Saturday, 6 October 2018

5 Tips memperbaiki layar iphone error bergerak sendiri dan tidak merespon sentuhan

Blogiseng.web.id - Kita kenal iphone merupakan smartphone dengan teknologi tinggi dan kaya akan inovasi baik dari sisi hardware maupun software, namun walaupun begitu tidak membuat iphone tahan dari permasalahan perangkat dan segala bentuk kerusakan.
Salah satu bentuk kerusakan atau masalah yang sering dialami oleh pengguna iphone adalah masalah pada layar touch screen iphone yang sering error, ya mungkin penyebabnya iphone anda kualitas iphone rekon.
Error pada layar iphone ini bermacam-macam, beberapa diantaranya adalah layar kurang sensitif tidak bisa disentuh yang menyebabkan layar tidak bergerak dan ketika layar disentuh tidak merespon sama sekali, yang berikutnya adalah masalah layar yang terkadang suka bergerak sendiri padahal tidak disentuh.
Mengatasi layar iphone error bergerak sendiri, kurang responsif atau tidak bisa disentuh
Masalah-masalah tersebut umumnya banyak dikeluhkan oleh pengguna iphone 5, tapi tidak tutup kemungkinan bisa juga anda alami pengguna iphone dengan seri lainnya.
Kemungkinan permasalahan tersebut ada 2, bisa karena software (perangkat lunak) atau bisa karena hardware (perangkat keras), jika masalah disebabkan oleh perangkat lunak atau software error, maka ini kemungkinan akan mudah untuk diperbaiki salah satunya dengan kalibrasi layar iphone, namun jika permasalahan disebabkan oleh hardware, maka ini perlu dibawa ke tukang service.
Tapi apapun peyebab masalahnya, langkah pertama yang bisa anda coba lakukan adalah memperbaikinya sendiri, baru ketika permasalahan tidak bisa di atasi, maka jalan terakhir yaitu membawanya ke service center khusus iphone.

Tips mengatasi layar di iPhone, iPad, atau iPod touch tidak merespons sentuhan

Dikutif dari salah satu halaman yang dilansir oleh situs resmi iphone mengenai cara mengatasi layar iphone, jika layar sentuh iphone yang anda gunakan merespons dengan lambat, tidak konsisten, atau tidak merespons sama sekali, langkah-langkah yang bisa anda coba lakukan adalah sebagai berikut:

1. Periksa layar sentuh iPhone yang anda gunakan

Pastikan tangan Anda bersih dan kering, lalu coba langkah-langkah ini:a. Jika Anda memiliki casing atau pelindung layar di perangkat, coba lepaskan.
b. Bersihkan layar dengan kain yang lembut, agak basah, dan bebas serabut.
c. Mulai ulang perangkat Anda. Jika Anda tidak dapat memulai ulang, Anda dapat memulai ulang paksa perangkat Anda.
Cara memulai ulang / restart iphone :
  • Tekan dan tahan tombol power hingga penggeser muncul.
  • Seret penggeser untuk benar-benar mematikan perangkat Anda.
  • Setelah perangkat mati, tekan dan tahan tombol Tidur/Bangun lagi sampai Anda melihat logo Apple.
Cara memulai ulang iphone secara paksa :

  • Di iPhone 7 atau iPhone 7 Plus: Tekan dan tahan tombol Tidur/Bangun dan tombol Volume Bawah selama minimal sepuluh detik, hingga logo Apple ditampilkan.
  • Di iPhone 6s dan versi lebih lama, iPad, atau iPod touch: Tekan dan tahan tombol Tidur/Bangun dan tombol Utama selama minimal sepuluh detik, hingga logo Apple ditampilkan.

2 . Sesuaikan pengaturan Anda untuk 3D Touch

Jika Anda memiliki iPhone 6s atau versi lebih baru yang tidak merespons tekanan 3D Touch dengan benar, Anda dapat menyesuaikan pengaturannya:
  • Buka Pengaturan > Umum.
  • Ketuk Aksesibilitas > 3D Touch.
  • Kemudian sesuaikan sensitivitas pengaturan.

3. Kembalikan sistem IOS ke semula jika masalah terjadi setelah melakukan update

Untuk anda yang mengalami masalah pada layar hp iphone anda, selidiki apa penyebab masalahnya, jika masalah muncul setelah anda melakukan update iOS misalnya, maka anda harus melakukan downgrade, mengembalikan ke sistem iphone sebelumnya, karena boleh jadi permasalah tersebut muncul karena masalah ketika melakukan upgrade.
 

4. Coba reset Iphone anda

Anda juga bisa mencoba melakukan reset iPhone anda, untuk melakukan reset pastikan baterai iphone penuh, data penting sudah dibackup dan iphone anda terkoneksi ke internet.
Buka menu Settings > General lalu pilih reset , kemudian di bagian selanjutnya pilih saja opsi Erase All contents anda settings
Sistem IPhone anda akan kembali ke semula seperti pertama kali anda gunakan, semoga saja dengan melakukan reset, bisa memperbaiki masalah pada layar ihpne anda yang kurang sensitif atau masalah lainnya.

5. Bawa ke servis center iphone

Ini adalah jalan terakhir yang bisa anda lakukan ketika anda masih belum bisa mengatasi masalah layar iphone anda, kemungkinan besar memang ada kerusakan dengan perangat keras iphone anda.Oleh karena itu jika layar sentuh iPhone Anda masih bermasalah tidak merespons seperti seharusnya, hubungi Dukungan Apple atau bawa perangkat ke Apple Retail Store atau Penyedia Layanan Resmi Apple indonesia.
Itulah beberapa tips untuk memperbaiki masalah error pada halar hp tocuh screen iphone yang anda miliki, semoga dengan salah satu cara di atas bisa memperbaiki masalah pada layar iphone anda.


EmoticonEmoticon