Cara Mengatasi Samsung Galaxy Lemot atau Lambat

Banyak sekali macam-macam tipe Samsung Galaxy baik ponsel atau tablet, misalnya saja Samsung Galaxy Young, Grand, Mini, Fame, Note, Tab, S3, S4 dan yang terakhir Samsung Galaxy S5. Ada juga Galaxy Star, Ace, Core Duos, Mega, Chat, Beam, Advance dan Pocket.
Dari semua tipe-tipe ponsel dan tablet keluaran brand Samsung diatas, pada prinsipnya sama saja bagaimana cara  mengatasi kinerja yang lemot atau lambat, istilah lemot juga dikenal untuk Blackberry dan Sony Xperia yang juga sering mengalami kendala yang sama. Ada baiknya anda mengetahui komponen-komponen dan istilah yang terdapat dalam smartphone, dengan mengetahui dasar komponen ini (prosesor, RAM, Memory dan GPU) anda akan lebih mudah mengatasi masalah lemot pada hp anda.

Baca Juga:

Berikut adalah cara mengatasi Samsung Galaxy lemot secara umum:
[Hapus/  nonaktifkan aplikasi bawaan pabrik – pindahkan aplikasi ke memori – hapus cache, log – no multitasking – soft reset / hard reset]

  1. Baik hp baru atau lama pasti ditemukan aplikasi-aplikasi bawaan dari pabrik, yang belum tentu anda membutuhkan atau sering terpakai, maka nonaktifkan aplikasi tersebut supaya tidak membebani prosesor dan memori, caranya buka pengaturan –> aplikasi –> pilih aplikasi yang mau di nonaktifkan –> hapus instalan atau nonaktifkan (jika sudah terupdate hapus instalan dulu baru dinonaktifkan, jika belum bisa langsung dinonaktifkan).
  2. Jika memungkin anda bisa memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal (SDCard) bisa dilakukan secara manual bisa juga dilakukan dengan aplikasi Link2SD. Hal ini supaya tidak membebani hardware ponsel anda.
  3. Setiap aktifitas yang anda lakukan dengan hp Samsung anda, baik browsing, bermain game, atau membuka aplikasi-aplikasi yang lain, akan selalu meninggalkan berkas bisa berupa sampah, cache, histori, memori, dll. Jika tidak dibersihkan secara continue maka sampah akan semakin menumpuk, cara yang paling admin anjurkan adalah menggunakan aplikasi Clean Master.
  4. Biasakan jika menggunakan hp untuk tidak secara multitasking, maksudnya tidak membuka game, browser, musik, video, radio, secara bersamaan, aplikasi yang berjalan bersamaan akan sangat memberatkan kinerja prosesor dan memori RAM.
  5. Soft atau hard reset ialah upaya untuk mengembalikan ponsel kedalam bentuk seperti dalam kondisi baru, semua aplikasi, memori akan terhapus, jadi ponsel akan benar-benar tampak seperti baru dibeli, semua pengaturan akan kembali default, sebelum melakukan tindakan ini, anda wajib membackup semua data, kontak, file apapun, cara yang termudah ada menggunakan aplikasi mobogenie for PC.
Tips ini berlaku secara umum untuk Samsung Galaxy Young, Grand, Mini, Fame, Note, Tab, S3, S4, S5, Galaxy Star, Ace, Core Duos, Mega, Chat, Beam, Advance, Pocket, dll.
Kunci mengatasi hp lemot ialah ‘ anda sendiri ‘ dalam cara pemakaian, maksudnya jangan memberikan beban melebihi kemampuan (spesifikasi) ponsel itu sendiri, haruslah sebanding atau kurang dari.

Search Populer
  • samsung galaxy v lemot banget
  • cara mempercepat hp samsung
  • samsung grand prime lemot
  • samsung galaxy grand duos lemot
  • cara agar hp android tidak lemot saat internetan
  • cara mengatasi samsung j1 lemot
  • samsung j1 ace lemot
  • aplikasi terbaik untuk samsung grand duos

Post a Comment for "Cara Mengatasi Samsung Galaxy Lemot atau Lambat"