan antara pemilik hp xiaomi.
mi drop pada xiaomi
Misalkan anda ingin mengirim file baik itu gambar, music mp3 maupun video dari hp xiaomi anda ke hp xiaomi teman anda misalnya, maka selain menggunakan media pengiriman file seperti flashdisk, bluetooth atau melalui koneksi kabel usb di komputer, jika pengiriman data dilakukan sesama hp xiaomi maka anda bisa memanfaatkan aplikasi mi Drop dari xiaomi tersebut.
Aplikasi mi drop ini hampir mirip dengan aplikasi share it dan juga aplikasi bahwaan xiaomi mi mover, bedanya  mi drop penggunaannya lebih praktis dan simple, dan hanya bisa digunakan untuk transfer file antara sesama hp xiaomi yang di dalamnya sudah terinstal mi drop.

BacaJuga:

Cara Menghapus aplikasi bawaan (bloatware) di hp android xiaomi tanpa root



Bagaimana cara menggunakan mi drop untuk mengirim file ?

Di xiaomi dengan miui 7 dan 8, mi drove disematkan pada fitur berbagi, bahkan di file explorer mi drop menjadi salah satu fasilitas yang disajikan langsung untuk melakukan transfer file antara sesama pengguna mi.Untuk menggunakan mi drop langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Di hp xiaomi penerima :
1. Aktifkan mi drop di hp penerima.
Caranya, mi drop harus sudah tersedia di header bar, jika belum maka, silahkan tampilkan dulu dengan cara:
a. Masuk ke menu settings / setelan > Notification & Status bar > Toggle position
b. Pada halaman toggle position, cari nama mi drop, lalu pindahkan ke urutan posisi agar sepuluh besar, caranya, tekan dan tahan label mi drop, lalu geser ke atas ke bawah untuk merubah posisi, pastikan ada di urutan 10 besar agar nanti bisa kelihatan di header bar, lepas jika sudah.
c. Silahkan tarik header bar pada hp xiaomi anda, lalu klik pada mi drop agar aktif.
1. buka aplikasi ekplorer di hp xiaomi anda, aplikasi ekplorer adalah aplikasi khusus untuk mengelola berbagai file yang terdapat di xiaomi, pada aplikasi ini juga sudah disediakan mi drop.
Di HP xiaomi yang akan mengirim file:
Sekarang beralih ke hp xiaomi yang akan digunakan untuk mengirim file / data
a. Buka aplikasi ekplorer
cara menggunakan mi drop

b. Lalu tekan tombol Mi drop yang letaknya di bagian bawah.c. Cari file yang akan anda transfer, bisa berupa video, music gambar atau foto atau file dokumen lainnya. ceklis pada file-file  yang akan dikirim, lalu tekan tombol send / kirim.
d. Silahkan tujukan pada nama perangkat yang sudah mengaktifkan mi drop, di hp xiaomi tujuan, lakukan konfirmasi pengiriman file jika ada, proses pengiriman file akan berlangsung, tunggu sampai selesai.

2. Fitur Dual Apps (Menjalankan 2 aplikasi yang sama di 1 perangkat xiaomi)

Fitur yang kedua yang boleh di katakan fitur baru di hp xiaomi yang menggunakan miui 7 dan 8 adalah fitur dual apps, fitur ini adalah fitur untuk menggandakan aplikasi agar aplikasi yang terinstal di hp xiaomi bisa ada 2. tanpa harus melakukan instal lagi.
dual apps di xiaomi
Untuk beberapa pengguna yang ingin menginstal 2 aplikasi yang sama di dalam satu perangkat, bisa memanfaatka fitur ini.

Cara menggunakan fitur dual apps di hp xiaomi

Cara menggunakan fitur dual apps di hp xiaomi benar-benar sangat mudah sekali, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:1. Masuk ke bagian setelan / settings
2. Lalu cari dan pilih menu dual apps / aplikasi ganda
3. di halaman dual apps, anda akan disuguhkan daftar aplikasi yang terinstal di perangkat android anda, silahkan pilih dan aktifkan (ceklis) pada nama aplikasi yang akan anda jadikan dua, lalu tunggu prosesnya, xiaomi akan membuatkan icon aplikasi ke dua yang akan muncul di halaman home screen.
Kini aplikasi tersebut akan ada 2 di hp xiami anda yang bisa dijalankan secara terpisah.


EmoticonEmoticon