11 Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Android

Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Baterai Android Kamu - Perangkat Android banyak digunakan dan telah menjadi ponsel generasi baru kita. Perangkat Android yang populer karena ada fitur menarik termasuk internet yang cepat, Video calling, Audio dan Video pada kualitas HD, kamera, pemasangan custom UI dll. Perangkat Android multitasking dan multiprocessing itu kita bisa menjalankan beberapa program sekaligus. Kita bisa mendengarkan musik dan bermain internet pada saat bersamaan. Karena banyaknya data pribadi sehingga keamanan dan privasi juga menjadi isu utama. Sebaiknya pasang aplikasi layar kunci . Seperti banyak program atau Apps yang kami jalankan di perangkat kami, masalah paling umum yang kami hadapi adalah, perangkat kami segera dilepas. Backup baterai juga menjadi masalah dengan multitasking. Dalam kondisi itu kita harus mencoba berbagai teknik untuk meningkatkan daya tahan baterai android. Ada beberapa alasan untuk membuang baterai kita segera termasuk masalah perangkat keras, pengisian daya berlebih, aplikasi berlatar belakang berjalan, meningkatkan pemakaian internet dll. Jika Anda juga menderita masalah ini, maka kita akan membahas beberapa tip untuk meningkatkan daya tahan baterai android. Cobalah semua tips ini satu per satu melihat seberapa besar hal itu mempengaruhi kesehatan baterai Anda.

Baca Juga:

Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Android.

 

1. Periksa Aplikasi yang Menggunakan Lebih Banyak Daya.

Di perangkat Android kami ada beberapa aplikasi yang terpasang dan mengkonsumsi jumlah daya yang berbeda. Kita harus mengamati App mana yang mengkonsumsi berapa banyak daya untuk menghilangkan atau mematikan fitur daya yang dimilikinya. Anda dapat memeriksa ini dengan membuka Setting > About phone > Battery use. 

 
Android battery usage checkup

 

2. Hentikan Layanan yang Tidak Perlu.

Di perangkat Android kita ada beberapa layanan latar belakang yang mengkonsumsi RAM dan baterai kita. Jadi kita sudah menghentikan layanan seperti itu. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan > Aplikasi > Menjalankan layanan . Pada layar berikutnya Anda akan menemukan daftar layanan dengan penggunaan jumlah RAM mereka. Kita bisa mematikan layanan seperti update software, email dan layanan lainnya yang tidak Anda gunakan saat ini. Ini akan meningkatkan daya tahan baterai android.
Android stop unwanted apps settings

 

3. Matikan Bluetooth dan WiFi Setelah Penggunaan.

Di perangkat Android kami menggunakan Bluetooth dan WiFi untuk berbagi data dan akses internet. Saat kita menyalakan generator gelombang radio Bluetooth atau WiFi mulailah menghasilkan gelombang dan konsumsi baterai kita. Jadi kita harus mematikan Bluetooth dan WiFi setelah pemakaian ini akan meningkatkan masa pakai baterai android.

 

4. Kurangi Multitasking.

Di perangkat Android kami, kami menjalankan beberapa Aplikasi sekaligus. Jika kita menjalankan lebih banyak Apps maka akan mengkonsumsi lebih banyak CPU, baterai dan menurunkannya. Karena prosesor harus memproses lebih banyak aplikasi sekaligus maka akan menambah bebannya. Tutuplah Apps yang saat ini tidak digunakan oleh Anda. Ini akan meningkatkan performa hidup baterai android.

 
Reduce multitasking on android

 

5. Matikan Internet Setelah Pakai.

Di perangkat Android kita sering kita tetap koneksi internet kita saat kita tidak menggunakannya. Beberapa Apps menggunakan internet ini dan memperbaruinya secara otomatis. Ini akan mengkonsumsi baterai kita karena prosesor harus memproses aplikasi ini. Juga kita mendapatkan pemberitahuan dari berbagai utusan dan mereka berlari di latar belakang. Jadi kita harus mematikan koneksi kita setelah pemakaian.
Android turn of internet after usage

 

6. Matikan GPS.

Di perangkat Android kami, penerima GPS dihidupkan secara default. Saat receiver ini aktif, perangkat Android kami mencari satelit dan prosesornya mengirimkan informasinya ke App yang memerlukannya meskipun tidak ada Apps yang terpasang di telepon kami yang tidak menggunakan GPS. Jadi kita harus mematikan GPS saat tidak membutuhkannya. Kita bisa melakukan ini dengan masuk ke Settings > Security and Location > Enable / disable GPS 
Turn Off GPS on android

.

7. Matikan Hotspot Anda Setelah Pakai.

Android fitur penting lainnya adalah hotspot. Dengan bantuan hotspot kita bisa berbagi koneksi data seluler ponsel kita dengan laptop dan dengan ponsel lain. Saat kita menyalakan fitur hotspot maka koneksi data ponsel kita berjalan di atas gelombang radio yang tertangkap oleh perangkat lain. Fitur Hotspot juga melepas baterai kita segera jadi kita harus mematikan fitur ini setelah digunakan untuk meningkatkan daya tahan 
baterai android.

 
Turn off hotspot on android to save battery

 

8. Turunkan Kecerahan Display atau Nonaktifkan Auto.

Kecerahan tampilan adalah faktor lain yang mempengaruhi konsumsi baterai kita. Jika kita meningkatkan kecerahan display kita, tampilan Android yang dipimpin membutuhkan lebih banyak tenaga untuk menerangi kerapatan warna pixel. Jadi kita harus mengurangi kecerahan kita sampai seberapa jauh untuk meningkatkan daya tahan baterai android dan melindungi mata kita juga atau bahkan cara terbaik untuk menyesuaikannya dengan cara meringankan.

reduce brightness on android for battery life
 

9. Hidupkan Mode Hemat Daya.

Mode penghemat daya adalah salah satu fitur terpopuler yang tersedia khusus di Samsung Mobiles. Jika Anda memiliki Samsung atau ponsel lain yang mendukung mode hemat daya maka Anda harus mengaktifkan mode hemat daya untuk menambah masa pakai baterai. Mode penghemat daya menutup semua layanan dan proses yang tidak perlu dan mengurangi kecerahan display dll.
Turn On Power Saver Mode android
 

 

10. Hindari pengisian daya baterai yang berlebihan.

Saat kita memasang telepon untuk pengisian, kita harus mengurus berapa lama waktu yang dibutuhkan telepon untuk terisi penuh. Setelah pengisian penuh kita harus melepas charger kita karena pengisian daya yang berlebihan akan merusak baterai kita dan juga memanaskan komponen ponsel kita. Jadi kita harus mengurus waktu pengisian baterai. Bahkan ada beberapa aplikasi alarm dimana baterai terisi penuh.

 
Avoid Overcharging Of Battery android

11. Beli Extended Battery.

Bila Anda perlu mengganti baterai selalu beli baterai perusahaan asli untuk mendapatkan masa pakai baterai yang lama. Jika ingin lebih banyak power backup maka sebaiknya beli baterai extended lalu yang sebelumnya. Jika Anda memiliki baterai 2000 mAH sebelumnya maka Anda harus membeli 24000 mAH atau lebih power battery dan ikuti tip di atas.

Baca Juga:
 
 
Jadi ini adalah beberapa tips menghemat baterai terbaik untuk android. Kami berharap dengan menerapkan semua ini akan membantu meningkatkan daya tahan baterai android.

Search Populer
  • mengganti baterai hp dengan daya yang lebih besar
  • cara menambah baterai tanpa charger
  • aplikasi baterai 200%
  • cara menambah kapasitas powerbank
  • cara menambah kapasitas memori hp dari 2gb menjadi 4gb
  • modifikasi baterai hp
  • harga baterai android 3000mah
  • cara mengetahui kapasitas power bank sebenarnya 

Post a Comment for "11 Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Android"