Cara atasi layar hp android tidak bisa mati dan terkunci otomatis (xiaomi, lenovo, samsung, oppo, vivo)

Blogiseng.web.id - Layar hp android memang didesain untuk bisa menghemat baterai, salah satu fitur yang ditawarkan oleh hampir seluruh sistem operasi yang digunakan oleh smartphone atau ponsel pintar dalam upaya untuk menghemat daya adalah layar umumnya akan mati (masuk mode sleep / mode tidur) secara otomatis ketika hp tidak digunakan, bahkan dalam beberapa detik ketika layar mati maka layar hp pun akan masuk ke mode penguncian secara otomatis.
Tujuannya tentu saja agar daya baterai hp lebih awet, dan untuk mendinginkan suhu hp, karena pada saat hp masuk ke mode sleep,  hp akan mematikan proses yang tidak digunakan.
Mati dan terkuncinya layar hp android secara otomatis umumnya akan diproses selama beberapa detik ketika layar hp tidak disentuh, namun pengguna bisa mengatur waktunya sesuai dengan yang diinginkan, karena untuk mengatur waktu tidur layar (mode sleep), hp android sudah menyediakan fasilitasnya yang dapat digunakan dengan mudah, bahkan jika mau pengguna pun bisa mengatur agar layar hp tetap terus menyala jika diinginkan.
Tapi sayangnya, untuk beberapa kasus beberapa pengguna smartphone  juga terkadang sering mengalami layar hp nya tidak mau mati otomatis, layar hp tetap terus menyala tidak mau masuk ke mode tidur (mode sleep), tidak mau terkunci otomatis walaupun hp sedang tidak digunakan.
Bahkan kasus tersebut bisa terjadi pada hampir semua merk hp android seperti xiaomi, lenovo, samsung, oppo, vivo, asus dan merk hp android lainnya.
Sebenarnya ada banyak penyebab kenapa layar hp tidak mau mati dan terkunci secara otomatis, beberapa penyebabnya diantaranya sebagai berikut:
  • Pengaturan (settings) yang salah 
  • Sistem hp anda dalam keadaan Error, 
  • korsleting yang terjadi pada keypad smartphone anda (khusus untuk hp yang dilengkapi dengan keypad).
  • Hp anda  mengalami hang atau loading terlalu berat
  • LCD HP android anda dalam keadaan rusak sehingga seolah-olah lcd anda mendapatkan sentuhan secara terus-menerus.
Lantas bagaimana cara mengatasinya ?

Untuk anda yang sedang mengalami layar hp android anda tidak bsa mati dan terkunci secara otomatis, maka anda bisa mencoba hal-hal berikut:

Periksa setingan mode kunci layar

Umumnya layar hp tidak mau terkunci atau mati otomatis biasanya karena pengaruan waktu penguncian layar memilih never/ jangan, sehingga hp akan terus menyala walaupun tidak digunakan.

Oleh karena itu untuk mengatasi masalah ini yang paling mudah yang bisa anda upayakan adalah memeriksa setingan mode kunci layar pada hp android anda.

Di beberapa merk hp untuk mengatur waktu kunci layar disajikan berbeda, namun biasanya ada di halaman pengaturan/ setting, anda bisa melihatnya di halaman pengaturan / settings tersebut.

Untuk beberapa merk hp android cara mengatur waktu kunci layar adalahs ebagai berikut:

Pengguna HP Xiaomi:

Untuk anda pengguna hp xiaomi yang ingin mengatur setingan waktu kunci layar langkahnya sebagai berikut:

a. Masuk ke menu settings / pengaturan

b. Pilih menu Kunci Layar & Sandi

c.Tap pada Opsi Tirur / Sleep, lalu pastingan anda tidak memilih never/ jangan, 
Silahkan anda pilih waktu yang anda inginkan, dari mulai 15 detik sampai dengan 10 menit paling lama.

Layar hp xiaomi anda akan mati masuk ke mode sleep dan terkunci secara otomatis ketika layar hp tidak disentuh dalam waktu sesuai dengan opsi yang anda pilih di pengaturan tersebut.

Pengguna Assus Zefone.


Untuk pengguna asus zenfone khusus seri zenfone 3 Maz ZC520TL dan seri asus zenfone 2,  layar tidak bisa mati otomatis juga  menjadi salah satu masalah yang sering dialami, bahkan kabarnya layar sering menyala sendiri berkedip-kedip.

Untuk pengguna asus zenfone yang layarnya tidak mau mati, maka beberapa cara yang bisa anda coba lakukan adalah :

a. Memeriksa pengaturan smartlock di menu setting >> keamanan >> smartlock
pastikan semua featur smartlocknya dalam keadaan non-aktif.

b. Pastikan pengaturan kunci layar tidan memilih Never/ jangan

c. Periksa juga pengaturan zenmotion settings/pengaturan > zenmotion coba nonaktifkan.

Jika hal diatas sudah anda lakukan dan tetap saja hp asus anda bermasalah, maka anda bisa coba mengupdate firmware hp asus anda dengan versi terbaru, atau jika masalah muncul setelah anda melakukan update, coba downgrade.

Untuk merk hp android lainnya seperti Samsung, lenovo, anda bisa memeriksa pengaturan kunci layar, pastikan tidak memilih never/ jangan.

Post a Comment for "Cara atasi layar hp android tidak bisa mati dan terkunci otomatis (xiaomi, lenovo, samsung, oppo, vivo)"