Cara Memperbaiki Vibrate HP Android Tidak Berfungsi ( Getar Hilang )

Blogiseng.web.id - Vibra rusak - Bagaimana cara mengatasi hp tidak bergetar atau rusak ? Banyak pengguna handphone yang tentu pernah mengalami hp android tidak bisa bergetar akan tetapi mereka tidak menyadari bahwa getar handphone mereka hilang. Ponsel android tiba-tiba tidak getar atau mengalami vibrate android tidak berfungsi jarang para pengguna android menjadikan sebagai masalah karena mereka jarang mengaktifkan fungsi getar di hp android mereka.
Jika mengabaikan masalah hp tidak bisa getar itu dapat membuat kita menjadi kerepotan nantinya. Dalam kondisi yang normal tanpa fungsi getar di handphone android kita tidak akan menjadi bingung. Akan tetapi kita tidak akan bisa mengetahui adanya notifikasi pesan masuk, panggilan masuk maupun notifikasi dari aplikasi lainnya jika getar android tidak berfungsi ketika kita sedang dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk menghidupkan suara hp. Maka dari itu tidak ada ruginya jika kita mengetahui cara mengembalikan getar hp yang hilang meskipun kedepannya kita jarang mengaktifkan fitur getar di handphone kita
Lalu kenapa getar hp samsung tidak berfungsi ? Untuk itu perlu dilakukannya pengecheckan mengapa hp android tidak bisa bergetar agar getar smartphone maupun tablet android anda dapat berfungsi kembali. Maka dari itu pada postingan kami kali ini akan membahas mengenai cara mengatasi getar android yang hilang yang perbaikannya kita fokuskan pada vibrate hp ataupun tablet android.


Baca Juga:

2 Cara Mudah Keluar (logout) dari Facebook Messenger di HP android


Cara Memperbaiki Vibrate HP Android Tidak Berfungsi ( Getar Hilang )


cara mengatasi hp tidak bergetar

1. Cara memperbaiki hp samsung tidak bisa bergetar


Cara mengembalikan getar hp samsung yang hilang berikut ini hanya dapat digunakan pada perangkat samsung saja dan untuk hp android merk lainnya kami sudah tuliskan pada point kedua. Berikut setingan untuk mengatasi hp samsung all tipe tidak bisa getar :
Ketik *#0842# >> Lalu akan muncul menu test vibration >> Setelah itu klik ON atau AUTO.

2. Cara mengatasi hp tidak getar ketika mendapat telepon dan sms


Berikut ini adalah cara memperbaiki vibra hp android yang mengakibatkan hp tidak bisa getar pada saat ada panggilan masuk, sms, maupun notifikasi dari aplikasi :
1. Cek komponen vibrator dengan menggunakan multi tester
Cara memastikan komponen vibrate android masih baik, yaitu :

  • Gunakan multi tester manual skala x1 kemudian sambungkan kabel multitester pada kutub positif dan negatif dari komponen vibrate. 
  • Apabila komponen vibra bergetar maka dapat dipastikan komponen dalam keadaan baik, akan tetapi jika komponen vibra tidak ada getaran maka kita perlu mengganti komponen vibrate tersebut.

2. Cleaning PCBBuka casing hp android anda kemudian bersihkan pada PCB karena kemungkinan hanya kotor sehingga dapat mengganggu jalur.
3. Pastikan kondisi rangkaian
Ketika anda membersihkan, pastikan apakah ada jalur yang putus. Jika anda mendapati jalur vibra yang putus, anda dapat melakukan jumper pada jalur yang putus tersebut, dengan cara :
  • Lakukan jumper langsung dari IC Pengontrol (IC UI) menuju komponen Vibra.

4. Periksa user interface
Jika anda sudah melakukan semua cara di atas dan hasilnya baik - baik saja tidak terdapat kerusakan, maka kemungkinan terbesar penyebab dari handphone tidak dapat bergetar ialah komponen User Interface-nya yang rusak sehingga diperlukan penggantian IC UI drivenya. Berikut cara mengecheck user interface :
  1. Pertama - tama periksa jalur positif (+) dari battery menuju ke Vibra. 
  2. Apabila jalurnya terputus maka perlu dilakukan sistem jumper pada jalur yang terputus tadi. 
  3. Namun jika komponen ataupun jalur Vibra sudah baik, akan tetapi hp / tablet android tetap tidak bisa bergetar, maka coba anda periksa dan uji apakah IC UI dalam kondisi baik. 
  4. Jika masih baik, maka anda cukup memanasi IC UI dengan menggunakan blower saja. 
  5. Langkah terakhir apabila anda mendapati IC UI ternyata rusak, maka gantilah dengan IC UI yang baru.
Demikian tutorial kami kali ini yang menerangkan sebuah cara mengatasi hp android tidak bisa bergetar. Akan tetapi jika anda belum ingin repot menggunakan cara pada artikel kami kali ini, anda dapat mencoba metode yang lain sebagai cara mengembalikan getar hp yang hilang dengan mudah. Semoga artikel kami kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua, sekian dan terima kasih ..

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Vibrate HP Android Tidak Berfungsi ( Getar Hilang )"