Monday, 22 October 2018

Cara mudah mengembalikan data pada memory sd card yang terformat

Blogiseng.web.id - Untuk mengembalikan data terhapus / terformat di perangkat penyimpanan digital seperti flashdisk, harddisk maupun memory card atau sd-card biasanya memerlukan tool khusus recovery. anda tinggal cari saja software recovery baik untuk komputer maupun berbasis android.
Dulu kita mengenal ponsel tidak lebih hanya sebagai perangkat untuk menelepon dan mengirim pesan sms, namun seiring dengan perkembangan teknologi kini perangkat hp memiliki banyak sekali fungsi, selain sebagai alat komunikasi (telefon dan sms) ponsel juga kini bisa digunakan sebagai media penyimpanan, dan saat ini hampir semua merk hp sudah dilengkapi dengan memory penyimpanan ekternal (memory card atau SD Card)
Untuk tempat penyimpanan terutama yang berhubungan dengan data video, film, music atau lagu dalam format mp3, dokumen penting dan data lainnya, banyak pengguna android memilih media penyimpanan ekternal sd card dibanding dengan internal memory. Alasanya mereka ingin tetap mempertahankan agar penyimpanan intenal atau memory internal hp selalu dalam keadaan kosong, sehingga tidak menganggu kinerja hp ketika digunakan.
Memang benar ketika penyimpanan internal penuh biasanya hp akan sedikit berat dan terkadang tidak bisa melakukan download dan menginstal aplikasi dari google play store, biasanya akan muncul pesan tidak cukup ruang, sehingga untuk meng-antisifasi munculnya masalah tersebut, pengguna memanfaatkan media penyimpanan ekternal sd card untuk menyimpan berbagai data miliknya.
Tapi sayangnya data pada media penyimpanan seperti SD card rentan sekali hilang, baik karena terhapus atau karena diformat, dan ini memang banyak dialami oleh pengguna hp android, sampai saat ini banyak sekali pengguna perangkat ponsel yang mengalami kehilangan data di memory card karena terformat, padahal di dalamnya tersimpan data-data penting.


Baca Juga:

Cara mudah nonaktifkan notifikasi pesan pemberitahuan whats app (WA)


Cara Terbaik Mengembalikan data SD Card yang terformat

Secara normal data yang sudah terformat atau terhapus memang sudah tidak bisa kita temukan, namun data tersebut sebenarnya tidak benar-benar terhapus, data yang terhapus biasanya selalu meninggalkan jejak, sehingga memungkinkan data tersebut bisa kita angkat untuk dikembalikan, tapi sayangnya tidak bisa dilakukan secara manual, caranya dengan memanfaatkan tool atau software pihak ke 3 yang khusus dapat digunakan untuk melakukan recovery untuk mencari dan menemukan data yang sudah terhapus tersebut.
Saat ini ada banyak sekali tool atau software untuk mengembalikan data yang terformat atau terhapus, baik berbasis window maupun berbasis android, tool tersebut biasanya dapat digunakan untuk menemukan dan mengembalkan kembali data yang sudah terhapus baik di internal card maupun di sdcard.
Untuk anda yang kebetulan mengalami kehilangan data yang tersimpan di memory hp karena terformat, maka cara untuk mengembalikan data tersebut beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

A. dengan Bantuan Komputer

Salah satu cara untuk mengembalikan data terhapus pada sd card bisa menggunakan bantuan computer. dengan bantuan aplikasi yang bisa berjalan di komputer, sebagai berikut.
a. Download dan instal software pandora recovery di komputer anda.
Pandora Recovery sofware gratis 100% yang bisa digunakan untuk mengembalikan file terhapus dari hard drive, flash disk, dan memory card. Kebanyakan file yang bisa terselamatkan dari Pandora Recovery adalah file gambar dan dokumen seperti pdf, word, dan dokumen lainnya, namun anda juga bisa mencobanya untuk format file yang lain.
b. Hubungkan HP android anda ke komputer
Pastikan media penyimpanan pada hp terbaca oleh komputer, anda juga bisa menggunakan card reader jika punya.

c. Jalankan pandora recovery
Silahkan jalankan pandora recovery, untuk melakukan pencarian atur search drive, arahkan pada memory card, centang file name, pilih like kemudian isi *.* untuk menemukan semua format file, lalu tekan tombol search, mudah sekali digunakan tampilannya kurang lebih sebagai berikut:

Warna merah adalah file terhapus yang berhasil ditemukan, untuk mengembalikan file tersebut klik kemudian pilih Recover.

Aplikasi berbasis komputer yang lainnya yang bisa anda coba

Bukan hanya pandora recovery saja, ada banyak sekali software lainnya yang fungsinya sama yang juga bisa anda coba, jika dengan pandora recovery belum membuahkan hasil, anda bisa coba juga sofware lainnya sebagai berikut:
a. Recuva
Recuva mendukung sistem operasi Windows 8, 7, Vista, XP, Server 2008/2003, dan Windows yang cukup jadul seperti 2000, NT, ME dan 98. Recuva juga memiliki veri 64bit.
b. FreeUndelete
Anda juga bisa menggunakan aplikasi Free undelete, fungsinya tidak jauh berbeda denga file recovery yang lain. Yang membedakan mereka mempunyai tampilan yang cukup unik, seperti folder yang bisa didrill dan lain sebagainya.
c. dan masih banyak lagi yang lainnya. 

2. Tanpa bantuan komputer (dengan aplikasi android)

Selain menggunakan bantuan komputer, bisa juga tanpa bantuan komputer yaitu dengan menggunakan aplikasi android yang khusus untuk mengembalikan data terhapus di perangkat android anda, beberapa aplikasi android yang dapat anda gunakan untuk mengembalikan file yang hilang diantaranya adalah sebagai berikut:
a. Disk digger
Fitur pemulihan data yang kuat DiskDigger dapat menemukan gambar Anda hilang dan akan menampilkan kembali hingga semua terkumpul seperti semula. Tidak hanya itu Aplikasi DiskDigger ini juga bisa mengembalikan file video, music yang terformat.
b. dig deep image recovery
Aplikasi android yang satu ini paling cocok untuk mengembalikan data foto atau gambar yang terhapus, silahkan download dan instal pada perangkat android anda lalu jalankan untuk melakukan scan pada perangkat android anda, untuk mencari data yang hilang di sd card yang terformat pastikan sdcard dalam keadaan terpasang di hp android anda.


EmoticonEmoticon