Saturday, 6 October 2018

Cara menampilkan nama kontak whatsapp yang tidak muncul di hp android

Blogiseng.web.id - Tidak bisa dipungkiri bahwa aplikasi whatsapp adalah salah satu aplikasi chating / messaging yang paling banyak digemari di seluruh dunia termasuk di indonesia, fitur yang lengkap serta penggunaan yang mudah membuat aplikasi whatsapp menjadi pilihan pengguna hp android untuk bersosialisasi sebgai salah satu alternatif pengganti sms.
Selain fiturnya lengkap akun dari aplikasi whatsapp juga mudah untuk dialihkan ke perangkat lain, seperti misalnya ketika si pengguna memiliki hp baru, dengan demikian pengguna tidak perlu lagi membuat akun whatsapp baru.
Walaupun pemindahan akun whatsapp ke perangkat hp berbeda mudah dilakukan, sayangnya terkadang suka muncul masalah, salah satu permasalahan yang sering dialami oleh pengguna aplikasi whatsapp ini ketika pindah perangkat adalah nama kontaks  yang tersimpan pada perangkat hilang tidak bisa terdeteksi oleh aplikasi whatsapp.
menampilkan nama kontak whatsapp yang hilang tidak muncul
Sehingga di whatsapp hanya menampilkan nomor kontaks saja, padahal nama untuk nomor kontaks tersebut sudah diimport dari hp lama ke hp baru.
Permasalahan hilangnya kontak di whatsapp sering dialami oleh pengguna hp android xiaomi walupun di beberapa merk hp lainnya seperti di andromax, lenovo dan beberapa merk hp lainnya juga terkadang permasalahan serupa bisa muncul.
Tapi tidak perlu khawatir, karena permasalahan nama kontak whatsapp tidak tampil itu bukan karena bug sistem android hp yang anda gunakan, melainkan ada pengaturan whatsapp yang perlu disesuaikan, biasanya whatsapp tidak bisa membaca nama kontak dari daftar kontak yang terdapat di hp android anda dikarenakan ada pengaturan / konfigurasi yang perlu disesuaikan.

Cara menampilkan nama kontak whatsapp di hp android yang tidak muncul

Yang akan saya uraikan di bawah ini adalah perbaikan whatsapp yang tidak bisa menampilkan nama kontaks, kebetulan hp yang saya gunakan adalah hp xiaomi, namun untuk merk hp lainnya sepertinya solusinya tetap sama.
Langkah-langkah untuk menampilkan kontak whatss app yang tidak muncul di hp xiaomi adalah sebagai berikut:
1. Buka setelan / pengaturan / settings
2. Pilih menu Instaled app / aplikasi terpsang / apps
3. Pada daftar nama aplikasi yang muncul, cari dan klik aplikasi WhatsApp untuk masuk ke halalam info aplikasi
4. Pada halaman info aplikasi, scroll sedikit ke bawah, klik pada opsi perizinan apl / app permission
5. Pada halaman app permision, anda akan melihat opsi berikut:

  • Kamera
  • Kontak
  • Lokasi
  • Mikrofon
  • Penyimpanan
  • SMS
  • Telepon

Agar aplikasi whatsapp bisa menampilkan data nama kontak yang tersimpan di perangkat hp xiaomi anda, maka pastikan opsi kontak dalam keadaan aktif.Jika menginginkan aplikasi whatsapp memiliki perizinan penuh terhadap perangkat anda, maka anda juga bisa mengaktifkan semua opsi yang ada, atau minimal kamera, kontak, penyimpanan dan sms dalam keadaan aktif.

Jadi penyebab whats app tidak bisa menampilkan nama kontak walaupun data kontak sudah tersimpan di hp android anda, penyebabnya karena izin untuk mengakses kontak masih dalam keadaan off, sehingga whats app hanya menampilkan nomor kontak saja.
Dengan pengaturan di atas whatsapp di hp android anda seharusnya bisa berjalan normal dan bisa menampilkan nama kontaks yang tersimpan di hp anda, jika ternyata masih menampilkan nomor kontaks saja, periksa kembali barangkali nomor kontak yang bersangkutan memang belum tersimpan di hp android anda. Semoga membantu.


Backlink:


EmoticonEmoticon