Cara Memperbaiki Suara Hp Android Yang Makin Mengecil

Blogiseng.web.id - Memperbaiki speaker android - Bagaimana cara memperbaiki speaker hp android yang suaranya semakin mengecil ? Untuk itu kita perlu melakukan sebuah cara agar speaker android lebih keras dengan tujuan aktivitas yang akan kita lakukan sehari - hari tidak terganggu karena masalah speaker hp yang rusak tersebut. Akan tetapi tidak semua ponsel android terbaru saat ini tidak akan mendapatkan suatu masalah. Permasalahan umum dan ringan yang sering terjadi pada handphone / tablet android salah satunya adalah suara nada dering android yang mengecil dan lama kelamaan suara speaker hp menjadi tidak ada / mengeluarkan bunyi.
Sebelum kita mengulas tentang cara mengatasi suara speaker hp / tablet android yang pecah tersebut pertama - tama ketahuilah terlebih dahulu penyebab suara speaker ponsel android kecil, apalagi jika semakin volume di tinggikan maka suara semakin menjadi pecah / kresek - kresek. Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat suara speaker hp android mengecil yaitu :
  • Banyaknya kontaminasi debu yang menempel pada kulit speaker sehingga debu tersebut menghambat getaran speaker. 
  • Selain itu yang menyebabkan nada dering android menjadi pelan adalah kulit speaker robek.
  • Ada juga karena kabel (+) (-)  yang menempel tidak kuat sehingga kadang tersambut kadang tidak akibatnya suara speaker tidak jelas dan seperti pecah bahkan kadang berbunyi kadang tidak.

Jika anda mengalami masalah seputar suara speaker android yang semacam itu sebaiknya anda mengingat dahulu kegiatan apa yang baru saja anda kerjakan sampai beberapa jam sebelum smartphone android anda tidak mengeluarkan suara. Karena terdapat kemungkinan juga masalah hp android tidak mengeluarkan bunyi tersebut diakibatkan dari anda sendiri yang secara tidak sadar, seperti mengupgarde atau juga salah memasang aplikasi. Oleh karena itu kali ini kami akan berbagi tips cara memperbesar suara speaker hp android agar nada dering android ataupun mp3 dapat terdengar dengan jelas kembali.
suara speaker hp mengecil

Cara memperkeras suara android yang tidak ada suara :


1. Cek Volume Android Anda. 
  • Coba cek apakah volume hp android anda sudah anda besarkan. Tekan Volume Up untuk memperbesar Volume sampai maksimal. Kemudian periksa juga suara dari Notifikasi, Panggilan, dan musik melalui fitur suara. Masuk pada menu Pengaturan »Suara » Volume.

2. Matikan Ponsel Android Anda. 
  • Coba matikan ponsel Android anda, kemudian cabut baterai, SIM Card, dan memori card (Micro SD). Diamkan hingga beberapa saat supaya tidak ada daya yang masuk pada smartphone. Setelah itu pasang dan aktifkan kembali hp / tablet Android anda.

3. Bersihkan Cache Android. 
  • Coba gunakan aplikasi Clean Master untuk membersihkan cache Android secara keseluruhan. Hal ini bertujuan agar file – file cache yang menghambat jalannya aplikasi bisa terhapus dan bersih kembali.


4. Lakukan Unroot Jika Sebelumnya Hp Android Anda Pernah Root. 
  • Apakah Smartphone Android anda telah di Root? Jika sudah di Root, lakukan unroot agar semua fitur dapat berfungsi dengan normal kembali.

5. Lakukan Factory Riset.
  • Apabila kita sudah menggunakan cara di atas tidak berpengaruh sama sekali. Tips terakhir yang bisa anda lakukan yaitu dengan melakukan factory riset atau mengembalikan Android ke pengaturan awal. 

6. Coba Gunakan Headphone. 
  • Jika speaker Android anda tidak berfungsi, coba gunakan Headphone untuk memeriksa suara speaker hp mengecil. Dan apabila terdengar suara, maka dapat di pastikan bahwa speaker Android mengalami kerusakan.


7. Speaker kotor
  • Untuk Mengatasi Suara Speaker Smartphone Yang Pecah karena tumpukan debu atau kotoran adalah dengan cara membersihkannya langsung. Anda tinggal membuka saja body smartphone dan langsung menuju ke speaker angkat speaker secara perlahan dari dudukannya atau bisa lepaskan perekat dengan secara pelan-pelan agar kabel penghubung speaker tidak putus. Pada daun speaker biasanya akan banyak debu yang menempel, bersihkan lah dengan kuas kecil secara perlahan setelah bersih pasang kembali. Tutup kembali body smartphone namun jangan dipasang terlebih dahulu bautnya coba hidupkan dahulu dan putar musik untuk mencobanya kualitas speaker jika dipastikan sudah bersih suaranya baru pasang bautnya. Namun jika suara speaker masih rusak coba cek kembali mungkin ada kerusakan lainnya.

8. Kabel pada solderan di speaker lepas.
  • Berbicara tentang Mengatasi Suara Speaker Smartphone Yang Pecah akibat lepasnya kabel pada speaker perlu dilakukan kejelian untuk mengatasinya. Kita bisa menyoldernya sendiri dengan pelan-pelan. Setelah benar-benar terhubung pasang kembali.

9. Komponen speaker memang rusak
  • Mengatasi Suara Speaker Smartphone Yang Pecah akibat rusaknya komponen pada speaker tersebut adalah dengan cara mengganti speaker tersebut, karena untuk memperbaiknya sangatlah sulit bahkan tidak mungkin, karena komponen speaker pasti sangat kecil jadi sebaiknya anda langsung menggantinya saja dengan yang baru.

Demikian ulasan mengenai cara membuat speaker hp android lebih keras dan memiliki kualitas suara yang jernih. Semoga artikel Smartphone Solution di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, akan tetapi jika hp / tablet android anda masih belum bisa mengeluarkan suara dapat anda bawa ke tempat tukang service. Sekian dan terima kasih ..

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Suara Hp Android Yang Makin Mengecil"