Saturday, 6 October 2018

Cara agar gambar / video dari whatsapp (wa) tidak tersimpan otomatis di hp android!

Blogiseng.web.id - Whats app adalah aplikasi messaging berbasis mobile yang bisa berjalan di smartphone dengan sistem operasi android dan mac is iphone, aplikasi yang satu ini ini menjadi salah satu aplikasi yang sangat populer untuk saling mengirim pesan melalui jaringan internet.Yang paling disukai dari whats app adalah karena tampilannya sederhana penggunaannya yang mudah dan setiap pengguna dapat saling mengirim pesan lengkat dengan vitur multimedia, artinya pengguna dapat mengirim pesan selain dalam bentuk teks pesan juga dapat dilengkapi dengan gambar maupun video, dengan adanya fitur ini pesan whats app menjadi semakin interaktif.
Ketika anda saling mengirim pesan terutama dalam bentuk gambar maka pada umumnya whats app akan menampilkan cuplikan gambar, ketika gambar tersebut anda klik, maka whats app sebenarnya akan melakukan download pada gambar tersebut dan ditampilkan di halaman chating whats app yang anda gunakan.
Setiap gambar maupun video yang anda klik untuk dilihat, maka gambar dan video tersebut akan tersimpan secara otomatis di perangkat hp android anda. tentu saja semakin banyak gambar yang disshare oleh sesama pengguna whats app ke kontak whats app anda, maka gambar maupun video tersebut akan semakin memenuhi ruang penyimpanan hp anda.
Untuk menghindari download dant ersimpannya gambar pada perangkat hp anda, anda bisa menghindarinya dengan tidak melakukan klik untuk melihat gambar ataupun video yang dishare oleh teman whats app anda, selama gambar atau video tidak anda lihat, maka gambarpun tidak akan tersimpan di perangkat android anda.
Tapi sayangnya ada kasus setiap gambar dan video yang dishare di whats app, langsung tersimpan otomatis ke penyimpanan smartphone anda, jika itu terjadi biasanya karena adanya pengaturan whats app yang harus anda perbaiki.
Tapi sayangnya tidak banyak pengguna whats app cara mengatasi gambar atau video dari whats app yang tersimpan otomatis, oleh karena itu untuk memberikan anda sebuah panduan sederhana, agar hp anda tidak menyimpan video maupun gambar dari pesan whats app secara otomatis.

Cara agar gambar / video dari whatsapp (wa) tidak tersimpan otomatis!

Jika pada aplikasi whats app yang anda gunakan, setiap ada pesan yang memuat gambar atau video secara otomatis langsung tersimpan pada media penyimpanan hp android anda, maka sebaiknya anda tidak usah khawatir, karena itu bukan bug, biasanya ada pengaturan whats app yang harus diperbaiki.Langkah-langkah untuk mencegah whats app download dan menyimpan sendiri pesan gambar atau video secara otomatis adalah sebagai berikut:
1. Aktifkan aplikasi whats app di hp android anda.
2. tekan tombol menu titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih menu settings
3. Lalu pilih opsi chats and calls

4. Kemudian di halaman pengaturan Chats and calls > pilih opsi media auto downloads
pengaturan media auto download wa

5.  Lalu di halama chats and calls > pilih opsi When using mobile data

6. Pada dialog yang muncul, hilangkan centang yang ada.
pengaturan auto download gambar dan video wa
Ingat hilangkan centang yang ada, lalu tekan tombol OK.
Dengan menghilangkan centang, maka setiap kali ada pengguna whats app mengirimkan gambar, audio maupun video ke whats app anda, media tersebut tidak akan langsung otomatis tersimpan / terdownload.
Whats app baru akan mendownload dan menyimpannya ke perangkat android anda ketika anda memutuskan untuk melihat media tersebut.

Itulah artikel sederhana tentang cara mengatasi masalah media, gambar,  video dan suara yang tersimpan secara otomatis di perangkat hp anda.
Lebih baik lakukan pengaturan di atas, karena ketika gambar tersimpan secara otomatis, tanpa anda sadari penyimpanan di hp anda akan cepat penuh. tentunya akan menganggu kinerja kecepatan hp anda.


 
Backlink:


EmoticonEmoticon