5 Cara mengatasi Error Tidak terdaftar di jaringan (Not registered on network) di hp samsung

Blogiseng.web.id - Saat ini banyak pilihan merk hp dengan berbagai seri, salah satu merk hp yang cukup populer adalah hp samsung, sayangnya belakanagan banyak saya lihat, beberapa pengguna hp samsung mengalami beberapa masalah, salah satunya masalah error tidak bisa melakukan panggilan dengan pesan Tidak terdaftar di jaringan atau Not registered on network.
Pesan error tersebut seolah-olah kartu telepon yang digunakan tidak terdeteksi oleh jaringan telepon di sekitar hp digunakan, walaupun beberapa kasus menyebutkan indikator signal jaringan di hp terbaca dengan baik dan sepertinya dalam kondisi bagus, namun tetap saja setiap kali digunakan untuk menelopon akan muncul pesan peringan Not registered on network seperti tampilan gambar di bawah ini:

Bahkan untuk kasus lainny ketika mencoba memeriksa pengaturan mobile network muncul juga pesan Insert simcard to access network service", dan ketika digunakan untuk internet juga tidak jarang muncul pesan "Insert simcard / masukan kartu"
Permasalahan di atas atas banyak dialami oleh pengguna hp android samsung, tapi tidak tutup kemungkinan pengguna hp android lainnya pun bisa mengalami permasalahan serupa.
Ada banyak sekali penyebabnya bisa karena kartu rusak, jaringan memag tidak ada, perangkat rusak, atau karena rom yang digunakan oleh perangkat android tidak stabil atau banyak bug.
Namun untuk memastikan penyebabnya pengguna bisa mencoba beberapa alternatif yang akan saya uraikan di artikel di bawah ini, semoga dengan alternatif tersebut bisa mengatasi error tidak terdaftar di jaringan (not registered on network).

Cara mengatasi Error Tidak terdaftar di jaringan (Not registered on network) di hp samsung

Berikut beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengatasi error  Error Tidak terdaftar di jaringan (Not registered on network) di hp samsung yang anda gunakan.

Alternatif ke #1 : Restart dengan cara tertentu

Untuk mengatasi  Error Tidak terdaftar di jaringan (Not registered on network) di hp samsung, anda bisa mencoba langkah-langkah di bawah ini, mungkin di hp yang anda gunakan sedikit berbeda namun anda bisa mencari opsi serupa:
1. Masuk ke halaman settings / pengaturan
2. Pilih wireless and network
3. Pilih Mobile network
4. Sementara berada di halaman pengaturan mobile network, sekarang tekan tombol power dan tombol Home secara bersamaan selama  kurang lebih 15 detik.
Anda akan melihat layar hp android samsung anda berkedip-kedip dan seolah-olah mati, tapi jangan khawatir itu normal. Silahkan tunggu saja sampai perangkat akan melakukan restart secara otomatis.
Untuk beberapa kasus, di beberapa hp samsung, cara di atas bisa mengatasi masalah  Error Tidak terdaftar di jaringan (Not registered on network) di hp samsung, semoga cara di atas bisa mengatasi permasalahan di hp android anda.

Alternatif ke #2 : Atur ulang setelan jaringan

Jika cara pertama gagal, anda bisa mencoba alternatif ke 2 untuk memperbaiki  Error Tidak terdaftar di jaringan (Not registered on network) di hp samsung anda, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:1. Masuk ke settings / pengaturan 
2.  Pilih Wireless and network atau  network connections
3.  Tapi pada pilihan More network > Mobile network jika tidak ada coba cari di more settings... dan cari mobile network, mungkin di beberapa perangkat sedikit berbeda, namun anda bisa mencari menu yang serupa di atas.
4. Di halaman selanjutnya Pilih opsi Network operator, pilih jaringan yang anda gunakan  atau pilih otomatis jika ada.

Alternatif ke #3 : ganti kartu

Bisa jadi permasalahan ada di kartu seluler yang anda gunakan, pastikan bahwa kartu masih dalam kondisi baik, atau anda bisa mencoba dengan kartu lain dengan operator berbeda, jika masih sama berarti permasalahan bukan di kartu.

Alternatif ke #4 : ganti /update rom

 Error Tidak terdaftar di jaringan (Not registered on network) di hp samsung juga bisa disebabkan oleh rom yang didalamnya terdapat bug. untuk beberapa merk hp rom biasanya selalu ada update secara continue untuk memperbaiki bug-bug yang ada.Anda bisa mencoba melakukan update jika update di samsung anda sudah tersedia, atau coba melakukan flashing ulang, tentunya harus dilakukan oleh orang yang sudah paham cara melakukan flashing agar tidak gagal.

Alternatif ke #5 : Bawa ke tukang service

Ini untuk anda yang tiba-tiba hpnya tidak bisa melakukan panggilan dengan pesan  Error Tidak terdaftar di jaringan (Not registered on network) di hp samsung, jika alternatif di atas tidak berhasil maka langkah terakhir anda harus memeriksaan perangkat anda di service center terdekat, karena bisa jadi permasalahannya karena hardware yang rusak. 
 
Backlink:
 

Post a Comment for "5 Cara mengatasi Error Tidak terdaftar di jaringan (Not registered on network) di hp samsung"