Cara Menyembunyikan Menu Opsi Pengembang di Xiaomi dan Merk HP Lainnya

Blogiseng.web.id - Sebelumnya saya pernah menyajkan artikel tentang bagaimana cara mengaktifkan opsi pengembang pada perangkat xiaomi, untuk menyambung artikel tersebut, di artikel kali ini saya akan menguraikan kembali bagaimana cara menonaktifkan/menyembunyikan kembali menu opsi pengembang di perangkat android, contoh kasus di xiaomi.
Untuk setiap merk hp dengan sistem operasi android cara memunculkan opsi perkembang sebenarnya tidak jauh berbeda satu sama lain, caranya sangat mirip. Opsi pengembang perlu diaktifkan agar menu ini muncul di halaman setelan/setting, karena menu Opsi pengembang sebenarnya adalah menu khusus yang di versi android terbaru menu ini sengaja disembunyikan oleh pabrik, alasannya karena  tidak semua pengguna android membutuhkan menu opsi pengembang ini.
Menu opsi pengembang/ developer options biasanya dibutuhkan dan perlu diaktifkan untuk beberapa keperluan, seperti misalnya :
  • Ketika hp anda ingin di root, 
  • Ketika hp ingin digunakan untuk test atau menjalankan aplikasi android yang sedang dikembangkan, atau 
  • Ketika kita ingin mengatur setingan-setingan khusus yang terdapat di menu opsi pengembang, 
Ketika fitur opsi pengembang sudah diaktifkan, maka menu dengan nama opsi pengembang / developer option akan munculdi halaman setting/setelan. di hp xiaomi menu ini ada di halaman settings/setelan  > additional option /Pengaturan tambahan.


menonaktifkan/menyembunyikan menu opsi pengembang pada android


Jadi untuk memastikan opsi pengembang di hp android anda sudah aktif, silahkan cek saja, apakah di menu setelan/setting atau di menu setelan/settings > Pengaturan tambahan/Additional settings terdapat menu dengan nama opsi pengembang/ developer options, jika ada itu artinya pada hp tersebut opsi pengembang sudah diaktifkan.Untuk beberapa alasan menu opsi kembang dianggap mengganggu, sehingga banyak pengguna yang ingin menyembunyikan menu ini sehingga tidak muncul lagi. pertanyaanya sekarang apakah menu developer option / opsi pengembang bisa dihilangkan atau dinonaktifkan lagi?
Untuk beberapa ponsel ternyata opsi pengembang selain bisa dimunculkan atau di aktifkan , menu ini juga bisa di nonaktifkan atau disembunyikan lagi, caranyapun cukup mudah tinggal mengatur beberapa setingan, maka menu opsi pengembang akan disembunyikan lagi oleh sistem android, tapi sayangnya tidak banyak pengguna yang tau.
Oleh karena itu di artikel kali ini saya ingin berbagi informasi bagaimana cara menyembunyikan menu opsi pengembang di perangkat android. Untuk beberapa merk hp caranya tidak jauh berbeda, namun yang akan saya uraikan di artikel kali ini khusus untuk hp xiaomi redmi note 4 dan redmi 3 pro dengan MIUI 8 dan versi xiaomi lainnya, cara ini bisa anda coba pada perangkat android anda, siapa tau sama.


Baca Juga:

Cara mudah memasang Sim Card di HP Sony experia seri Z (Z2, Z3, Z Ultra dll)




Cara Menyembunyikan kembali Menu Opsi Pengembang di Xiaomi dan Merk HP Lainnya

Untuk menyembunyikan kembali menu opsi pengembang yang aktif di perangkat android anda, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan hp android anda 

2. Masuk ke halaman setelan/settings/pengaturan

3. untuk xiaomi di halaman setting cari dan tap menu Installed App/aplikasi terpasang , di beberapa merk hp android lainnya menu ini bernama App/applications

4. pada halaman instaled App, di bagian atas klik tulisan All agar semua aplikasi terinstal muncul, kemudian cari aplikasi dengan nama Settings


Jika sudah ketemu silahkan tap untuk masuk, lalu pada halaman setings tekan tombol clear data.

Sampai langkah di atas, jika berhasil maka menu developer options/opsi pengembang akan di nonaktifkan sehingga tidak akan muncul, jika dibutuhkan di kemudian hari menu ini bisa dimunculkan lagi dengan cara-cara yang sama seperti yang diuraikan di artikel sebelumnya

Itulah artikel tentang cara menonaktifkan atau menyembunyikan kembali menu opsi pengembang di perangkat android /xiaomi, sangat mudah bukan?, semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.

Post a Comment for "Cara Menyembunyikan Menu Opsi Pengembang di Xiaomi dan Merk HP Lainnya"