Thursday, 15 November 2018

Ini Kelebihan dan Bahaya melakukan Root android !

Blogiseng.web.id - Kelebihan dan kekurangan atau bahaya melakukan root android - Barangkali anda sudah tidak asing dengan root android, seperti yang pernah saya jelaskan di artikel sebelumnya tentang istilah android root,hh,bootloop,hardbrick dan softbreak, kita ketahui bersama bahwa root android terkadang menjadi salah satu pilihan yang harus diambil oleh pengguna android dengan beberapa alasan, biasanya alasan yang paling utama adalah pengguna menginginkan bisa mengakses sumber daya dan sistem android secara penuh, dengan begitu pengguna bebas melakukan apapun terhadap perangkat android yang menjadi miliknya.
Sayangnya melakukan root android ini seperti 2 sisi mata uang, di satu sisi ada kelebihannya dan di sisi lainnya ada juga kekurangan dan bahayanya, namun tetap saja walaupun memiliki kekurangan dan resiko root terkadang menjadi pilihan untuk pengguna android.
Kelebihan dan kekurangan root pada android
Root sebenarnya adalah level user yang dimiliki oleh setiap sistem berbasis linux, karena android juga adalah linux maka didalamnya mengandung jenis level user root yang memiliki akses penuh terhadap sistem android, sayangnya pada perangkat android yang dijual dipasaran level root ini dalam keadaan terkunci, walaupun begitu pengguna masih bisa membuka kunci tersebut dengan cara-cara tertentu.
Siapapun anda tidak ada larangan untuk melakukan rooting pada perangkat android miliknya, namun anda jangan hanya melihat kelebihannya saja, karena android yang sudah di root juga memiliki kekurangan atau kelemahan.
Untuk anda yang hendak melakukan rooting, namun masih belum mengetahui kelebihan dan kekurangan melakukan rooting pada android, maka di artikel kali ini saya ingin menguraikan mengenai kelebihan dan bahaya melakukan rooting pada perangkat android. sehingga anda bisa mempertimbangkan apakah hp android anda harus di root atau tidak.
Berikut adalah kelebihan dan kekurangan melakukan root pada perangkat android yang harus anda ketahui:

 

Baca Juga:

5 Cara mengatasi Error Tidak terdaftar di jaringan (Not registered on network) di hp samsung

 

 a. Kelebihan melakukan root android

Sekali lagi ada alasan khusus pengguna android memilih melakukan rooting android miliknya, alasan yang paling utama adalah karena mereka melihat ada banyak sekali kelebihan ketika hp android sudah di root, berikut adalah beberapa kelebihan hp android yang sudah di root:
 
1. Bisa menginstal aplikasi apa saja
Kita ketahui bersama bahwa ada 2 kategori aplikasi android yang disediakan oleh pihak ke 3, yang pertama aplikasi yang bisa diinstal untuk perangkat yang belum di root, yang kedua aplikasi yang bisa diinstal hanya untuk android yang sudah di root.
Ketika aplikasi android sudah dalam keadaan diroot, maka semua aplikasi android baik yang disediakan di google play store maupun di luar google play strore semuanya bisa masuk tanpa ada hambatan apa-apa. artinya perangkat android yang sudah diroot memungkinkan untuk dapat menginstal semua aplikasi android tanpa ada hambatan apa-apa.
2. Bisa memodifikasi sistem secara full
 
Kelebihan yang kedua yang bisa anda dapatkan dari perangkat android yang sudah diroot adalah anda dengan mudah dapat memodifikasi sistem android anda sesuai dengan keinginan, contoh sederhananya adalah menghapus aplikasi bloatware yaitu aplikasi bawaan perangkat yang secara normal biasanya tidak bisa dihapus. Dengan hp sudah dalam keadaan di root aplikasi bawaan tersebut bisa anda uninstal jika memang kurang digunakan.


3. Meningkatkan performa HP anda
Dengan hp dalam keadaan di root anda lebih mudah memodifikasi sistem sehingga performanya lebih mantap, seperti misalnya membuat baterai tahan lama atau meningkatkan pengelolaan memory sehingga kecepatan hp menjadi lebih baik.

Baterry calibration
Aplikasi ini berguna untuk meningkatkan performa baterai android sehingga lebih awet, aplikasi memerlukan akses root untuk dijalankan. 

Grenify
Sama halnya dengan Batteray calibration, aplikasi grenify berguna untuk meningkatkan pengelolaan aplikasi dan manajemen memory aplikasi lainnya yang sangat berguna untuk kinerja sistem.

Link2SD
Aplikasi ini berguna untuk memindahkan file sistem dari memory internal ke eksternal tanpa menganggu kinerja sistem, sehingga memry internal lebih lega dan dapat mempercepat kinerja perangkat.
dll.

4. Dapat melakukan Custom ROM Android
Jika anda bosan dengan tampilan aplikasi android yang itu-itu saja, maka dengan android yang sudah di root anda bisa melakukan instalasi custom room android, sehingga tampilan hp anda akan lebih berbeda dari android kebanyakan.
Untuk berbagai merk ada banyak sekali custom room yang siap anda download dan anda instal.

Kekurangan dan Bahaya melakukan root android.

Selain memiliki kelebihan, hp android yang di-root juga tidak luput dari kekurangan dan bahaya, sebagai berikut:

1. HP rentan terhadap serangan mallware
Ketika hp di root itu artinya proteksi terhadap sistem menjadi terbuka dan ini bisa menyebabkan sistem lebih mudah disusupi malware, terutama ketika melakukan instalasi aplikasi bukan dari google play store, so hati-hatilah ketika hp anda sudah di root.
 
2. Kehilangan garansi
Pastikan anda melakukan root tidak di masa garansi karena jika tidak garansi akan hangus, walaupun masa garansinya masih lama. tapi kabarnya saat ini ada tool yang bisa dimanfaatkan untuk meng un root hp android yang sebelumnya sudah di root.

3. Berpotensi mengelami kerusakan sistem
Aktivitas root juga sangat rentan terhadap kerusakan sistem seperti bootloop, softbreak, hardbreak, ini bisa disebabkan jika anda melakukan kesalahan pada saat proses rooting atau bisa juga karena anda gagal melakukan root.
Jadi untuk menghindari gagal root, maka pastikan setiap kali ingin melakukan root daya hp dalam keadaan penuh, mengikuti prosedur root dari sumber terpercaya dan pastikan langkah-langkah yang dikerjakan pada saat rooting benar.
Itulah artikel singkat tentang  Kelebihan dan kekurangan atau bahaya melakukan root pada hp android, jadi sebaiknya pikirkan 2 kali ketika anda memutuskan ingin melakukan rooting pada hp android anda, jika root dirasa sangat penting silahkan lakukan dengan benar, namun jika tanpa root menurut anda hp sudah memadai, saran saya hp tidak perlu di root. semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda.


EmoticonEmoticon