Wednesday, 7 November 2018

Solusi Aplikasi Tiba - Tiba Berhenti (Error) Di Hp Xiaomi

Blogiseng.web.id - Aplikasi telah berhenti - Bagaimana cara mengatasi aplikasi yang tiba - tiba berhenti di hp android xiaomi ? Tentu diantara kita tidak sedikit yang pernah mengalami masalah aplikasi hp android berhenti sendiri dimana pada layar smartphone muncul notifikasi "Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti". Masalah aplikasi tertutup sendiri di hp android dapat terjadi pada berbagai macam aplikasi yang ada pada perangkat smartphone tersebut, baik itu pada aplikasi media sosial seperti facebook dan instagram ataupun aplikasi android berhenti sendiri pada aplikasi bawaan ponsel seperti pesan ataupun tema. Dan masalah aplikasi hp android yang sering hang karena sering berhenti sendiri itupun tidak hanya terjadi pada merek - merek ponsel android dengan spesifikasi rendah saja, tidak menutup kemungkinan masalah aplikasi error ini dapat terjadi pada hp xiaomi, oppo smartphone, vivo, asus bahkan hp android samsung sekalipun.
Akan terdapat berbagai macam jawaban dari berbagai sumber apabila kita mempertanyakan penyebab dari aplikasi hp android seperti xiaomi yang mengalami masalah aplikasi tiba - tiba keluar sendiri. Mulai dari kapasitas memori internal yang mulai penuh, terdapatnya virus pada perangkat android xiaomi tersebut sampai dengan mi cloud bermasalah sehingga aplikasi hp xiaomi sering ngeleg jika sedang digunakan. Lantas bagaimana cara memperbaiki hp xiaomi yang selalu muncul pemberitahuan "Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti" ataupun "Unfortunately, Apps has Stopped" pada layar hape android tersebut ? Pada intinya, apapun alasan kenapa aplikasi hp xiaomi sering berhenti sendiri tersebut kita harus segera memperbaikinya karena notifikasi "Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti" yang selalu muncul di layar ponsel android pasti akan mengganggu aktivitas penggunaan perangkat android yang kita miliki.


Baca Juga:

Cara mudah mengunci aplikasi android di hp xiaomi miui7 dan 8



Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini, Smartphone Solution akan mencoba memberikan solusi jika anda sedang mengalami masalah sayangnya proses com.android.phone telah berhenti tersebut. Meskipun merupakan sebuah tips sederhana namun metode ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah aplikasi android terhenti mulai dari sayangnya perpesanan telah berhenti di xiaomi, peluncur sistem xiaomi berhenti bahkan masalah sayangnya keamanan telah berhenti xiaomi. Jadi sebelum anda membawa smartphone xiaomi yang error tidak bisa masuk ke dalam aplikasi tersebut ke service center, alangkah lebih baiknya jika kita mencoba mengatasinya sendiri dengan cara tersebut. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan mengenai cara mengatasi hp xiaomi tidak bisa multitasking karena aplikasi terhenti dibawah ini.
cara mengatasi sayangnya ponsel telah berhenti

Dengan adanya masalah aplikasi yang tidak merespon dan pada akhirnya muncul pemberitahuan bahwa aplikasi telah terhenti tentu akan mengakibatkan aplikasi smartphone android menjadi sulit digunakan untuk aktivitas multi tasking. Di bawah ini merupakan langkah perbaikan jika notifikasi "Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti" selalu muncul pada layar smartphone android dan disini kami menggunakan sebuah smartphone android xiaomi yang sedang terdapat masalah tidak bisa masuk ke dalam aplikasi tersebut, cara mengatasinya adalah sebagai berikut :
 

Cara mengatasi sayangnya ponsel telah berhenti di hp xiaomi

1. Clear cache aplikasi
Salah satu penyebab dari aplikasi menjadi error, lemot ataupun sering macet adalah karena file cache yang menumpuk. Oleh karena itu langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan apabila kita menjumpai masalah aplikasi yang sering tidak merespon adalah dengan mencoba untuk membersihkan file cache pada aplikasi terkait. Jadi tidak heran jika aplikasi Cleaner atau Optimizer sering digunakan oleh para pengguna hp xiaomi untuk membersihkan file sampah di perangkat android tersebut.
Namun tidak jarang juga bagi mereka pengguna smartphone android yang melakukan pembersihan file cache tersebut secara manual tanpa aplikasi, dengan langkah - langkah sebagai berikut :
  • Buka Menu Setelan >> Aplikasi Terinstall >> Kemudian cari dan pilih "NAMA APLIKASI" >> Setelah itu kita pilih "Hapus Cache"

2.  Paksa dan Hapus Data Aplikasi
Menghentikan dan menghapus data aplikasi merupakan cara kedua dari kami apabila anda sedang menghadapi masalah seperti tidak bisa dibuka, muncul pesan error dan sering lag. Akan tetapi jika kita menggunakan cara kedua kali ini maka perlu untuk kita ketahui bahwa data aplikasi seperti file cache, basis data, data login, history, bookmark, dan lainnya akan hilang sementara. Namun jika kita sudah masuk kembali pada aplikasi hp xiaomi yang error tersebut maka secara otomatis data akan kembali seperti sedia kala. Berikut ini merupakan langkah - langkah yang dapat kita lakukan untuk untuk menghapus data aplikasi di Xiaomi, diantaranya adalah :
  • Buka Menu Setelan >> Aplikasi Terinstall >> Kemudian cari dan pilih "NAMA APLIKASI" >> Setelah itu kita pilih "Paksa Berhenti" dan "Hapus Data".

3. Perbarui Aplikasi 
Salah satu cara menghilangkan bug di hp xiaomi adalah dengan melakukan pembaharuan aplikasi yang ada. Selain dapat digunakan untuk mengatasi masalah aplikasi tiba - tiba berhenti di hp xiaomi ternyata "Update Aplikasi" juga memiliki kelebihan seperti aplikasi akan berjalan lebih lancar dan maksimal. Selain itu kita akan memiliki fitur terbaru dari aplikasi yang telah kita perbarui tersebut, untuk itu jika anda ingin mengetahui cara perbarui aplikasi ponsel xiaomi lewat google playstore maka dapat kita lihat pada ulasan di bawah ini :
  • Buka Menu Google Play Store >> Setelah itu kita cari aplikasi yang bermasalah >> Setelah itu kita bisa memulai untuk update aplikasi tersebut.

4.  Install Ulang Aplikasi
Dan untuk yang keempat, kita dapat mencoba untuk install ulang aplikasi. Dengan Install Ulang, tentunya ini bisa menjadi solusi terbaik dalam mengatasi masalah pada aplikasi tertentu. Agar lebih maksimal, setelah mencopot aplikasi, sebaiknya kita unduh aplikasi yang baru langsung dari Google Play Store, bukan dari file apk atau dari situs pihak ketiga. Dan untuk menghapus aplikasi di Xiaomi, dapat kita lihat pada langkah - langkahnya berikut ini :
  • Buka Menu Setelan >> Aplikasi Terinstall >> Kemudian cari dan pilih "Google Play Store" Selanjutnya, kita pilih "Copot Pemasangan"

5.  Wipe Cache Partition
Jika dari beberapa cara di atas masih belum bisa mengatasi masalah aplikasi yang menutup sendiri maka tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk melakukan Wipe Cache Partition. Cara kali ini sebenarnya hampir sama dengan clear cache pada pengaturan di perangkat smartphone akan tetapi yang membedakan disini adalah kita akan membersihkan file cache pada sistem Android (MIUI).
Meskipun demikian, untuk dapat melakukan Wipe Cache Partition pada hp xiaomi pengguna harus bisa Masuk Pada Menu Recovery Mode Atau MI Recovery Xiaomi. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu untuk kita lakukan saat akan mencoba Wipe Cache Partition di Xioami, diantaranya :
  • Pertama - tama pastikan kita memiliki daya baterai mencupi untuk melakukan Wipe Cache Partition sebelum masuk menu Recovery Mode Xiaomi
  • Dan untuk masuk menu Recovery Mode Xiaomi, dapat kita lakukan dengan cara tekan tombol "Power + Volume Up" secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo MI yang menandakan bahwa kita akan dibawa pada menu Recovery Mode Xiaomi.
  • Alangkah lebih baiknya jika kita memilih bahasa pilih saja "Bahasa Inggris".
  • Dan untuk melakukan Wipe Cache Partition, kita tinggal pilih "Wipe Cache Partition", kemudian tunggu sampai proses Wipe selesai dan berhasil. Jika sudah, maka kita coba lakukan restart atau reboot untuk mengakhiri semua langkah yang anda lakukan.
  • Selesai.

6.  Update MIUI
Sebelum menginjak pada langkah terakhir, apabila masalah aplikasi terhenti sendiri di hp xiaomi belum juga teratasi menggunakan langkah - langkah di atas maka update istem Android atau Interface dari perangkat Xioami atau lebih dikenal dengan MIUI perlu untuk kita coba lakukan. Namun sebelum kita mencoba melakukan pembaharuan MIUI Hp Xiaomi alangkah lebih baiknya jika kita mencari lokasi dengan kualitas sinyal WiFi terbaik agar bisa lebih cepat dalam mengupdate sistem Android Xiaomi tersebut.

7.  Hard Reset / Factory Reset
Dan untuk yang terakhir apabila dari semua cara di atas belum dapat mengatasi masalah "sayangnya proses com.android.phone telah berhenti" maka Factory Reset Atau Hard Reset Xiaomi Melalui Menu Recovery Mode perlu untuk kita lakukan. Akan tetapi perlu untuk kita ketahui apabila kita melakukan factory reset pada hp android maka semua aplikasi terinstall, data aplikasi, data / file yang tersimpan di Internal, dan data – data lainnya akan hilang. Dan untuk melakukan factory reset, ikuti langkah - langkah sebagai berikut :
  • Buka Menu Setelan >> Setelan Tambahan >> Buat Cadangan & Setel Ulang >> Kembalikan Ke Setelan Pabrik >> Setel Ulang Telepon >> Dan untuk konfirmasi, anda tinggal pilih "Hapus".

Dan untuk melakukan Hard Reset Melalui Menu Mi Recovery Xiaomi, ikuti langkah - langkah sebagai berikut :
  • Untuk masuk menu Recovery Mode Xiaomi, kita dapat menekan tombol "Power + Volume Up" secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul Logo MI. Dan secara otomatis, kita akan dihadapkan pada tampilan menu Recovery Mode Xiaomi (MI Recovery).
  • Untuk opsi bahasa, kita dapat memilih "Bahasa Inggris" agar nantinya dapat lebih mudah dalam melakukan Hard Reset.
  • Kemudian untuk melakukan Hard Reset pada perangkat Xiaomi, pilih saja "Wipe Data / Factory Reset". Setelah itu lanjutkan dengan memilih "Wipe All Data". Apabila terdapat pesan konfirmasi, kita bisa pilih "YES". (Gunakan tombol Power untuk memilih dan tombol Volume Up / Down untuk Navigasi.
  • Tunggu saja sampai proses Hard Reset / Wipe Data selesai dan berhasil 100%. Jika sudah, kita bisa mencoba untuk melakukan Reboot atau Restart pada smartphone Xiaomi yang kita miliki tersebut. Ikuti petunjuk login email dan kata sandi sampai nantinya kita dapat menggunakan smartphone Xiaomi kembali seperti dahulu tanpa adanya masalah aplikasi berhenti sendiri.
  • Selesai.



Semua metode di atas dapat kita terapkan pada semua perangkat Xiaomi seperti Xiaomi Mi4s, Mi4c, Mi4i, Mi4, Redmi 1S, Mi3, Redmi Note, Note 2, Note 3, Redmi Note 4, Note 4X, Note 4 Pro, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 4 Prime, Xiaomi Redmi Note 4, 4 Pro, 4 Snapdragon, Xiaomi Mi2A, Mi2S, Mi2, Mi1S, Mi Pad 2, Xiaomi Mi Note, Mi Note Pro, dan masih banyak lagi. Apabila terdapat sedikit perbedaan dari tutorial atau metode di atas, maka kita tinggal menyesuaikannya saja.

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja membahas tentang solusi dan penyebab aplikasi sering terhenti sendiri pada ponsel android xiaomi tersebut. Dan apabila dari 7 cara mengatasi aplikasi tiba - tiba berhenti di atas belum memberikan hasil terbaik maka tidak ada salahnya apabila kita membawa smartphone yang kita miliki ke service center terdekat. Dengan tujuan pemeriksaan yang lebih lanjut karena tidak menutup kemungkinan masalah peluncur sistem xiaomi berhenti tersebut dapat disebabkan oleh kerusakan hardware perangkat itu sendiri, sekian dan terima kasih ..


EmoticonEmoticon